Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

8 Cerita Unik di Jurusan Hospitality

8 Cerita Unik di Jurusan Hospitality

Jurusan hospitality punya banyak cerita unik yang seru, penasaran?

Pandangan orang-orang terhadap jurusan hospitality berbeda-beda. Ada yang berfikir akan jadi dokter, bekerja di rumah sakit, atau pemahaman lucu lain. Padahal, hospitality adalah sebuah ilmu yang berorientasi pada “memberi layanan terbaik”. Hospitality banyak diaplikasikan di dunia pariwisata, perhotelan, restaurant, bank dan berbagai bisnis lain. Meskipun sudah sangat populer, yuk mari lihat berbagai fakta unik anak hospitality:


1. Sering dikira jalan-jalan terus

Mahasiswa jurusan hospitality bisa traveling ke berbagai tempat wisata sambil mengerjakan tugas. Tetapi bukan sembarang tugas juga lho! Tugas tersebut bisa saja adalah penelitian studi wilayah, melakukan wawancara dengan penduduk setempat, dan melakukan berbagai aktivitas di destinasi wisata.

Uniknya, karena berkunjung di banyak destinasi wisata, mahasiswa hospitality jadi ahli di banyak bahasa. Mulai dari bahasa daerah hingga bahasa asing lho! Keren kan? 

Ketika sudah bekerja pun juga sama. Apalagi jika kamu bekerja di hotel yang punya banyak cabang. Siap-siap sering tarik koper di bandara ya! Bisa jadi, kamu akan bekerja dari cabang hotel satu ke cabang hotel yang lain.

2. Disuruh cuci piring atau ngepel?

Anak hospitality memang juga perlu belajar tentang menata ruangan dan area dapur. Tapi tenang, bukan berarti kamu bakal disuruh beresin kamar atau cuci piring setelah lulus nanti ya. Kamu dipersiapkan untuk berada di level pekerjaan yang lebih tinggi alias managerial. Untuk menjadi seorang manajerial yang baik, kamu perlu tahu layanan dari level terbawah sekalipun. 

3. Anak-anak jurusan hospitality itu cakep cakep

Berikut ini merupakan cerita unik yang sudah jadi rahasia umum. Mahasiswa hospitality terkenal cakep-cakep dan berpenampilan elegan. Cukup beralasan sih. Anak-anak hospitality akan banyak bekerja menghadapi orang, tamu atau client. Jadi mereka memang harus bersih, rapi dan wangi.

4. Universitas hospitality biasanya ada di lingkungan yang indah

Karena banyak mempelajari tentang dunia wisata, kampus hospitality rata-rata berada di area wisata juga. Contohnya adalah Glion di Switzerland. Salah satu universitas hospitality terbaik dunia ini berada di dekat danau Jenewa. Cukup membuka jendela kelas, mahasiswa bisa langsung menikmati danau dan deretan pegunungan Alpen. Wah! Bisa terbayang indahnya.

5. Cuma bisa kerja di hotel sajakah?

Tentu saja tidak. Industri perhotelan sangat luas dan menawarkan banyak peluang kerja daripada sektor lainnya. Hotel sebenarnya hanya merupakan bagian kecil dari sektor hospitality. Peluang lain yang bisa kamu kejar kelak adalah hospitality management, entertainment, health & wellness, luxury, food & beverage, R&D atau project management. Tak menutup kemungkinan juga bisa perbankan dan ritel.

6. Jangan kaget dapat partner bisnis dari luar negeri

Mahasiswa hospitality akan belajar budaya-budaya asing, belajar menjadi diplomatis dan sopan supaya bisa diterima oleh kebudayaan itu. Makanya, ini jadi kesempatan untuk dapat partner bisnis dari luar negeri dan kamu tidak perlu kaget. Kamu pun bisa turut mempelajari budaya dari partner bisnis kamu, sehingga bisnis dapat meninggalkan kesan impresif dan culturally literate.

7. Lebih banyak praktik dan lebih seru

Nyatanya, jurusan hospitality itu juga belajar tentang bisnis, namun metodenya cenderung ke praktik. Jurusan ini juga mempelajari bidang keuangan, marketing, human resource, manajemen, yang pada akhirnya sama saja dengan mempelajari bisnis.

Keseruan terletak pada praktik di lapangan dan bertemu banyak orang dari manapun, bahkan sangat memungkinkan untuk menjalin relasi internasional. Ibarat memukul 2 burung dengan 1 batu, yaitu dari berbisnis bisa dapat income dan punya banyak teman internasional.

8. Bisa langsung buka usaha resto sendiri

Mayoritas lulusan hospitality sudah bisa buka usaha resto sendiri. Ya karena ilmu yang didapat bisa langsung dipraktikkan di dunia kerja. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa mengelola usaha itu sendirian karena bekal multitasking yang dilatih sejak awal.

Sudah punya basic memasak, mengurus dapur, mengelola keuangan, dan memanajemen bisnis, kurang lengkap apalagi? Kamu bisa bekerja dan menerjang banyak bidang dengan keahlian tersebut yang seiring waktu akan meningkat karena seringnya praktik di lapangan.


Jika kamu masih kepo tentang jurusan hospitality dan ingin mendaftar di universitas, kamu bisa hubungi Vista Education. Kami siap membantu kamu dalam memilih kampus dan negara yang sesuai dengan keinginan.

 

Kamu juga bisa bergabung dalam 
“World’s Top Major Education Fair 2021” Pameran pendidikan spesial jurusan terfavorit ini juga akan membahas dan menghadirkan deretan universitas hospitality terbaik dunia. Cek informasinya lengkapnya di sini.