Apa Saja Syarat Kuliah di Luar Negeri?

Ini dia 4 syarat utama kuliah di luar negeri

Kamu mungkin salah satu dari banyak pelajar Indonesia yang ingin merasakan belajar di negeri orang. Tentu berbeda dengan persiapan kuliah di dalam negeri, persiapan kuliah di luar negeri akan sedikit lebih rumit. Kamu harus menyiapkan berbagai persyaratan tambahan yang diminta perguruan tinggi tujuan. Apa saja yang biasanya perlu kamu siapkan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1.Motivation Letter

Bidang studi atau perguruan tinggi tertentu memintamu menulis surat motivasi. Pastikan kamu cermati dengan benar pada informasi penerimaan, apakah mereka memintanya atau tidak. Surat ini menunjukkan ekspresikan minatmu dan mencakup kemampuan, keterampilan, dan prestasimu. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Inggris yang baik, benar, dan jelas, ya!

2.Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris

Tergantung negara tujuanmu, sertifikasi kemampuan bahasa pengantar adalah hal wajib yang harus dikuasai. Tes TOEFL/IELTS adalah standar kesiapanmu dalam mengikuti program akademik berbahasa Inggris di luar negeri. Memiliki sertifikat adalah buktinya. Sertifikat ini diakui di berbagai negara sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi. Sangat disarankan kamu mengikuti Preparation Course di lembaga yang juga menyelenggarakan tes TOEFL/IELTS akan memberikan kelebihan untuk kamu. Karena tutor yang mengajar dalam course tersebut adalah official examiner. Jadi, mereka dapat memberikan strategi dalam mengerjakan soal-soal sesuai dengan pengalaman yang mereka punya. 

3. Persyaratan Nilai Akademis

Perguruan tinggi di luar negeri biasanya memberikan persyaratan bagi para pelajar internasional bahwa mereka telah lulus tingkat pendidikan tertentu. Sehinga kamu harus menyiapkan bukti  yang menerangkan bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan selama 12 tahun, mulai dari pendidikan dasar hingga menengah. Akan lebih baik jika kamu juga mempunyai kualifikasi bertaraf internasional seperti A-Level dan International Baccalaureate Diploma.

4. Paspor dan Visa

Setelah diterima kuliah luar negeri, kamu harus menyiapkan paspor dan visa. Paspor adalah identitas diri yang berlaku pada skala internasional, atau bisa disebut juga KTP internasional. Sedangkan visa adalah surat izin berkunjung yang diterbitkan Kedutaan Besar negara terkait. Visa pelajar ini diterbitkan khusus untuk durasi waktu pendidikan yang kamu tempuh nantinya. Kamu perlu menyiapkan surat undangan dari perguruan tinggi yang menerimamu agar pihak Kedutaan Besar juga mengetahuinya.

Jika kamu belum memenuhi persyaratan masuk yang diminta, maka kamu dapat mengambil jalur alternatif yaitu mengikuti program foundation atau pathway sesuai saran dari dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Program foundation biasanya berlangsung selama satu tahun. Setelah menyelesaikannya dengan baik, kamu bisa melanjutkan ke jenjang sarjana pada tahun berikutnya. Ada juga lembaga pendidikan yang menyediakan program pathway, yang tergantung kondisi akademis . Setelah lulus dari program pathway kamu bisa langsung melanjutkan studi sarjana pada tahun kedua. 

kuliahdiluarnegeri, syaratkuliahdiluarnegeri

Nah, itulah beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan saat mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri. Jangan ragu untuk konsultasi dengan  para konsultan dari Vista Education agar mempermudah hidupmu. Kenapa?

  1. Vista Education akan membantumu memilih jurusan dan universitas yang tepat
  2. Vista Education akan berada disampingmu (ceileh) saat proses pendaftaran dan admission 
  3. Mau dibantu cari akomodasi atau tempat tinggal selama disana? Vista Education juga ahlinya

Bener kan? Vista Education adalah cara mudah untuk kuliah di luar negeri!