6 Fakta Kuliah di China

Ini alasan Kuliah di China adalah pilihan yang tepat

Sebuah keistimewaan tersendiri bagi para pelajar untuk bisa kuliah ke luar negeri. Karena mereka pasti akan merasakan pengalaman yang menakjubkan. Salah satu negara yang patut dipertimbangkan adalah China. Negara yang terkenal karena adanya “tembok besar” ini memang negara maju dengan tingkat ekonomi yang berkembang sangat pesat. Inilah yang menyebabkan China menduduki ranking kedua ekonomi terbesar di dunia, hanya satu peringkat di bawah Amerika Serikat. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat ketika memutuskan untuk kuliah di China. Berikut ini adalah beberapa fakta jika kamu menempuh studi di China.

1. Mampu menguasai dua bahasa sekaligus.

Bahasa Mandarin menjadi bahasa pengantar terkenal di China. Namun, banyak masyarakat lokal yang juga menguasai bahasa Inggris. Jika menjadi mahasiswa di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa Mandarin dan Inggris sekaligus. Mengingat bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang populer di dunia, maka dengan memperoleh sertifikasi untuk bahasa ini akan sangat berguna untuk mengasah soft skill dalam resume-mu. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu, lho.

Bagaimana dengan pembelajaran di kelas? Jangan khawatir ! Universitas yang berani menerima mahasiswa asing juga berkomitmen untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. 

2. Menikmati kecanggihan teknologi

Belakangan ini China dikenal dengan teknologinya yang canggih dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Jika kamu tinggal di China untuk kuliah, kehidupan kamu dijamin sangat beruntung. Hal itu dikarenakan kamu  bisa menikmati kecanggihan teknologi dan segala sesuatu cukup dilakukan  lewat smartphone yang terhubung dengan internet. Kamu akan menikmati kehidupan yang serba mudah, efektif, dan efisien. Karena banyak pekerjaan dengan tenaga manusia telah digantikan oleh robot canggih.

3. Transportasi umum dan Biaya Hidup

Jika berkunjung ke China, kamu tidak perlu khawatir jika tidak ada transportasi pribadi. Transportasi umum di China sendiri sudah berkembang sangat maju dengan memiliki lebih dari 1.300 rute bus umum dan 5 jalur kereta bawah tanah. Bus dan kereta bawah tanah di China didesain sedemikian rupa sesuai kebutuhan demi kenyamanan dan efisiensi waktu bagi para penggunanya. Kereta bawah tanah merupakan pilihan tepat jika kamu sedang diburu oleh waktu.

Selain itu, biaya hidup di China relative lebih terjangkau dibandingkan dengan negara lain (USA dan negara barat). Biaya akomodasi bisa berkisar di angka Rp.3.500.000. Rata-rata sekali makan membutuhkan Rp.20.000. Yap, 11 / 12 dengan Jakarta atau Surabaya sih, hehe 

4. Sekolah sambil jalan-jalan

Kuliah di luar negeri tidak akan lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat wisata yang ada di negara tersebut. Apabila kamu yang memilih untuk kuliah di China, tidak perlu bingung mencari tempat untuk refreshing karena negara ini memiliki sejumlah tempat wisata terbaik yang bisa dikunjungi bersama teman-temanmu. Beberapa pilihan tempat yang dapat kamu kunjungi yaitu Tembok Besar China, Istana Potala, Gunung Huang, Danau Tian Chi, Leshan Giant Buddha, dan masih banyak lainnya.

5. Kesempatan berkarir

Seperti yang kamu ketahui, China belakangan ini menduduki posisi diatas Jepang sebagai negara dengan ekonomi global kedua terbesar di dunia. Secara otomatis hal ini berdampak positif pada peluang kerja, termasuk bagi mahasiswa internasional. Semakin banyak tersedia lowongan kerja menjadikan mahasiswa internasional berkesempatan untuk bekerja di Cina setelah lulus. oleh karena itu sangat disarankan untuk mahasiswa internasional mampu menguasai bahasa mandarin beserta kebudayaan China agar  peluang diterima bekerja disana semakin besar.

6. Kualitas Pendidikan 

Ya yang ini tidak perlu diragukan lagi. Data dari chinaeducenter.com, 492,185 mahasiswa internasional berada di China selama tahun 2018. Mereka tersebar di 1004 perguruang tinggi. Jadi gak perlu ditanya lagi dong ada berapa universitas unggulan disana. 

Itulah ulasan mengenai fakta-fakta kuliah di China! Jadi, kamu tidak perlu takut dan ragu lagi untuk melanjutkan studi di negara ini karena ternyata ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan.  Semoga bermanfaat, ya!