Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Itu Cambridge Curriculum?

Apa Itu Cambridge Curriculum?

Cambridge Curriculum jadi standar global yang sudah lama dipakai di sejumlah instansi, apa kamu sudah tahu?

Pengertian Cambridge International Curriculum

Cambridge International Curriculum merupakan kurikulum standar global untuk pendidikan yang telah diakui seluruh universitas dan perusahaan di seluruh dunia. Kurikulum ini cukup fleksibel karena dapat digabungkan dengan kurikulum nasional.

Tujuan adanya Cambridge Curriculum adalah untuk mengajarkan para pelajar agar lebih fasih dalam berbahasa Inggris, memiliki pandangan internasional, hingga memberi kesempatan bagi para pelajar supaya dapat berkuliah di universitas dunia.


Sistem penilaian Cambridge Curriculum

Cambridge Curriculum menggunakan abjad sebagai sistem penilaian siswa. A untuk nilai tertinggi dan E untuk nilai terendah. Artinya, jika siswa mendapat nilai E, maka ia tidak mencapai standar dan dinyatakan tidak lulus.

Mungkin sistem ini sama dengan penilaian angka, namun angka-angka tersebut lebih dispesifikkan lagi menjadi huruf, sehingga lebih efektif dan bagus tidaknya nilai lebih mudah dibaca serta dipahami.


Jenjang pendidikan Cambridge Curriculum

Cambridge Curriculum terdapat pada program Cambridge Pathway yang membagi kurikulum sesuai dengan usianya. Pembagian ini bertujuan untuk menargetkan pendidikan yang pas berdasarkan usia pelajar.

1. Cambridge Primary

Pada jenjang ini, kurikulum berlaku bagi anak usia 5-11 tahun. Tujuan kurikulum di jenjang ini adalah membimbing anak-anak yang baru dalam dunia pendidikan, sehingga harus diberikan materi dasar dari pelajaran bahasa Inggris, matematika, sains, dan lainnya. Terdapat satu materi khusus pada jenjang ini, yaitu Cambridge Global Perspective and ICT.

2. Cambridge Lower Secondary

Tahap kedua ditempuh oleh anak usia 11-14 tahun. Di jenjang ini, anak berusaha menemukan kemampuan dan keterampilannya dalam berbagai bidang akademik.

3. Cambridge Upper Secondary

Pelajar pada jenjang ini merupakan siswa usia 14-16 tahun yang perlu memperdalam tahap lower secondary. Terdapat 2 rute berbeda yang bisa dipilih pelajar, antara Cambridge IGCSE dan Cambridge 0 Level.

4. Cambridge Advanced

Untuk tingkat terakhir, jenjang ini ditujukan untuk para pelajar di usia 16-19 tahun. Tahap ini setara dengan SMA karena pelajar akan mempersiapkan diri memasuki perguruan tinggi atau universitas.

Di jenjang terakhir ini pun, pelajar memiliki pilihan rute masuk universitas tujuan, yaitu antara Cambridge International AS & A Level atau Cambridge Pre-U.


Sekolah di Indonesia yang menerapkan Cambridge Curriculum

Di Indonesia, Cambridge Curriculum sudah diterapkan di beberapa lembaga atau institusi. Dimana saja kah itu?

  • NIS International School Jakarta
  • ACS Jakarta
  • Beacon Academy
  • Binus School Serpong & Bekasi
  • Jakarta Nanyang School
  • Cita Hati East & West Campus
  • ACG School Jakarta
  • Sinarmas World Academy

Masih banyak lagi lembaga pendidikan di Indonesia yang menggunakan Cambridge Curriculum. Di Surabaya ada Surabaya European School, sedangkan di Bandung ada Nehru Memorial School Bandung.


Apakah harus Cambridge Curriculum untuk kuliah di luar negeri?

Cambridge Curriculum memang menguntungkan para calon mahasiswa internasional. Namun, kamu yang memakai kurikulum nasional juga bisa banget kuliah di luar negeri. Kamu hanya perlu menghubungi Vista Education untuk informasi lengkapnya. Perihal mereka lebih cas-cis-cus berbahasa Inggris, anak nasional juga bisa kok. Vista Education menyediakan Vista English. Punya program TOEFL / IELTS Preparation course yang siap membuatmu lebih lihai memakai bahasa Inggris.