Apa Itu UI/UX Engineer?

Apa Itu UI/UX Engineer?

Sudah tahu belum jurusan UI/UX engineering itu seperti apa? Intip dulu yuk, lengkap dengan prospek kerja dan kampus luar negeri dengan UI/UX engineering terbaik.

Halo guys gimana nih kabar kalian? Well, ada gak sih dari kalian yang tertarik untuk berkuliah di jurusan UI/UX ? Kira-kira kalian masih asing atau malah sudah familier dengan UI/UX ? well,jika kalian masih asing dengan keduanya jangan khawatir lagi ya karena kita bakalan bahas bareng-bareng kali ini tentang UI/UX Engineer. Yuk simak bareng-bareng


Apa itu UI Engineer?

UI merupakan singkatan dari User Interface. UI Engineer memiliki tugas utama untuk mengimplementasikan desain yang dibuat oleh UI/UX Designer ke dalam bentuk kode HTML,Javascript,dan CSS.

Seorang UI Engineer harus mampu menguasai tentang User Experience dan Responsive Web Design. Kemampuan lainnya yang juga dilatih yaitu mengoperasikan Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe Illustrator, dan editing lainnya.

Jadi pada intinya UI Engineer memiliki tugas utama untuk mengubah atau mengimplementasikan hasil desain ke dalam bentuk kode-kode.


Apa itu UX Engineer?

Setelah kalian memahami UI Engineer selanjutnya kalian akan mengetahui apa itu UX Engineer. UX merupakan singkatan dari User Experience. UX Engineer pada dasarnya memiliki tugas untuk merealisasikan desain ke dalam bentuk aplikasi atau mengubahnya menjadi sebuah prototype yang digunakan untuk keperluan uji coba dan bisa digunakan dengan mudah atau tidak sebelum masuk ke tahap development yang lebih dalam lagi.

Mungkin kalian sedikit bingung maksud dari merubahnya menjadi prototype. Maksudnya adalah mengubahnya dalam bentuk awal atau desain awal sebagai uji coba sebelum ke tahap selanjutnya. 

Kalian juga pastinya tidak asing juga dengan UI/UX Designer. Tentu memiliki tugas yang berbeda namun ada yang sama. Secara garis besar UI/UX Designer berfokus kepada kebutuhan desain.


Prospek kerja UI/UX Designer

Semakin berkembangnya industri kreatif di pasar global, pertumbuhan pekerjaan sebagai UI/UX Designer berkembang pesat. Banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini, yaitu perusahaan start-up, perusahaan teknologi, dan perusahaan lainnya.

Jenjang karir dari profesi ini adalah junior UI/UX Designer, senior UI/UX Designer, dan Head of UI/UX Designer. Tak selalu bekerja di perusahaan, UI/UX Designer bisa bekerja secara freelance lho!


Kampus Di Luar Negeri Dengan Jurusan UI/UX

Ada banyak kampus di luar negeri yang menawarkan jurusan UI/UX loh. Kira-kira kampus mana saja ya? Yuk simak list-listnya di bawah ini ya.

  • RMIT University Australia
  • University of Technology Sydney Australia
  • UC Berkeley USA
  • University of British Columbia Canada

Nah itu tadi beberapa kampus terkenal dengan jurusan UI/UX. For you information guys, kalian yang dulunya dari jurusan desain bisa banget loh mengambil jurusan ini karena saling berkaitan tugasnya.


Nah itu tadi guys pembahasan tentang UI/UX. Semoga bermanfaat ya dan jangan lupa konsultasikan dirimu di Vista Education.