6 Pekerjaan Part-time dan Intern untuk Mahasiswa
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

6 Pekerjaan Part-time dan Intern untuk Mahasiswa

6 Pekerjaan Part-time dan Intern untuk Mahasiswa

Kamu punya waktu luang selama kuliah? Butuh pemasukan tambahan atau pengen cari pengalaman kerja baru? Ambil part-time atau intern adalah sebuah langkah bagus. cek tipe pekerjaan apa saja untuk kamu disini ya

Mengenal dunia kerja bahkan sebelum lulus bukanlah sebuah ide buruk. Meskipun waktu bermain dan nongkrongmu berkurang, setidaknya kamu akan mendapat berbagai pengalaman menarik untuk ditulis di CV kelak. Kira-kira, tipe pekerjaan apa saja yang cocok untuk seorang mahasiswa?

Freelance writer

Kamu punya kemampuan menulis?  freelance writer menjadi pekerjaan yang paling fleksibel untuk dilakukan. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote dengan cara mencari klien sendiri atau mendaftar di perusahaan yang kemudian mengikuti arahan yang diberikan. Penulis pun akan menulis di website maupun media sosial.

Seorang freelance writer tidak harus berasal dari jurusan bahasa atau sastra, maupun jurnalistik. Anak jurusan biologi pun bisa menjadi seorang freelance writer. Kamu bisa membuat tulisan tentang ilmu pengetahuan alam dan lingkungan sekitar.

Tips : Mulailah menulis di blog pribadimu. Selain sebagai tempat curhat, blog pribadi juga bisa menjadi portfolio. Kamu bisa mencari lowongan di linkedin, situs freelance seperti freelancer dan upwork. Gaji untuk seorang freelance writer beragam. Rata-rata dihitung tiap artikel. Ada yang Rp.15,000/artikel atau bahkan lebih. 

Social media specialist

Tak pernah absen scroll timeline media sosial, seperti, Tiktok Instagram, Facebook, dan Twitter? Mulai sekarang kamu bisa scroll sambil menghasilkan uang lho! Caranya dengan apply intern job sebagai social media specialist aja.

Sebagai social media specialist, kamu bertugas meng-update konten di suatu akun media sosial, bekerjasama dengan tim kreatif untuk membuat postingan, serta meningkatkan brand awareness suatu produk, jasa, maupun perusahaannya. Kamu yang sudah berpengalaman atau aktif di media sosial dan mengamati berbagai jenis postingan, tugas tersebut bisa kamu lakukan dengan santai nih.

Tips : Social media specialist akan banyak bekerja dengan tools analytic dari facebook atau instagram. Kamu mungkin akan diminta untuk membuat report. Jadi kamu perlu tahu bagaimana cara membaca tabel dengan sedikit ilmu matematika. Boleh banget untuk mengikuti webinar ataupun kelas social media terlebih dahulu agar punya gambaran.

Content Creator

Suka punya ide unik untuk bikin konten? Bisa ambil video dan edit cepat di tiktok? Atau bahkan kamu sering FYP? Wah! kayaknya kamu punya bakat menjadi seorang content creator. Kebetulan, posisi kerja ini sudah semakin banyak loh. Berbagai macam perusahaan bahkan membuat akun di berbagai sosial media dan membutuhkan anak-anak muda untuk mengisi kontennya. So, kesempatan emas ini gak boleh berlalu begitu saja kan? Kebetulan, Vista Education juga sedang membuka lowongan intern untuk content creator. Jika kamu tertarik, kamu bisa kirim CV ke [email protected]             

Tips: Content creator dituntut untuk punya beberapa keahlian sekalipun. Termasuk copywriting (bikin caption), fotografi (untuk ambil gambar), editing video atau foto. Kamu bisa mempercantik CV mu dengan belajar beberapa diantaranya dulu. Seperti photoshop, canva dan software editing video lain.

Barista

Pekerjaan yang satu ini sering menjadi pilihan bagi para mahasiswa yang ingin bekerja part-time. Entah itu mahasiswa yang kuliah di luar negeri maupun di luar kota. Menjadi barista merupakan salah satu pekerjaan yang banyak ditawarkan, sehingga bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan cepat.

Lowongan pekerjaan sebagai barista pun banyak dibagikan di media sosial atau platform tertentu. Pendaftarnya bisa berasal dari berbagai jurusan dan biasanya membutuhkan kualifikasi pendidikan terakhir sekolah menengah atas.

Guru les atau tentor

Berasal dari jurusan pendidikan? Sambil melatih teaching skill, kamu bisa mendaftar jadi guru les atau tentor lho! Saat ini sudah banyak pendaftaran sebagai guru les yang dilakukan secara online dan tentunya persyaratan juga tidak aneh-aneh.

 Kamu bisa mencari di internet ingin menjadi guru untuk mata pelajaran apa. Selain itu, jika ingin menjadi pengajar, kamu bisa coba mendaftar di program Kampus Mengajar yang diberikan kepada mahasiswa selama 1 semester untuk membantu guru dan kepala sekolah untuk mengajar di SD dan SMP.

Translator

Kamu berasal dari jurusan bahasa Inggris, Jerman, atau bahasa asing lainnya? Kamu bisa apply job sebagai translator di sebuah agensi dengan sistem part-time maupun internship. Cara apply nya menggunakan CV dan portofolio translator yang sudah pernah dilakukan.

Apa saja yang dilakukan seorang translator? Kamu akan menerjemahkan dokumen-dokumen perusahaan. Bisa jadi kamu juga akan dibutuhkan oleh customer service untuk menghadapi pelanggan asing. Oleh karena itu, kamu akan bekerjasama dengan pegawai kantor lainnya sebagai penerjemah andalan.


Setelah disesuaikan dengan keahlian dan potensimu, pekerjaan apa yang cocok untukmu? Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan part-time maupun intern di media sosial atau platform tertentu. Pastikan bahwa pekerjaan tersebut menerapkan sistem part-time atau fokus untuk mahasiswa yang ingin magang.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !