Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

7 Keahlian yang Harus Dimiliki Mahasiswa di Luar Negeri

7 Keahlian yang Harus Dimiliki Mahasiswa di Luar Negeri

Banyak hal akan dihadapi oleh mahasiswa di luar negeri. Kalau begitu, sebagai mahasiswa harus bisa apa aja nih?

Menjadi mahasiswa merupakan posisi yang dapat membuatmu menjadi jauh lebih dewasa. Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa internasional yang kuliah di luar negeri. Kamu akan menghadapi berbagai permasalahan yang tidak ditemukan ketika kamu masih menjadi mahasiswa Indonesia.

Mahasiswa yang kuliah di luar negeri akan mengalami culture shock, perbedaan waktu, nilai mata uang, dan kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam beraktivitas. Nah, kamu butuh keahlian yang harus dimiliki mahasiswa internasional untuk menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut.


1. Memanajemen waktu

Hal pertama yang harus kamu pelajari di luar negeri adalah perbedaan waktu dan jadwal yang tepat untuk beraktivitas. Setelah mempelajari waktu aktif yang berbeda dari Indonesia, kamu bisa mengatur jadwal untuk belajar, tidur, dan lain-lain.

Karena kamu juga jauh dari orang tua, mungkin kamu juga memerlukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Mungkin saja di bagian negaramu saat ini sedang siang, tetapi di Indonesia sudah malam. Nah, kamu harus tahu waktu yang tepat untuk berkomunikasi dan bisa memanajemen waktu untuk aktivitas lainnya untuk melakukan hobi.


2. Memasak atau mengolah makanan

Keahlian yang harus dimiliki setiap anak rantau adalah memasak. Setidaknya, kamu bisa memasak nasi dengan baik menggunakan rice cooker. Setelah itu, kamu bisa membeli lauk di supermarket jika tidak mau ribet.

Tak semua bahan dan bumbu masakan di Indonesia dapat kamu temukan di negara tempat kuliahmu. Kamu dapat memasak makanan dengan menyesuaikan bahan-bahan yang ada di negara tersebut, sehingga pelajari juga bumbu-bumbu yang dapat dijadikan sebagai alternatif.


3. Mengatur keuangan

Sebagai mahasiswa luar negeri, kamu harus bisa mengatur keuangan dengan mempelajari beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, kurs mata uang untuk mengetahui berapa uang sakumu setelah ditukar menurut mata uang negara universitasmu. Kemudian, kamu harus bisa mengatur kebutuhanmu dan mengesampingkan keinginanmu terlebih dahulu.

Kedua, ketahui nilai barang atau makanan di negara tempat kuliahmu supaya dapat membagi uang untuk kebutuhanmu, seperti makanan, internet, dan lain-lain.


4. Cara berinteraksi

Ada banyak alasan kamu harus menguasai lebih dari dua bahasa. Pertama, kamu harus menguasai bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional. Tetapi, kamu juga harus menguasai bahasa dari negara yang kamu tinggali, contohnya negara Korea atau Jerman. 

Pentingnya berkomunikasi menggunakan bahasa dari negara tersebut adalah karena tidak semua penduduk di negara tersebut mengerti bahasa Inggris. Kamu harus mempelajari bahasa dari negara tersebut sedikit demi sedikit supaya dapat berinteraksi dengan penduduk setempat.


5. Mandiri

Tinggal di negara asing, kamu tidak dapat mengandalkan siapapun. Kamu harus bisa melakukan semuanya sendirian. Meskipun kamu memiliki teman, kamu tidak dapat bergantung padanya. Kamu harus bisa mandiri dalam mengurus pekerjaanmu, kehidupanmu, dan lain-lain.


6. Open-minded dan tahan banting

Yang dimaksud open-minded disini adalah kamu berpikiran luas tentang kebudayaan dan lingkungan yang sedang kamu hadapi dan berusaha beradaptasi. Mungkin kamu akan mengalami culture shock sebentar, namun pada akhirnya kamu dapat bertahan pada lingkungan tersebut.

Kamu pun harus melatih mental untuk bisa mengabaikan hal-hal yang menurutmu dapat menjatuhkanmu atau merugikanmu. Menjadi kuat, tidak gampang mengeluh, dan berusaha selalu berpikiran positif supaya kamu sendiri tidak merasa stres karena kuliah di luar negeri.


7. Problem solving

Adakalanya, kamu akan dihadapkan pada masalah-masalah yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Contohnya adalah kehilangan berkas penting, sulit mengikuti mata pelajaran, tiba-tiba sakit atau bahkan membutuhkan dana tambahan. Kuliah di luar negeri akan membuatmu terbiasa waspada for the worst scenario. Oleh karena itu, kamu perlu tahu kekurangan diri dan mengantisipasinya. Jika kamu tipe ceroboh, maka kamu perlu membuat copy data atau catatan penyimpanan barang. Jika kamu mudah sakit, hafal dimana rumah sakit terdekat. Kamu juga perlu tahu akses ke international student services, teman dan konsultan seperti Vista Education yang membantumu dulu. 


Nah, jika kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu perlu menyiapkan diri dan melatih keahlian-keahlian di atas. Dengan demikian, kamu dapat kuliah di luar negeri dengan persiapan lebih baik

Ingin lebih tahu soal kuliah di luar negeri? yuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan Vista Education. Chat kami via whatsapp atau isi form konsultasi ya!