Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apakah Lulusan Jurusan Design Hanya Bisa Jadi Designer?

Apakah Lulusan Jurusan Design Hanya Bisa Jadi Designer?

Lulusan jurusan desain bisa punya profesi yang tidak berkaitan dengan desain. Apa iya? Ini lho kesempatan kerja seorang lulusan jurusan desain

Apa iya, ambil jurusan desain lulusnya pasti jadi designer aja? Apakah saya hanya bisa bekerja di depan laptop bermain dengan adobe photoshop, adobe illustrator dan kawan-kawannya? Bagaimana jika saya ingin mengembangkan bakat design saya untuk profesi lain yang tak kalah unik? Jangan khawatir! Berikut adalah rekomendasi pekerjaan untuk para pecinta design selain menjadi murni designer 


1. Illustrator

Biasanya, seorang designer jago gambar nih. Baik itu desain komunikasi visual, desain busana, atau desain grafis. Illustrator dapat menggambar sesuatu untuk memvisualisasikan atau mempresentasikan definisi klien. Mungkin untuk menggambar benda, wajah, makanan atau ilustrasi lainnya. Maka, sebagai illustrator, kamu harus dapat memahami penjelasan yang masih abstrak untuk dijadikan gambar yang penuh makna.

Jadi illustrator, kamu bisa berpartisipasi di pameran, bekerja untuk perusahaan brand, dan lain-lain. Ilustrator akan ditempatkan di divisi grafis yang kemudian dibagi menjadi designer, engineer, dan artist. Kamu akan menghadapi proyek-proyek seperti iklan, penerbitan buku pelajaran dan novel, dan sebagainya. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai illustrator adalah sekitar Rp 4 – 8 juta per bulan.

 

2. Creative Director

Kamu lulusan DKV atau desain grafis? Kamu akan punya peluang besar untuk bisa menjadi creative director. Tugas seorang creative director adalah mengarahkan tugas karyawannya supaya dapat memenuhi kriteria klien di bidang kreatif. Creative director juga berperan menjembatani tim kreatif dengan pihak lain di perusahaan yang kurang paham dengan kesenian.

Jika kamu ingin menjadi creative director, setidaknya kamu bisa memahami konsep dasar desain, fotografi, hingga mengoperasikan berbagai aplikasi desain. Lalu, kamu bisa bekerja di advertising agency. Gaji yang didapatkan creative director adalah sekitar Rp 6 juta per bulan.

 

3. Animator

Suka gambar kartun atau animasi 2D digital? Manfaatkan skill kamu dengan bekerja sebagai animator. Tak hanya sekadar gambaran, kamu akan menciptakan ilusi gerakan dari gambar tersebut, dimana lebih dikenal sebagai animasi. Gambar animasi ini memiliki tujuan tertentu, sehingga kamu harus dapat memvisualisasikannya dengan baik.

Ada banyak jenis gambaran jika kamu sudah terjun di dunia kerja, seperti menggambar bentuk 2D, pembuatan model 3D, stop-frame atau animasi komputer. Gaji seorang animator adalah sebesar Rp 4 – 8 juta per bulan. Namun, jika kamu sudah bekerja di luar negeri, misalnya Amerika, kamu bisa meraih gaji sebesar Rp 920 juta per tahun.

Fun fact: Pekerjaan animator sudah banyak dilakukan dengan sistem remote dan freelance dengan range gaji di atas. So, kamu bisa bekerja dari mana dan kapan saja sesuai mood. Wah! Nampak menyenangkan?


4. Concept Artist

Lowongan untuk pekerjaan ini ada di banyak perusahaan besar. Concept artist menjadi prospek kerja dari lulusan desain grafis. Tugas concept artist adalah menerapkan imajinasi dan keterampilan artistik dalam pembuatan ilustrasi maupun gambar orang, tempat, dan lain-lain.

Kamu bisa menyediakan gambar dalam bentuk sketsa terlebih dahulu untuk mulai membentuk visual dari definisi klien. Jika memungkinkan, kamu tak hanya menggambar sketsa 2D, tetapi juga 3D lho! Sementara gaji yang diperoleh concept artist bisa menjadi Rp 7 juta per bulannya.

 

5. Fotografer

Siapa sangka lulusan desainer bisa jadi fotografer? Tidak menutup kemungkinan seorang lulusan desainer bisa jadi fotografer, jika paham mengenai cara mengambil gambar dengan memperhitungkan cahaya dari subjek gambar, memasukkan seni dan teknik memotret supaya menghasilkan foto dengan nilai estetika yang tinggi.

Lulusan DKV bisa menjadi fotografer atau cukup mengedit foto untuk memperindah hasil jepretan. Seorang fotografer yang merupakan lulusan desain malah memiliki potensi untuk menjadi fotografer yang baik. 


Kalau menurutmu, kamu akan cocok bekerja sebagai apa nih? Pengen dapat informasi lebih banyak tentang jurusan art & design? Yuk gabung dalam


World's Top Majors Education Fair 2021