Apakah Kuliah Mempengaruhi Jumlah Gaji?

Apakah benar, keputusan apapun yang kamu ambil saat kuliah akan berdampak besar nanti?

Selain untuk mendalami ilmu yang diminati, menempuh jenjang perkuliahan juga bertujuan untuk mendapatkan karir yang cemerlang. Banyak contoh diperusahaan. Biasanya lulusan Sarjana akan mendapatkan gaji lebih tinggi daripada lulusan sekolah menengah. Nah, sebenarnya bagaimana kuliah itu berpengaruh banget ke pendapatan atau gaji.  Yuk, kita bahas bersama.

Pilihan Universitas

Pelajar yang ingin melanjutkan studi pasti memiliki kampus impiannya masing-masing. Ternyata pilihan kampus juga mempengaruhi gaji yang akan kamu dapatkan nanti, lho! Jika kamu menempuh kuliah di perguruan tinggi terakreditasi, bisa dikatakan bahwa kamu sudah memiliki latar belakang dengan standar pendidikan yang berkualitas. Karena kamu selalu dituntut untuk berkompetensi dan belajar dalam lingkungan yang bagus dan relevan. Jadi ketika lulus, kamu dianggap mampu bersaing di dunia kerja.

Begitu juga mereka yang lulusan luar negeri. Tentu saja mereka dianggap memiliki kompetensi lebih unggul. Mereka juga dipercaya memiliki skill pendukung lain. Nyatanya, mereka telah berpengalaman hidup dan berteman secara internasional

Pilihan Jurusan

Beberapa bidang pekerjaan memang menjanjikan gaji yang tinggi, seperti Kedokteran, Perminyakan, Pertambangan, dan Hukum. Tapi akan mustahil terwujud kalau kamu tidak serius menjalani perkuliahan. Misalnya kamu hanya-ikut-ikutan atau kamu hanya ingin terlihat keren karena masuk di jurusan tersebut. Pastikan jurusan itu sesuai dengan minat dan bakatmu. Sehingga kamu bisa belajar maksimal dan mendapat hasil memuaskan. 

Circle Pertemanan

Pertemanan yang dimulai dari kampus bisa menjadi hal yang positif setelah lulus nanti. Bukan tidak mungkin informasi tentang peluang karir yang menjanjikan bisa kamu dapatkan dari teman-temanmu. Bahkan, kalian juga bisa bekerjasama dalam suatu bisnis. Jadi, jangan ragu untuk berteman dengan banyak orang, ya!

Aktivitas saat kuliah

Perusahaan biasanya tidak hanya melihat nilai akademik, namun juga melihat track record dari masa sekolah hingga lulus kuliah. Mereka tidak ingin mempekerjakan pelamar yang semasa kuliah hanya kuliah lalu pulang. Justru kalau kamu aktif di organisasi kampus dan sering terlibat dalam event kampus, kamu akan lebih dipertimbangkan. Karena dapat dipastikan kamu terbiasa bekerja dalam tim, bahkan bekerja di bawah tekanan, dan bisa memahami berbagai karakter orang. 

Prestasi 

Pencapaianmu di bidang akademik maupun non akademik juga menjadi salah satu yang dipertimbangkan oleh perusahaan, lho! Apalagi jika Prestasi tersebut berkaitan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar, maka itu akan menguntungkanmu. Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kompetitif dan selalu ingin menjadi yang terbaik.

Jadi, sebaiknya jangan hanya berusaha untuk dapat nilai tinggi, luangkan waktumu untuk bergabung di organisasi kampus, mengikuti kompetisi, atau bahkan bekerja sambilan. Semuanya akan berguna untuk mengasah softskill-mu. Nah, mulai sekarang manfaatkanlah sebaik mungkin momen-momen kuliahmu di kampus, ya!