5 Universitas dengan Jurusan Kimia Pilihan di USA
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Universitas dengan Jurusan Kimia Pilihan di USA

5 Universitas dengan Jurusan Kimia Pilihan di USA

Jurusan Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi. Tertarik kuliah jurusan kimia di USA, berikut rekomendasi dari Vista Education

Tahukah kamu? vaksin moderna diproduksi oleh perusahaan bioteknologi asal USA? Vaksin pfizer juga diproduksi oleh perusahaan di USA yang berkolaborasi dengan Jerman. Tak heran, sejumlah ilmuwan dari negara USA yang meraih Hadiah Nobel Kimia.

Dunia penelitian di USA memang jempolan. Mereka punya fasilitas, teknologi dan anggaran dari pemerintah yang tak kaleng-kaleng. Penelitian di USA banyak dimulai dari universitas dan dilakukan oleh mahasiswa yang berkolaborasi dengan para ilmuwan lho!Kamu suka bereksperimen di lab? Apakah kamu jatuh cinta pada kimia? Mau jadi bagian dalam penemuan besar?  Yuk kita lihat universitas mana saja dengan jurusan kimia pilihan di USA.


American University

Ini dia universitas yang punya mahasiswa internasional besar di kampus, yaitu sebesar 13%. Di tahun 2022 ini, American University berada di ranking 79 menurut US News & World Report pada kategori National Universities.

Kampus yang terletak di Washington DC ini punya jurusan kimia pilihan untuk para mahasiswa internasional. Yang dapat dipelajari mahasiswa jurusan kimia adalah kimia organik dan anorganik, kimia biofisik, biokimia, dan berbagai kegiatan eksperimen di bidang kimia biologi.

jurusan kimia di USA

 (Lab di Auburn University)

Auburn University

Auburn University punya jurusan kimia pilihan di USA. Peringkat universitas ini berada di 100 teratas dalam kategori National Universities menurut US News & World Report 2022. Mahasiswa yang memilih jurusan kimia di universitas ini akan diberi tawaran gelar sarjana kimia (umum) dan kimia profesional.

Tentu saja program studi yang diberikan di kedua gelar tersebut berbeda. Namun, lulusan dari jurusan ini tidak hanya mendapat jaminan bisa bekerja di industri kimia, bisa juga diaplikasikan ke sekolah kedokteran, farmasi, kedokteran gigi dan optometri, serta dapat kesempatan menjadi ilmuwan forensik.


Gonzaga University

Jurusan kimia pilihan juga tersedia di Gonzaga University. Dalam kategori National Universities, Gonzaga University menduduki peringkat 80 teratas menurut US News and World Report 2022. Untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa terkait penelitian, Gonzaga University menyediakan fasilitas berupa laboratorium canggih, ruang lab yang aman dan fungsional, serta alat-alat yang lengkap untuk kebutuhan analisis dan kualitatif modern.

Jurusan kimia di Gonzaga University berada di Departemen Kimia dan Biokimia. Yang akan dipelajari pada jurusan kimia adalah kimia organik dan anorganik, kimia analitik, biokimia, dan kimia fisika.


University of Illinois at Chicago (UIC)

University of Illinois at Chicago berada di peringkat 25 di US menurut Times Higher Education 2020. Kampus ini memiliki jurusan kimia dengan fokus yang berbeda-beda. Seperti general and analytical chemistry dan organic chemistry. Pun, ada kimia yang berkonsentrasi dalam pengajaran atau disebut chemistry teaching concentration.

Jenjang pendidikan untuk jurusan kimia ini mulai dari sarjana hingga doktor. Kursus yang diberikan oleh University of Illinois at Chicago di bidang kimia juga banyak. UIC dinilai sebagai universitas terbaik nomor 9 di Illinois lho!

University of Utah

Kampus University of Utah terletak di Salt Lake City. University of Utah menduduki peringkat 40 kategori Top Public Schools menurut USNW 2020. Jurusan kimia di Univerity of Utah termasuk ke dalam College of Science bersama biologi, matematika, applied mathematics, dan fisika.

Jurusan kimia di University of Utah menduduki ranking 15 dalam kategori Most Popular Bachelor’s Degree Colleges for Chemistry di USA. Terbukti dari peningkatan jumlah mahasiswa gelar sarjana di bidang kimia dari tahun 2019 ke tahun 2020 lalu.


Kuliah di USA dengan jurusan kimia bisa mengembangkan potensimu dengan baik. Karena di USA terdapat himpunan masyarakat ilmiah yang bernama The American Chemical Society (ACS) dengan anggota lebih dari 164.000.

Masih penasaran dengan jurusan kimia di universitas pilihan di USA? Yuk hubungi Vista Education dan dapatkan informasi universitas yang cocok denganmu.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !