Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Itu Jurusan Desain Interior?

Apa Itu Jurusan Desain Interior?

Bagi kamu yang berminat dengan jurusan desain yang ilmunya berfungsi untuk menentukan penataan barang di rumah, kamu harus mengenali jurusan desain interior nih

Kamu tertarik dengan penataan furniture di suatu ruang? Atau mungkin kamu suka menata barang-barang di kamar menjadi lebih estetik dan pandai memilih barang yang sesuai? Mungkin kamu tertarik untuk ambil jurusan desain interior.

Desain interior tidak hanya terikat pada furniture, melainkan juga pada cara meletakkan barang tersebut dengan sudut yang tepat. Maka dari itu, kamu juga akan mempelajari bangunan dan membuat perhitungan yang tepat. Nah, sebenarnya apa sih jurusan desain interior itu? Intip penjelasan lengkapnya berikut ini. 


Jurusan desain interior itu seperti apa?

Desain interior merupakan jenis desain yang berfokus pada perancangan dan perencanaan penataan ruang pada suatu bangunan. Tak hanya melakukan perencanaan penataan pada ruang secara sembarangan, melainkan harus memperhatikan fungsi, estetika, pertimbangan secara psikologis dan memperhatikan kenyamanan saat menggunakan ruangan.

Jurusan desain interior ini memiliki fokus pada dekorasi bagian dalam, desain pencahayaan, perencanaan ruang, desain set, desain pameran, dan desain interior komersial. Tentunya, jurusan ini berbeda dari jurusan arsitektur, karena jurusan arsitektur lebih kepada rancangan seluruh bangunan, bukan tentang ruangan yang ada di dalamnya dengan fungsinya.


Materi yang dipelajari pada jurusan desain interior

Pada jurusan desain interior, materi yang akan dipelajari adalah teknik mendesain bangunan, merencanakan anggaran, memahami teknik menggambar secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Selain itu, ada juga pembelajaran mengenai detaill orientasi untuk ruangan.

Materi lainnya yang akan kamu pelajari di jurusan ini adalah sejarah desain, design process, programming, psikologi lingkungan dan persepsi, elemen dan prinsip ruang, hingga fisika bangunan.


Jenjang karir terjamin dan selalu dibutuhkan

Lulusan jurusan desain interior bisa bekerja sebagai desainer interior untuk bangunan tempat tinggal atau yang lainnya seperti perkantoran. Tak hanya di bidang furniture, lulusan desain interior juga dapat bekerja di bidang pendidikan, rekreasi, komersial, hingga teknologi.

Untuk bobot yang lebih berat lagi, kamu bisa bekerja sebagai manajer perusahaan-perusahaan konstruksi interior, penyedia produk interior dengan membuka toko material, dan lain-lain. Jika kamu merasa lebih baik memahami desain interior secara teoritis, kamu bisa bekerja sebagai konsultan interior, atau menjadi pengajar dan peneliti di bidang desain interior.

Tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan desain interior untuk bekerja di badan pemerintahan. Banyak BUMN yang membutuhkan jasa konstruksi, seperti PT Adhi Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero).


Biaya kuliah jurusan desain interior di luar negeri

Di luar negeri, jurusan desain interior dapat ditempuh dalam waktu yang singkat, 2 sampai 4 tahun. Biaya yang dikeluarkan untuk kuliah jurusan desain interior di luar negeri mulai dari 21.820 US dollar sampai 52.462 US dollar atau setara dengan 310 juta sampai 751 juta rupiah. Biaya tersebut perlu dibayarkan setiap tahunnya.


Rekomendasi universitas terbaik di luar negeri dengan jurusan desain interior

Jurusan desain interior di luar negeri memberi pendidikan yang cukup menjamin sebagai bekalmu sebelum terjun ke dunia kerja.

Berikut ini rekomendasi kampus di luar negeri bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan jurusan desain interior:

  • Louisiana State University, USA
  • Auburn University, USA
  • Raffles Education Network, Singapore 
  • Billy Blue College of Design, Australia 
  • RMIT University, Australia 

 

Desain interior begitu menarik untuk dipelajari. Jika kamu masih memiliki banyak pertanyaan mengenai jurusan ini, kamu bisa tanyakan pada Vista Education dengan cara mengisi formulir konsultasi.