Apa itu A Lavel?

Apa itu A Lavel?

Kuliah ke luar negeri menjadi impian bagi banyak orang. Namun pintar saja tidak cukup, kamu perlu mengetahui persyaratan, tata cara, dan biaya pendidikan di luar negeri. Salah satu persyaratan yang wajib kamu tempuh yaitu mengikuti program A Level. Cambridge International Advanced Levels (A Level) adalah kualifikasi berbasis mata pelajaran yang biasanya diambil dalam 2 tahun terakhir tingkat sekolah menengah atas. Ditawarkan sejak tahun 1951, kualifikasi ini diselenggarakan oleh Cambridge Assessment International Education, sebagai bagian dari University of Cambridge.

Mengapa Harus Menempuh Program Ini?

Program ini diakui secara internasional dan dibutuhkan untuk masuk ke beberapa program universitas. Rencana pembelajaran yang disusun berwawasan internasional namun mempertahankan kearifan lokal. Silabus dibuat secara spesifik untuk siswa internasional yang isinya disesuaikan dengan berbagai macam jenis sekolah dan menghindari bias budaya. Konteks atau contoh yang digunakan dalam silabus dan pertanyaan ujian memiliki kepekaan budaya dalam konteks internasional. Selain di Inggris, sertifikat ujian A Level juga banyak diakui di sejumlah universitas lainnya di seluruh dunia.

Apa yang Dipelajari?

Pada program A Level siswa diminta mengambil 3 atau 4 subjek yang berkaitan dengan pilihan program Sarjana mereka nantinya. Subjek itu adalah Matematika, Bahasa, Seni, Ilmu Sosial, dan Sains. Kalau kamu ingin masuk ke universitas ternama dan beberapa jurusan populer seperti kedokteran, farmasi, hukum, dan teknik, maka kamu membutuhkan nilai A Level yang tinggi. A Level dilaporkan dengan skala nilai dari A* (tertinggi) Sampai E (kinerja minimum yang dibutuhkan). Sebagai contoh universitas di Inggris biasanya mengharuskan siswa untuk lulus di tiga mata pelajaran A-level, namun kamu harus memeriksa lagi persyaratan untuk masuk universitas yang kamu tuju.

Kapan Program Berlangsung?

Program yang berlangsung selama 18 hingga 24 bulan (pada tahun ke-12 dan 13) ini adalah kualifikasi sekolah menengah Inggris yang dibutuhkan oleh mereka yang akan melanjutkan kuliah di universitas-universitas di Inggris ataupun di negara lainnya. Sebagian besar universitas di Inggris mensyaratkan harus 13 tahun sekolah atau dengan kata lain menyelesaikan A level ini. Biasanya siswa belajar A-level pada usia sekitar 17 dan 18 tahun. 

Program ini paling populer di Inggris dan paling diakui dunia. Saat ini telah banyak lembaga bimbingan belajar yang menawarkan program A Level untuk para pelajar yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri. Sehingga kamu tidak perlu pusing lagi mempersiapkan diri. Mulailah mencari informasi dan ikuti kelas persiapan dengan baik agar memperoleh hasil yang makksimal. Semoga berhasil!