7 Cara Efektif Tingkatkan Vocabulary
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

7 Cara Efektif Tingkatkan Vocabulary

7 Cara Efektif Tingkatkan Vocabulary

Walaupun sederhana, berikut merupakan cara mudah memperbanyak vocab bahasa Inggris versi Vista Education

Suka tiba-tiba stuck saat ngomong bahasa Inggris? Sudah di ujung lidah tapi susah benget keluar? Ragu salah, takut bikin orang lain tak paham maksudnya. Itu berarti, saatnya kamu meningkatkan vocabulary. Gimana ya cara efektif tingkatkan vocabulary? Ini 7 cara yang bisa kamu terapkan versi Vista English.


Baca apa saja, tak melulu buku kok

Tentu saja dengan membaca, kamu bisa menambah kosakata. Tidak perlu membaca buku yang tebal dan penuh kosakata sulit. Cukup baca artikel di website dengan topik ringan, seperti kesehatan, life style, atau berita terkini. Jika menemukan kosakata yang tidak kamu tahu, catat dan cari di google translate. 

Jangan lupa manfaatkan sosial media

Bagaimana cara mendapatkan 1 kata baru setiap hari? Kamu bisa mengikuti akun-akun yang membahas tentang skill bahasa Inggris. Sudah bosan? Bagaimana jika mengikuti akun-akun yang berisi motivasi, quote, meme atau bahkan guyonan (joke) bahasa Inggris. Salah satunya adalah 9gag. Setiap kamu menemukan kata yang tak kamu tahu artinya, kamu bisa langsung mencari terjemahannya.

Tidak hanya dicatat dan dihafal, agar lebih mudah diserap, kamu bisa membuat kalimat dari kata tersebut. Buat sedikitnya 5 kalimat dengan kata baru. Selama membuat kalimat, kemungkinan kamu juga akan menemukan kata baru yang bisa kamu catat dan pelajari juga. Terdengar cukup sulit? Jangan catat di buku ya. Buatlah lebih menarik seperti dalam caption status postinganmu. Selain terlihat keren, sebenarnya kamu sedang belajar kok. Hehehe

Lakukan percakapan dengan orang lain

Cara cepat untuk menemukan kata baru adalah dengan melakukan percakapan dengan orang lain. Dalam percakapan pasti membahas suatu topik. Selama mengobrol, kamu akan mengajukan pertanyaan atau pernyataan. Begitu juga sebaliknya.

Percakapan terbukti membuat otak berpikir lebih cepat. Kita juga akan menerima banyak informasi dari lawan bicara. Menangkap berbagai kata anyar, meniru aksennya dan berusaha mengartikannya dengan tepat pula. Secara tidak langsung kamu akan mendapatkan vocabulary baru kan?

Coba pakai Thesaurus

Aplikasi translate sudah biasa, sekarang coba pakai aplikasi thesaurus. Thesaurus adalah aplikasi sinonim yang di dalamnya terdapat daftar kata dengan sinonimnya sekaligus. Mungkin kamu sering menjumpai kata “comfortable” yang berarti nyaman. Ketika kamu membuka thesaurus, kamu akan menemukan sinonimnya, yaitu “cozy”, “pleasant”, dan “enjoyable”.

Nah, kalau kamu bosan menyebut kata comfortable, kamu bisa menggunakan kata lainnya yang mirip dan memiliki arti yang sama. Kata lain atau sinonim tersebut juga biasanya disebutkan pada situasi tertentu. Maka dari itu sangat recommended menggunakan thesaurus dibanding kamus kalau kamu ingin menambah kosakata.

Berlatih sendirian dengan topik menarik

Sering bicara sendiri di depan cermin? Coba sambil berlatih mengucapkan kalimat dengan bahasa inggris menggunakan topik apa saja. Misalnya kamu ingin membicarakan tentang teman yang nyebelin, guru yang membosankan atau doi yang suka nge-ghosting. Boleh kok kamu curhat sambil mengutarakan kata-kata random yang menggambarkan perasaanmu, siapa tahu dapat kosakata baru, kan?


Kerjakan latihan soal vocabulary

Cari soal di website tentang vocabulary. Ada kok website yang menyediakan soal-soal mengenai kosakata bahasa inggris. Bisa juga mengunduh aplikasi dari handphone dan mengerjakan soal vocabulary kapanpun kamu mau.


Setting aplikasi di hp pakai bahasa Inggris

Cara ini sering dipakai untuk orang-orang karena efektif dan efisien. Kita sering membuka handphone untuk chat teman atau sekadar scroll media sosial. Nah, secara tidak langsung kita akan membaca petunjuk dari handphone yang sudah diubah ke bahasa inggris. Mungkin sebelumnya kita sudah hafal kata tersebut dalam bahasa indonesia, jadi tidak masalah kalau diganti ke bahasa inggris.

Dengan cara mengubah pengaturan bahasa ini, secara tidak sadar kamu sudah menghafal katanya di luar kepala. Kalau merasa masih asing, tidak masalah kok. Lama-lama juga akan terbiasa dengan kata tersebut dan hafal dengan sendirinya.

Cara mana yang akan kamu terapkan untuk meningkatkan vocabulary? Jangan merasa terbebani dan terlalu fokus dalam pencarian kosakata baru. Ikuti alurnya dan yang pasti, kamu harus menikmati prosesnya. 

 

Free Consultation
Fill the form and start the consultation !