5 Trend Dunia Kerja yang Lahir Karena Pandemi

Dulu aneh, 5 hal baru di dunia kerja ini justru akan menjadi trend

Pandemi mengubah banyak hal dalam keseharian. Bahkan, para ahli memprediksi trend saat ini akan berlanjut menjadi sebuah kebiasaan baru. Begitu juga dengan dunia kerja. Jika diamati, pandemi membuat perubahaan yang cukup besar. Apa saja itu? Vista Education telah merangkumnya untukmu. Yuk kita bahas bareng!

Area kantor yang sehat menjadi hal wajib

Yap betul! Pandemi membuat kita lebih aware pada kebersihan. Coba inget-inget deh. Sebelum ada si covid-19, berapa kali kita cuci tangan sehari? Lupa kan? Hehe. Nah, berbeda dengan sekarang. Para pekerja cenderung menginginkan kantor yang memiliki protokol kesehatan mumpuni. Seperti pengecekan suhu, area cuci tangan dan ketersediaan hand sanitizer. Kita semua ingin bekerja dengan rasa aman dan nyaman bukan? 

Jam kerja flexible dan sistem kerja secara remote

Dulu, bekerja dari rumah hanya berlaku untuk para freelancer. Namun, berkat pandemi, remote untuk posisi full-time juga menjadi trend. Para HR menawarkan jam kerja yang flexible untuk menarik para talent berbakat. Ternyata, banyak orang setuju bahwa, memberikan jadwal yang fleksibel dapat meningkatkan semangat dan produktivitas sekaligus mengurangi stres. 

Virtual Company Culture

Pandemi juga memaksa semua orang untuk melek teknologi. Tak terkecuali dengan perusahaan. Untuk mengikuti perkembangan, banyak perusahaan mulai menerapkan sistem kerja secara daring. Rata-rata mereka telah memiliki SOP (Standard Operating Procedure), sistem informasi bersama dan virtual conference tools. Intinya, perusahaan perlu memfasilitasi segala kegitan kerja, meetings, networking dan team-building secara online. Virtual company culture adalah salah satu indikasi visi perusahaan mampu melewati masa sulit ini.

Perusahaan yang sadar dengan mental health lebih menyenangkan 

Definisi atasan yang keren kayaknya udah bergeser ya? Saat ini, para pekerja cenderung mencari kantor yang mengedepankan kekeluargaan. Atasan yang bisa diajak bercanda dan berdiskusi di waktu bersamaan. Mereka juga tidak menyukai hierarki dan birokrasi berbelit. Itu mengapa perusahaan start up yang memakai pola ini terlihat lebih menarik bagi calon pekerja. Perusahaan yang nyaman seperti ini juga dianggap paham dengan mental health karyawannya. So, say good bye untuk atasan yang bossy! 

Inovasi yang tidak ada habisnya 

Pandemi melanda? Tak apa, ayo lebih kreatif ! Ya, pilihannya memang hanya dua. Inovasi untuk bertahan atau tertinggal. Contoh, jika dulu promosi bisa efektif dengan mengandalkan baliho, tapi lihat sekarang. Sosial media dan google adalah kunci penting. Jadi jangan heran jika kita banyak menemukan model bisnis dan cara pendekatan pelanggan baru sekarang. 

Jadi, apakah perusahaan yang kalian pilih sudah mengikuti trend di atas?. Apakah kita sebagai pekerja juga sudah siap dengan perubahan tersebut? Bagaimana dengan Vista Education? Jangan khawatir, kami ikut bergerak bersama kebutuhan. Budaya kerja yang sudah lama dikembangkan di sini diantaranya :

-       Tim yang nyaman, fun tapi efektif 

-       Lingkungan kerja yang bersih dan strategis

-       Penerapan virtual company culture

-       Atasan yang bisa diajak sharing dan anti marah-marah club 

Temukan kesempatan kerja dan berkarya di Vista Education Corp di sini . Mari berkarya dan sukses bersama Vista!