Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Rekomendasi Universitas Sains di Australia

5 Rekomendasi Universitas Sains di Australia

Kamu bisa kuliah di luar negeri, namun tidak jauh dari Indonesia, yaitu di Australia. Bahkan, kamu bisa memilih jurusan sains dan mendapat fasilitas canggih yang dapat mendukungmu selama menjadi mahasiswa.

Tahukah kamu universitas dengan fakultas sains terbaik ada di Australia? Fakultas sains memiliki berbagai program studi yang luas di dalamnya. Mulai dari pure science sampai sains terapan untuk jenjang master. 

Di Australia, terdapat universitas-universitas sains unggulan yang bisa jadi rekomendasi untukmu. Ditambah dengan peringkat kampus yang baik, jurusannya pun ramai peminat. Nah, berikut ini rekomendasi universitas sains di Australia yang bisa jadi pertimbangan.


The University of Sydney

The University of Sydney terletak di Sydney. Reputasinya cukup memuaskan berada di peringkat ke-38 sebagai kampus terbaik di dunia menurut QS World University Rankings.

Kampus ini memiliki jurusan sains yang cukup luas. Jurusan sains di The University of Sydney antara lain:

  • Mathematical sciences
  • Pure science
  • Sains di bidang kedokteran
  • Liberal arts and science
  • Veterinary biology

 

Flinders University

Flinders University berlokasi di Adelaide. Kampus ini cocok menjadi salah satu rekomendasi kampus dengan jurusan sains. Flinders University menjadi kampus No.1 di Australia dalam Sains dan Matematika jenjang pascasarjana menurut The Good Universities Guide 2020.

Untuk jurusan sains terdapat dua jenis program, yaitu pure science dan psychological science. Kedua program studi tersebut bisa ditempuh masing-masing dalam waktu 3 tahun. Flinders University juga memiliki keunggulan di bagian penelitiannya, meliputi bioteknologi, ilmu forensik dan lingkungan, nanoteknologi, hidrologi air tahan, dan teknologi medis.


Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT University)

RMIT University terletak di Melbourne. Kampus ini jadi salah satu kampus rekomendasi yang sangat bagus untukmu. Menduduki peringkat ke-82 dunia menurut Times Higher Education University Impact Rankings.

Terdapat fakultas sains di RMIT University. Program studi sains yang tersedia adalah applied science, bioteknologi, kimia, ilmu lingkungan, medical science, food science and technology, nanoteknologi, fisika, matematika, statistik, dan analitik, surveying and geospatial science.

Sedangkan untuk fakultas health science terdapat program studi yang luas, meliputi ilmu kedokteran gigi, complementary medicine, keperawatan, medical radiations, farmasi, psikologi, optical dispensing, social work, hingga workplace health and safety.


Curtin University

Di Australia, Curtin University terletak di Perth. Selain itu, kampus ini juga ada di Malaysia, Singapore, Kalgoorlie, Dubai, dan Mauritius. Curtin University memiliki reputasi yang cukup membanggakan. Sebagai Top 1% University menurut Academic Ranking of World Universities 2019.

Curtin University menduduki peringkat ke-2 menurut QS World University Rankings by subject. Terdapat fakultas sains di Curtin University yang di dalamnya ada berbagai pilihan jurusan seperti health science, nutrition and food science, hingga laboratory medicine.


Deakin University

Kampus ini juga termasuk sebagai Top 1% University menurut Academic Ranking of World Universities 2018. Terdapat 4 gedung kampus Deakin yang tersebar di Australia (tepatnya di Melbourne dan Geelong) dan Victoria.

Deakin University memiliki fakultas sains yang menyediakan jurusan ilmu biomedis, ilmu lingkungan, ilmu forensik, dan zoologi dan ilmu hewan. Untuk jurusan-jurusan tersebut di jenjang diploma, dapat ditempuh dalam waktu 8-12 bulan. Ada pula jurusan lainnya, yaitu pharmacology and pharmaceutical sciences.


Dari universitas-universitas dengan jurusan sains di Australia, apakah kamu tertarik dengan salah satunya? Jika kamu tertarik dan memiliki pertanyaan mengenai universitas-universitas tersebut, hubungi saja Vista Education untuk konsultasi.