6 Rekomendasi Jurusan Untuk Introvert di Era 4.0

Kamu seorang introvert? Pingin dapet jurusan dan pekerjaan yang nyaman> coba cek rekomendasi kami

Kepribadian introvert identik dengan orang yang pemalu, pendiam, dan tidak suka keramaian. Mereka memang merasa lebih nyaman saat sendirian. Mereka membutuhkan suasana yang tenang untuk berkonsentrasi. Justru, mereka akan merasa lelah saat berada di tengah kerumunan orang. Nah, kira-kira jurusan apa, ya, yang cocok untuk mereka si introvert ini?

1.  Teknik Informatika

Sebagian besar pekerjaan seorang programmer dilakukan di depan layar komputer. sehingga minim interaksi dengan orang lain. Pekerjaan di bidang ini memang membutuhkan lingkungan yang nyaman dan tenang. Jika kamu seorang yang logis, penyabar dan super detail, maka jurusan informatika bisa kamu pilih. Seiring dengan banyaknya perusahaan start-up teknologi, lulusan informatika sangat diburu akhir-akhir ini. Bahkan, pekerja tahun pertama saja bisa mendapat pendapatan di angka 2 digit. Menarik bukan?

2. Aktuaria / Actuarial Science

Aktuaria adalah ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jurusan Aktuaria juga bisa disebut sebagai Matematika Asuransi. Jika kamu menjadi seorang aktuaris, maka kamu bertugas untuk memprediksi atau mencari suatu keuntungan melalui perhitungan yang tepat, sehingga dapat meminimalkan risiko. 

3. Arsitektur

Jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan yang laris manis diminati para calon mahasiswa baru. Jurusan ini mempelajari bagaimana merencanakan dan merancang konstruksi suatu bangunan. Tak Cuma soal estetika, arsitek juga wajib memastikan segi kemanan dan kekuatan bangunan. Menggambar design arsitek memang cukup rumit. Namun, sepadan dengan penghasilan yang bisa mencapai Rp.50.000.000 setiap bulan. Wow! Jika kamu baru lulus nanti, jangan lupa kumpulin banyak portfolio ya ~. Jangan ragu juga untuk bergabung dengan berbagai proyek walaupun dalam skala kecil. Hal ini akan berguna untuk memantapkan jam terbang dan meningkatkan harga jualmu nanti. 

4.  Akuntansi

Bidang ini membutuhkan orang yang tidak banyak bicara tapi teliti dan disiplin. Jadi jurusan ini cocok untuk kamu si introvert. Jika kamu masuk di jurusan akutansi, kamu akan belajar untuk menghasilkan angka yang tepat dari suatu perhitungan. Kamu juga akan membuat dan memeriksa sebuah laporan keuangan. Posisimu vital, karena laporanmu berguna sebagai bahan pertimbangan keputusan perusahaan. Jadi, para akuntan lebih fokus untuk bekerja daripada negosiasi.

5. Desain Grafis

Apakah kamu seorang introvert yang suka menggambar atau membuat desain? Nah, jurusan design grafis sangat cocok untukmu. Jika masuk di jurusan ini, kamu akan belajar untuk menghasilkan suatu karya dengan kreativitas dan ketelitian yang tinggi. Untuk mengerjakannya, kamu membutuhkan suasana yang nyaman dan hening, sehingga kamu dapat dengan leluasa mengeksplorasi ide-idemu.

6. Sains / Science

Jurusan yang berkaitan dengan sains dikenal cocok untuk si introvert. Karena, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Kamu akan menikmati eksperimen, meneliti, serta membuat laporan penelitian. Kata orang, para penghuni lab akan lebih akrab dengan alat. Dengan para object praktikum serta pemikirannya yang sangat luas.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang cocok banget untuk kamu yang berkepribadian introvert. Namun bukan berarti kamu tidak Perlu mengasah skill komunikasi ya. Sebaiknya kamu melatih keberanian untuk memulai obrolan dengan orang lain. Boleh juga mulai belajar membuat kontak mata saat berinteraksi. Karena mungkin, ada saat kamu wajib berada dalam situasi yang mengharuskanmu untuk lebih vocal. Seperti saat presentasi atau menyampaikan pendapat di depan banyak orang.