Apa itu Jurusan Farmasi?

Mau kuliah jurusan farmasi di luar negeri? ayo simak bareng

Kali ini kita akan membahas salah satu jurusan medis, bukan Kedokteran atau Keperawatan, namun jurusan Farmasi. Yup, jika kamu tertarik untuk mempelajari tentang obat-obatan, maka jurusan ini cocok banget buat kamu. Kita bahas lebih lanjut, yuk!

Farmasi merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan, ilmu biologi dan ilmu kimia yang sangat diperlukan di dunia medis. Selain meracik obat-obatan, kamu akan mempelajari bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman. Kamu juga harus memiliki skill analisis yang baik sehingga dapat memilih bahan-bahan obat dengan efek samping seminimal mungkin.

Apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan farmasi?

Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bahan kimia yang menjadi bahan pembuat obat. Melakukan riset untuk membuat atau meracik obat baru. Mempelajari hubungan obat-obatan dengan tubuh dan nutris. Selain itu, kamu juga akan mendapat materi proses pembuatan obat, proses pengemasan obat, fungsi dan kegunaan obat, serta cara distribusi dan manajemen stok obat. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui yaitu Farmasetika Dasar, Farmasi Fisika, Kimia (Organik, Analitik, Sintesis), Biokimia, Farmakologi Dasar dan Toksikologi, Imunologi, Bioteknologi Farmasi, Biofarmasi, Parasitologi, Interaksi Obat, dan Analisis Farmasi.

Bagaimana prospek karir jurusan farmasi?

Selain bidang kesehatan, industri kosmetik serta industri makanan dan minuman juga membutuhkan Sarjana Farmasi. Tujuannya adalah untuk memperkuat tim research and development (R&D). Jadi, lulusan jurusan ini tak melulu tentang obat-obatan dan bahan kimia. Karena selain menjadi seorang apoteker, kamu juga bisa bekerja sebagai Peneliti Bioteknologi, Ahli Bioteknologi, Ahli Kecantikan (Aesthetician), Pengajar (Dosen), serta Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Bioteknologi.

Kampus dengan jurusan Farmasi 

Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, ada beberapa kampus yang dapat kamu pilih, yaitu Monash University Australia, University of Nottingham, University of Toronto, University of North Carolina Chapel Hill, dan National University of Singapore.

Jadi, gimana, apakah kamu makin jatuh cinta sama jurusan ini? Oh iya, jurusan ini juga mengharuskanmu untuk menghafal, lho. Tetap jaga fokusmu, ya!

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk memilih universitas dengan jurusan farmasi terbaik di luar negeri, ayo mulai hubungi tim Vista Education. Kami memiliki paket komplit dimulai dari bantuan pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran sampai akomodasi. Mudah bukan? Temukan kantor terdekatnya di sini.