Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

6 Universitas Desain Terbaik di Australia

6 Universitas Desain Terbaik di Australia

Jurusan desain seperti apa yang kamu inginkan? Kalau kamu sedang cari universitas desain terbaik untuk kuliah di Australia, kamu bisa baca 6 rekomendasi berikut ini

Anak desain harus tahu kalau di Australia banyak universitas yang menawarkan jurusan desain dengan kualitas sistem pembelajaran yang terbaik. Jurusan desainnya pun memiliki konsentrasi yang bagus untuk karir mahasiswa di masa depan.

Terus, kalau ingin kuliah jurusan desain di Australia, lebih baik di kampus mana? Ini dia universitas desain terbaik di Australia yang bisa jadi rekomendasi untukmu.


1. RMIT University

Di lingkup dunia, RMIT University menduduki peringkat ke-15 sebagai kampus terbaik kategori art and design menurut QS World University Rankings 2021. Bahkan, RMIT University juga menjadi kampus nomor 1 di Australia lho!

Yang ditawarkan di RMIT University adalah jurusan desain di School of Arts yang juga bermitra dengan Hong Kong Art School. Mahasiswa akan merasakan pengalaman studi bersama Adobe dalam membuat desain dan kreativitas dengan User Experience (UX) menggunakan teknologi desain terbaru Adobe XD.

2. University of Technology Sydney (UTS)

Masuk ke dalam 11 universitas terbaik di QS Top University Rankings 2021, kampus ini dapat menarik banyak mahasiswa. University of Technology Sydney terletak di kota Sydney dan menyediakan banyak kursus, termasuk dalam desain produk dan desain tradisional.

Meski tergolong masih muda, kampus ini berhasil menduduki peringkat ke-23 dunia menurut QS World University Rankings kategori Art and Design. Mahasiswa jurusan desain di UTS akan melakukan pembelajaran model kreatif dan eksperimental dengan peran desain yang dapat dimainkan dalam realitas sosial, politik, dan budaya.

3. The University of New South Wales (UNSW)

Terletak di Paddington, Sydney, kampus ini menduduki peringkat ke-4 kampus terbaik di Australia. Banyak alumni yang lahir dari UNSW, seperti Andrew Frost seorang kritikus seni dan seniman lain di pertunjukan Barbara Cleveland.

Jurusan desain di UNSW diberikan fasilitas yang memadai dan pengalaman studi yang menyenangkan. Terdapat 6 spesialisasi pada jurusan ini, antara lain desain, seni media, dan praktik studio. Banyak gelar dalam teori seni yang menarik mahasiswa, apakah kamu termasuk?

4. University of Melbourne

University of Melbourne menduduki ranking ke-5 di Australia untuk jurusan seni dan desain. Universitas ini pun masuk ke-50 besar dunia berdasarkan QS World University Rankings. University of Melbourne menawarkan gelar sarjana desain dengan waktu studi 3 tahun.

Pada tahun pertama studi, University of Melbourne akan memberikan materi kepada mahasiswa mengenai konsep atau keterampilan desain baru yang bersifat dasar. Universitas ini juga memiliki jurusan-jurusan desain yang terfokus pada karir, salah satunya adalah landscape architecture and spatial system.

5. University of Queensland (UQ)

University of Queensland termasuk ke top 2% dunia, berada di peringkat 50 besar menurut QS World University Rankings 2022. Universitas negeri yang terletak di Brisbane ini merupakan bagian dari Go8 (Group of Eight University in Australia).

Di University of Queensland kamu bisa belajar desain yang digabungkan dengan bisnis, informasi teknologi, arsitektur, dan humaniora. Dari jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi untuk jalur karir, antara lain adalah antropologi, lingkungan dan masyarakat, bangunan dan lingkungan, inovasi dan kewirausahaan, atau media dan budaya digital.

6. JMC Academy

JMC Academy merupakan institusi yang menjadi master dari industri kreatif. Program studi yang ditawarkan di JMC Academy antara lain adalah film & tv production, songwriting, music, audio engineering, digital design, 3D animation, game design, entertainment, dan business management.

JMC Academy juga menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang mendapat akreditasi di bidang televisi digital, teknik audio, dan multimedia digital. Di kampus ini, mahasiswa akan dilatih untuk proses interview, pitching, teknik presentasi, dan pembuatan professional portfolio.


Kira-kira, kamu tertarik untuk masuk kampus yang mana? Kalau kamu ingin tahu lebih dalam tentang kampus dengan jurusan desain terbaik di Australia beserta biaya kuliahnya, konsultasi yuk dengan Vista Education! Pilih kampus yang tepat untukmu.