5 Tips Untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Tips Untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan

5 Tips Untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan

Memilih jurusan kuliah nggak bisa sembarangan, apalagi cuma ikut-ikutan. Selain punya prospek bagus di masa depan, jurusan yang kamu pilih sebaiknya juga sesuai dengan minatmu. Tapi bagaimana kalau ternyata kamu sudah terjebak dan merasa salah jurusan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini!

 

  1. Yakin merasa salah jurusan? Jangan-jangan hanya bosan

Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa kamu salah jurusan. Renungkan lagi apakah kamu benar-benar terjebak? Karena, mungkin saja kamu hanya merasa bosan. Cobalah untuk rehat sejenak. Kamu bisa healing dengan pergi berlibur. Kamu boleh ajak temanmu dan cobalah untuk meminta pendapatnya. 

Baca Juga: 5 Jurusan ini Akan Membuatmu Terhindar Dari Upah UMR

  1. Pikirkan apakah ada sesuatu yang kamu sukai dari jurusanmu

Biasanya akan ada banyak materi yang dipelajari dalam satu jurusan. Jika ada salah satu atau beberapa mata kuliah yang kamu sukai, maka kamu bisa lebih mendalaminya. Sehingga kamu bisa bertahan saat merasa salah jurusan. Kamu juga bisa belajar bareng teman, sehingga bebanmu bisa sedikit berkurang dan tidak akan merasa berjuang sendirian.

  1. Gabung dengan komunitas sesuai passion-mu

Jika kegiatan perkuliahan terasa berat, bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minatmu. Misalnya kamu seorang mahasiswa Teknik Elektro yang menyukai fotografi, maka jangan ragu untuk gabung dengan komunitas fotografi di dalam maupun luar kampus. Itu akan menjadi kegiatan menyenangkan untuk upgrade skill-mu.

 

tips salah jurusan

  1. Ikuti kegiatan lain seperti magang, kursus, seminar, dan workshop

Kegiatan di luar kampus bisa menjadi solusi untuk kamu yang merasa berat menjalani perkuliahan yang tidak sesuai passion. Magang atau bekerja part time tak ada salahnya, lho. Kamu juga bisa ikut kursus, seminar, dan workshop seputar bidang yang kamu minati. Sehingga soft skill dan hard skill-mu akan lebih terasah.

  1. Pikirkan dampak jika kamu pindah jurusan

Setiap keputusan akan memiliki risiko masing-masing. Misalnya kamu pindah jurusan setelah menjalani 1 tahun pertama kuliah, maka kamu harus mengulang kembali dari awal. Tak menutup kemungkinan kalau kamu akan merasa salah jurusan lagi. Jadi, sebaiknya jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah jurusan, karena akan ada risiko besar yang harus kamu hadapi nantinya. 

Nah, untuk kamu yang saat ini merasa salah jurusan, coba lakukan 5 tips di atas. Setidaknya kamu akan bertahan di jurusan tersebut dan punya keahlian lain yang sesuai dengan passion-mu. Sebaiknya kamu tidak gegabah untuk pindah jurusan, ya. Semoga info kali ini bermanfaat! 

Menghindari salah jurusan dengan tim Vista Education!

Vista Education adalah konsultan pendidikan luar negeri yang paham betul pentingnya jurusan di dunia kuliah. Oleh karena itu, Vista punya fasilitas tes penjurusan. Mirip dengan tes minat bakat. Tes ini akan membantumu untuk tahu. Kira-kira, jurusan apa yang paling cocok dengan kepribadian yang kamu miliki. Tim konsultan Vista juga siap menjelaskan prospek dan kemungkinan tantangan yang akan kamu hadapi kedepan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.












 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !