Apa saja yang harus dipersiapan Saat Proses Interview Kerja

proses interview- tips interview-tips wawancara

Mirip dengan “love at the first sight”, pandangan pertama juga berlaku di dunia kerja. Apalagi pada saat proses interview. 60% tingkat keberhasilan proses wawancara bergantung pada 60 detik pertama pertemuan. Apakah harus cantik maupun tampan? Tidak, Kamu hanya harus rapi secara penampilan dan juga terlihat professional. Masalahnya kebanyakan orang terlalu memperhatikan penampilan dan datang dengan tengan kosong. Banyak yang berfikir, “ ah, sudah terpanggil sampai tahap interview, berarti mereka telah menyimpan CV saya”. Apakah ini sebuah masalah besar? Jawabanya tentu saja!

Mengapa harus repot-repot membawa dokumen?

Jika kamu datang dengan baju baru, high heels atau sepatu yang mengkilat, okelah kamu akan mendapat perhatian. Tapi apa ini akan berlangsung lama? Tentu saja tidak. Beda cerita jika kamu datang dengan rapi tapi masih membawa interview materials. Sosokmu akan terlihat lebih siap dan meninggalkan kesan proaktif. Effort yang kamu tunjukkan, tidak akan sia-sia. Karena melalui dokumen tersebut, kamu dapat lebih fokus dan mungkin sebagai reminder poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan. Tidak jarang, banyak kandidat yang lupa dengan resumenya yang brilliant hanya karena gugup loh. Selain itu, dengan meninggalkan dokumen kembali, secara tidak langsung sang HRD akan mempunyai waktu tambahan untuk mempertimbangkanmu.

proses interview- tips interview-tips wawancara

Lantas apa yang harus dibawa?

Tergantung pada posisi apa yang ingin kamu dapatkan. Dibawah ini ada beberapa dokumen yang mungkin saja kamu butuhkan :

1. Paperwork atau portofolio

Bisa berupa design atau gambar jika kamu ingin menjadi seorang designer. Bisa berupa foto untuk calon fotografer dan juga video untuk calon videographer.

2. Copy resume dan CV

3. Sertifikat atau past performance reviews

4. Surat rekomendasi

5. Ijazah

Tempatkan seluruh dokumen tersebut pada sebuah folder yang disusun rapi. Jangan panik ketika namamu di panggil. Luangkan waktu beberapa sat untuk tarik nafas dan melakukan apapun yang biasanya membuat kamu tenang. Setelah itu, kamu bisa masuk ke ruangan dengan penuh percaya diri.

proses interview- tips interview-tips wawancara