Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

8 Pertanyaan yang Pasti Ada Saat Interview Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

8 Pertanyaan yang Pasti Ada Saat Interview Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Kamu harus tahu deretan pertanyaan yang sering muncul di interview beasiswa kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri merupakan impian banyak mahasiswa. Persyaratannya cukup banyak dan dokumen yang diperlukan sangat kompleks. Salah satu seleksi beasiswa adalah interview. Interview ini menjadi seleksi untuk menguji kemampuan berbicaramu dan jawaban yang berasal dari dirimu sendiri yang diucapkan secara langsung.

Ini dia 8 pertanyaan yang pasti ada saat interview beasiswa kuliah di luar negeri.


1. Tell us about yourself

Pertanyaan ini berfungsi untuk mencari tahu seperti apa dirimu menurut deskripsimu sendiri. Kamu dapat menjawabnya dengan bakat minat atau potensi yang kamu miliki. Jangan kamu ceritakan dulu tentang prestasimu hanya untuk mendapat pengakuan.


2. What are your career goals?

Jika kamu menemui pertanyaan ini, jelaskan dengan detail karir impianmu atau bisnis yang ingin kamu bangun berbekal pengetahuan yang kamu dapat dari menempuh pendidikan di sekolah. Pastikan ilmu yang kamu dapat dari sekolah tujuanmu berikutnya memberikan dampak yang cukup besar untuk karirmu di masa depan.


3. Why did you choose this school?

Ketika kamu ditanya tentang hal ini, kamu bisa menjawabnya dengan cara menjelaskan reputasi sekolah tujuanmu, kualitas pendidikannya, program studi yang kamu cari, atau bisa menceritakan tentang potensimu yang bisa dikembangkan di sekolah tersebut.


4. Tell us about your achievements

Nah, ini saatnya bagimu untuk menceritakan prestasi atau pencapaianmu. Mungkin kamu pernah mengikuti lomba yang berkaitan dengan jurusanmu atau pernah mengikuti organisasi dan lain-lain.


5. Why do you need this scholarship?

Pertanyaan ini dapat kamu jawab apa adanya jika memang berminat untuk meringankan biaya pendidikanmu. Jelaskan bahwa beasiswa ini akan menjadi cara untuk membantumu menuntun pendidikan dengan lebih mudah dan kamu tetap bisa mengembangkan potensi dan bakatmu.


6. Why do you deserve this scholarship?

Tentu saja beasiswa memiliki klarifikasi, seperti berasal dari keluarga yang kurang mampu, nilai rapor yang baik, sertifikat penghargaan, dan lain-lain. Jika kamu benar-benar memenuhi persyaratan beasiswa itu, maka kamu pantas mendapat beasiswa tersebut.

Kamu juga dapat menjawab bahwa kamu memiliki kemampuan yang sebaiknya tidak dipendam saja dan bahkan akan berguna di sekolah atau kampus nanti.


7. How do you see yourself in 5 years?

Jelaskan apa yang kamu inginkan di 5 tahun mendatang. Mungkin kamu ingin memulai usaha, menjadi seorang pekerja, atau memulai penelitian. Kamu bisa menyebutkan bahwa melalui beasiswa ini, kamu memulai perjalananmu di 5 tahun mendatang dan menyusun serta menyicil rencana masa depan selama menempuh pendidikan.


8. Why do you choose this major?

Apa sih yang terlintas di pikiran ketika kamu ditanyai tentang jurusan yang kamu minati? Apakah jurusan itu dapat menghasilkan lulusan dengan masa depan cemerlang dan penghasilan yang tinggi? Apakah jurusan itu kamu minati dan dapat membantumu mengembangkan bakat? Atau apakah jurusan itu sepi peminat sehingga kamu memiliki peluang yang lebih besar?

Maka jawab dengan membalik pertanyaan di atas.

  • “Karena saya melihat peluang karir pada jurusan ini dan dapat menjamin masa depan saya nanti.”
  • “Karena saya memiliki minat yang besar pada jurusan ini dan ingin memiliki keahlian tersebut untuk membangun karir saya di masa depan.”
  • “Peminat pada jurusan ini masih sedikit, sehingga kemungkinan saya bisa masuk pada jurusan ini semakin besar.”

Tips lancar interview beasiswa ini adalah jangan gugup, tunjukkan kemampuan atau bakat dan minatmu, dan jelaskan bahwa beasiswa ini akan sangat membantumu.