Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Tanda Kamu Berada di Bidang Pekerjaan yang Salah

5 Tanda Kamu Berada di Bidang Pekerjaan yang Salah

Ketika bekerja sesuai passion dengan yang tidak sesuai passion, ternyata ada perbedaannya lho! Dari kita menyikap pekerjaan tersebut dan akibatnya, kamu jadi tahu bahwa seperti apa tanda-tanda kamu berada di bidang pekerjaan yang salah

Salah satu rezeki terbesar dalam hidup adalah digaji dari hal yang kita sukai. Bekerja dalam bidang yang membuat kita terus bersemangat dan tak pernah merasa puas. Terlihat sepele ya? Tapi sudah jadi rahasia umum lho. Banyak dari kita bekerja tak sesuai passion. Salah satu penyebab awalnya adalah salah jurusan. Kepalang tanggung. Terlanjur belajar jadi tak punya pilihan lain dalam karir. 

Itu mengapa, Vista Education selaku konsultan pendidikan luar negeri benar-benar menekankan pentingnya tes penjurusan dan diskusi sebelum kuliah. Ya itu, biar kita tahu apa sebenarnya minat dan potensi yang kita punya.

Apakah kita bisa banting setir pekerjaan? Bisa kalau kita mau dan niat. Banyak courses online dan sertifikat bertebaran. Tapi sebelum itu, coba kita cari tahu dulu. Apakah betul, kita berada di bidang pekerjaan yang salah. Apa saja cirinya?


Membenci hari Senin

Hari Senin dianggap sebagai hari yang menyebalkan oleh sebagian orang. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena kembalinya beraktivitas setelah weekend. Aktivitas seperti sekolah dan bekerja kembali dilakukan. Oleh karena itu, jika kamu membenci hari Senin, maka bisa berarti kamu tidak menyukai sekolah ataupun pekerjaanmu.

Rasa benci atau sekadar tidak suka ini bisa berasal dari pikiranmu yang tidak ingin terlibat dalam hal itu lagi. Mungkin kamu membenci apa yang kamu kerjakan, orang yang kamu temui di tempat kerja, dan yang lainnya. Bahaya! Kamu perlu segera cari tahu apa penyebab kamu jengkel dengan hari senin. Jika masalahnya adalah tim atau lingkungan kerja, kamu masih bisa berkonsultasi dengan atasan atau HRD. Namun jika dirasa seninmu suram karena apa yang kamu kerjakan, cobalah untuk cari pandangan kerja lain.


Susah bekerja sama tim

Tanda kamu ada di pekerjaan yang salah adalah kamu sulit untuk berkompromi dengan teman satu tim. Entah itu ketika berdiskusi, menyelesaikan masalah, atau bekerja sama membagi pekerjaan. Kamu merasa sulit mengobrol tentang pekerjaanmu dengan teman satu tim karena kamu tidak ingin membicarakannya atau kamu tidak suka berbicara dengan timmu.

Kamu memiliki cara untuk menyelesaikan masalah sendiri, kurang bisa beradaptasi dengan tugas-tugas dan orang lain di tempat kerjamu, serta tidak ingin mendengarkan orang lain karena sudah merasa tidak suka. Ini menjadi penyebab kamu berada di tempat yang salah, sehingga berujung pada kesulitan bekerja sama tim.


Kinerja buruk

Yang paling jelas terlihat ketika kamu berada di bidang pekerjaan yang salah adalah dari hasil kerja. Hasil kerja yang baik disebabkan oleh penguasaan ilmu dan kedisiplinan dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan ketika menghasilkan kinerja yang buruk, itu berarti kamu kurang menguasai pekerjaanmu dan tidak memiliki semangat yang tinggi.

Hal ini jelas kentara, apalagi ketika proses pengerjaannya kamu sudah merasa terbebani dan kurang semangat mengerjakannya. Itu berarti kamu memang berada di bidang yang tidak kamu kuasai atau tidak kamu minati.


Menginginkan pekerjaan lainnya

Ketika bekerja pada bidang yang sesuai denganmu, kamu akan merasa senang mengerjakan tugasmu hingga tuntas. Bahkan, kamu akan mencari solusi ketika pekerjaanmu kurang bisa kamu kuasai. Akan tetapi, jika kamu berada pada bidang pekerjaan yang salah, kamu akan memikirkan  solusi extrim lain. Salah satunya adalah resign.

Misalnya, kamu bekerja sebagai desainer interior, lalu kamu merasa kesulitan mengerjakannya dan mulai tidak bersemangat. Kemudian kamu berpikir bahwa bekerja sebagai admin perkantoran lebih mudah. Inilah pemikiran yang menjadi tanda bahwa kamu bekerja di bidang yang salah.


Selalu ingin cepat pulang

Apa yang kamu rasakan ketika kamu berada pada bidang pekerjaan yang kamu kuasai dan kamu sukai? Kamu akan mengerjakannya dengan senang hati hingga lupa waktu, bahkan kamu merasa kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaanmu saat itu juga. Hal ini berbanding terbalik jika kamu tidak berada pada bidang pekerjaan yang tepat.

Akan ada rasa ingin cepat pulang karena sudah tidak nyaman, sudah tidak bisa menangani tugas-tugas yang diberikan, dan ingin cepat-cepat terlepas dari tugasmu. Itu merupakan perasaan ketika kamu bekerja di bidang yang salah.

Jika selama bekerja kamu mengalami tanda-tanda di atas, maka introspeksi lagi dirimu apakah kamu menguasai bidangmu dan apakah kamu menyukai pekerjaanmu?