Ada apa dibalik jurusan Jurnalistik
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Ada apa dibalik jurusan Jurnalistik

Ada apa dibalik jurusan Jurnalistik

Kira-kira apa saja lapangan pekerjaan yang pas untuk lulusan jurnalistik, berapa gajinya, dan apa saja syarat mausk jurusan jurnalistik

Setiap orang berhak mendapatkan informasi. Informasi yang disampaikan secara factual, berimbang dan mendalam akan menjadi informasi jempolan. Dengan banyaknya smartphone, membuat semua orang bisa dengan mudah menjadi pewarta informasi. Dimanapun Anda berada, dari situlah berita bisa tersiar. Apakah orang tersebut bisa disebut sebagai jurnalis? Apa bedanya seorang jurnalis dengan pewarta informasi biasa?


Jurnalis telah menjadi profesi yang paling digemari. Selain bisa melancong gratis kemana-mana. Orang lain nggak boleh masuk, Anda boleh. Kedudukan Anda setara dengan orang penting lainnya. Kemampuan Anda mewartakan berita, entah itu dalam bentuk tulisan, photo, audio, dan video membuat Anda dijuluki sebagai the fourth power of democracy.

Passion sebelum memilih jurusan Jurnalistik
Passion itu bisa Anda lihat sejak dini. Awalnya dari kegemaran membaca, menulis, dan mengkomunikasikan sesuatu. Apa yang Anda sampaikan bisa menghasilkan feedback. Walau feedback itu sering nggak terarah dan diluar dugaan, namun tetap ada. Dalam ilmu jurnalistik, feedback menjadi kajian penting. Secara sederhana, bagaimana membuat orang lain paham. Lalu tertawa, atau malah mencari Anda karena liputan yang Anda kerjakan menginpirasi banyak orang.

Lapangan pekerjaan para lulusan Jurnalistik
Kebanyakan lulusan journalism mengadu nasib di media. Entah itu cetak, video atau radio. Padahal banyak sekali lapangan pekerjaan lain yang butuh skill ini. Contohnya: perusahaan advertisemen, branding corporation, hingga sekolah internasional


Kira-kira Berapa gajinya?
Seperti halnya jurusan sastra, rata-rata gaji awal lulusan jurusan jurnalistik yang masih baru, lebih rendah dibandingkan jurusan lainnya. Namun, gaji maksimum seorang jurnalis dapat lumayan besar, maka dari itu persaingan yang cukup sengit dapat dirasakan saat penerimaan mahasiswa, terutama pada universitas-universitas ternama. Sebagian besar universitas mewajibkan calon mahasiswanya untuk memiliki nilai nilai A untuk subjek tertentu, seperti Sastra Inggris dan Bahasa Inggris.

Apa syarat masuk jurusan Jurnalistik
Tiap universitas yang menawarkan jurusan jurnalistik memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda, namun biasanya masa perkuliahan jurnalistik membutuhkan waktu minimal 3 tahun. Beberapa universitas menawarkan kesempatan untuk memperpanjang masa kuliah sekitar satu tahun untuk kuliah di luar negeri ataupun mengikuti magang dalam bidang jurnalistik.

PENTING! Syarat kebahasaan TOEFL dan IELTS
Bagi mahasiswa asing yang berbahasa ibu selain bahasa Inggris diwajibkan mengikuti ujian IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5. Bagi maha siswa jurusan jurnalistik, penting bagi Anda untuk memilih universitas yang memberi peluang besar bagi masa depan karir Anda di dunia kerja. Anda sebaiknya memilih lokasi universitas yang bukan hanya menyenangkan, namun juga dapat menyediakan pengalaman semaksimal mungkin. Jika Anda dapat memilih, cobalah berkuliah di universitas yang berlokasi di kota dengan industri jurnalistik yang berkembang, hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya di wilayah sekitar.

Universitas Oke buat kamu yang ingin lanjutkan passion Jurnalistik

Curtin University Singapore. Curtin Singapore telah mendapat sertifikat EduTrust dari pemerintah setempat. EduTrust merupakan sertifikasi langsung dari Singapore’s private education industry. Selain bersifat penjamin mutu, sertifikasi ini menunjukkan jika Curtin telah memenuhi kriteria universitas berkualitas. Salah satu jurusan favorite disana tentu saja jurnalistik.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !