Apa Saja yang Perlu Dipastikan Sebelum Daftar Program Kuliah Online?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Saja yang Perlu Dipastikan Sebelum Daftar Program Kuliah Online?

Apa Saja yang Perlu Dipastikan Sebelum Daftar Program Kuliah Online?

Tertarik kuliah online dari luar negeri? Cek dulu ini

Kuliah online dari luar negeri? Tak perlu tinggalkan Indonesia untuk mendapat gelar. Tak susah beradaptasi dengan lingkungan dan bahasa baru. Cukup affordable dibandingkan kuliah di negaranya langsung. Wow! Apakah terdengar menarik? 

Tentu! Kuliah online dari luar negeri memang sedang jadi solusi. Terlebih disaat pandemi belum usai. Tetap di rumah sembari mendapat pendidikan terbaik adalah opsi bagus. Program kuliah online juga sedang gencar dipromosikan berbagai universitas dunia. Apakah kamu sudah ada pilihan? Eits, jangan buru-buru. Ayo cek beberapa hal berikut sebelum ambil keputusan. 

Apakah program kuliah online-mu memberikan gelar yang kamu inginkan? 

Jangan salah! Banyak program kuliah online di luar negeri yang menyediakan berbagai gelar. Yap, seperti kuliah pada umumnya. Ada yang menyiapkan gelar associate, diploma maupun sarjana. Pastikan dulu gelar apa yang ingin kamu kejar. Jurusan apa yang ingin kamu pelajari. Apakah setelah lulus dari online university-mu sekarang, kamu bisa lanjut ke jenjang gelar selanjutnya? (Contoh: dari bachelor degree ke master degree

Cari tahu keunggulan programnya

Sekalipun online, kuliah adalah investasi tenaga, waktu dan biaya. Sebelum benar-benar memilih, pastikan kamu telah tahu banyak hal tentang program-mu. Jangan ragu untuk cek kurikulum, karakter pengajar, koneksi universitas dengan industri bahkan testimoni alumni. Kamu halal untuk mencari infonya dari berbagai sumber. Salah satunya dari konsultan pendidikan seperti Vista Education. Hindari memilih program hanya karena syarat masuknya yang mudah.

Apakah Universitas penyelenggara sudah terakreditasi? 

Setelah kepo dengan program onlinenya, kamu juga perlu stalking universitas penyedia. Cek ranking Universitas dan akreditasi apa saja yang mereka miliki. Tips: Hindari pilih program kuliah online karbitan alias baru dibuat ketika pandemi. 
Pasalnya, sudah banyak banget universitas di luar negeri yang menawarkan program online bahkan sebelum covid-19 ada. So, mereka dipastikan memang sudah ahli, siap dan berpengalaman. 

Sistem pembelajaran yang diterapkan

Hal penting satu ini jangan sampai ketinggalan dong! Ada kemungkinan program kuliah yang kamu pilih tidak sepenuhnya online. Mungkin programnya menerapkan sistem blended learning, yaitu program pembelajaran yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

Jangan sampai baru tahu setelah terlanjur memilih program kuliah online di luar negeri dan ternyata ada kewajiban datang satu atau dua kali pertemuan di kampus. Kalau tidak ada keterangan full online dan lain-lain, bisa kamu tanyakan saja melalui chat atau email. Again, bisa juga ke konsultan pendidikan seperti Vista Education. 


Perhatikan perangkat belajar dan jadwalnya

Sebelum daftar programnya, cari tahu dulu perangkat apa saja yang dibutuhkan selama program kuliah online. Misalnya PowerPoint, spreadsheet, atau perangkat lunak lainnya. Mungkin juga akan digunakan perangkat yang jarang kamu ketahui sehingga kamu perlu belajar terlebih dahulu.

Karena dari luar negeri, jangan lupa pastikan jam kuliahnya. Perbedaan waktu acap kali menjadi kendala. Apakah kamu harus mengikuti kelas di dini hari? Apa mungkin ada recorded-class? Ada berapa kali sesi belajar bareng profesor langsung? 


Paling penting! Lihat harganya juga ya gengs~

Harga kuliah online sama kuliah biasa, sama nggak ya? Mayoritas, harga kuliah online lebih murah. Harganya juga tergantung dengan gelar serta fasilitas yang diberikan.

Menurut US News and World Report, bahwa rata-rata biaya kelas online adalah sebesar USD 282 atau IDR 4 juta per credit hour. Misalnya di Texas A&M University, biaya kuliah online yang dibutuhkan per credit cost adalah sebesar USD 160 atau IDR 2,2 juta. Di Western Carolina University, biaya kuliah online per credit cost adalah sebesar USD 66 atau IDR 948.000 saja.

Gimana? Kamu tertarik kuliah online dari universitas mana? Kalau kamu bingung, yuk hubungi Vista Education

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !