5 Prediksi Jurusan Paling Diminati di 2020

5 Prediksi Jurusan Paling Diminati di 2020

Berbagai hal dipertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah. Beberapa jurusan menjadi favorit karena dianggap bisa memberikan masa depan yang menjanjikan. Lalu bidang apa saja yang harus membuatmu bersaing ketat dengan banyak peminat? Beberapa diantaranya adalah sebagi beirkut.

1. Ilmu Kesehatan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jurusan kuliah di bidang kesehatan atau medis masih akan menjadi favorit di tahun depan. Beberapa diantaranya yaitu Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Ilmu Gizi, Kebidanan, dan Kesehatan Masyarakat. Bidang ini dipandang memiliki prospek kerja yang menjanjikan, ilmunya aplikatif, dan dibutuhkan di semua tempat mulai dari desa kecil hingga kota besar. Apalagi jumlah tenaga kesehatan saat ini masih terhitung sedikit jika dibandingkan dengan standar jumlah yang  dibutuhkan oleh masyarakaat.

2. Bisnis

Jurusan yang satu ini selalu banyak peminatnya, tak terkecuali tahun 2021 mendatang. Apalagi saat ini banyak perusahaan rintisan yang muncul, sehingga kebutuhan profesional di bidang ini juga meningkat. Beberapa jurusan di bidang Bisnis yang bisa kamu pilih diantaranya  Sistem Informasi Bisnis, Matematika Bisnis, Manajemen Bisnis Unggas, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, serta Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian).

3. IT, Komputer, dan Jaringan

Semakin majunya teknologi membuat jurusan di bidang ini semakin diminati. Apalagi kebutuhan akan skill lulusan jurusan ini semakin terasa saat pandemi. Hal ini karena koneksi internet semakin dibutuhkan untuk menunjang kegiatan yang diselenggarakan secara online. Beberapa jurusan yang bisa kamu pilih di bidang ini yaitu Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Bidang ini juga akan membawamu pada banyak keahlian, misalnya Cloud Computing, Big Data, Cybersecurity, dan Artificial Intelligence.

4. Engineering/Teknik

Ragam jurusan di bidang teknik, seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Alasan mengapa jurusan Teknik selalu ramai peminat sejak dulu adalah karena ilmu dan terapan yang lebih luas. Tak hanya teori, di jurusan ini kamu berkesempatan lebih banyak praktik. Kesempatan bekerjanya pun juga lebih luas. Sehingga risiko menganggur setelah lulus kuliah bisa kamu hindari.  Mahasiswa di jurusan Teknik telah ditempa dengan tugas-tugas dan praktikum yang membuat mereka  tahan banting. Pemikiran yang logis dan analitis merupakan karakter dari lulusan jurusan ini.

5. Desain Komunikasi dan Media

Ilmu desain komunikasi mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik, dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan atau tujuan tertentu melalui media komunikasi. Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus, karena keahliannya akan dibutuhkan di berbagai sektor bisnis. Salah satunya untuk pembuatan konten promosi berupa grafis, foto, dan video.

Mengincar jurusan-jurusan favorit di atas berarti harus siap bersaing dengan ketat, lho! Namanya juga jurusan favorit, pasti peminatnya membludak. Jadi kamu harus menyiapkan dirimu dengan baik. Ada baiknya kamu mengikuti les atau kursus. Jurusan manakah yang menjadi incaranmu?