5 Skill Baru yang Wajib Kamu Tahu di 2021

5 Skill Baru yang Wajib Kamu Tahu di 2021

5 Skill Baru yang Wajib Kamu Tahu di 2021

Tahun 2020 akan segera berakhir. Tahun ini banyak dihabiskan dengan berada di rumah untuk memutus penularan COVID-19. Nah, kamu para generasi milenial perlu tau skill terupdate yang akan banyak dibutuhkan di tahun 2021.

Manajemen Keuangan

Salah satu pengalaman yang kita dapatkan dari pandemi tahun ini adalah tentang manajemen keuangan. Seperti diberitakan di berbagai media, banyak perusahaan yang terpaksa harus merumahkan karyawan mereka. Ini mengingatkan kamu untuk tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan. Ada baiknya kamu memiliki penghasilan tambahan untuk berjaga-jaga. Untuk mengamankan keuanganmu, kamu bisa mulai menabung dan berinvestasi.

Membuat Konten

Seiring perkembangan internet dan media sosial, kebutuhan akan konten yang menarik dan ‘menjual’ semakin dibutuhkan. Saat ini telah banyak bermunculan content creator yang mengangkat hal-hal menarik dan bisa menghasilkan uang. Skill ini tak bisa dibilang mudah, lho! Karena dibutuhkan kreativitas untuk memproduksi konten, mulai dari konsep hingga menjadi konten yang siap diunggah ke media sosial. Tapi jangan berkecil hati, kamu bisa mulai dengan hal kecil seperti memasak atau apapun yang jadi hobimu. FYP di tik tok aja bisa bikin kamu digaji loh, hehe

Digital Marketing

Saat ini perusahaan-perusahaan, mulai dari yang besar hingga rumahan, bersaing untuk menjual produknya dengan cara promosi di ranah digital. Oleh karena itu skill di bidang pemasaran digital sangat dibutuhkan. Selai meghabiskan lebih sedikit biaya, cara ini dirasa lebih efektif dalam menjangkau target audience.

Skill Bidang Digital

Untuk mendukung pembuatan konten dan digital marketing, diperlukan berbagai skill di bidang digital, mulai dari editing foto dan video, desain grafis, copywriting dan sejenisnya. Skill digital akan banyak dibutuhkan, baik oleh perusahaan ataupun jika kamu ingin membangun usaha kecilmu sendiri. Jadi sebaiknya kamu menguasai skill ini, ya. Jika sudah menguasai kemampuan ini, kamu pun cukup bekerja dari rumah saja sambil terus berkreasi.

Manajemen Diri

Yup, yang terakhir ini wajib banget ada di diri kamu. Boleh saja menjadi seorang yang profesional menguasai suatu skill. Namun semua tak akan berjalan maksimal jika kamu masih suka pesimis, tak bersemangat, dan sering menunda pekerjaan. Jadilah seseorang yang memahami bagaimana dirimu, perbaiki yang masih kurang, dan jadilah pribadi yang lebih baik.

Dari beberapa poin di atas, skill manakah yang ingin kamu kuasai? Atau malah kamu sudah expert di salah satunya? Sampai dimanapun levelmu, jangan pernah lelah untuk belajar hal baru, ya! Hasil tidak akan mengkhianati proses, kok. Selamat menyambut tahun baru 2021!