5 Organisasi atau Kegiatan Internasional yang Bisa Kamu Ikuti

5 Organisasi atau Kegiatan Internasional yang Bisa Kamu Ikuti

Tertarik ikut organisasi internasional? Tingkatkan kemampuan bahasa inggris kamu sekaligus berorganisasi secara global.

Sebagai mahasiswa yang aktif berorganisasi atau baru tertarik untuk berorganisasi kamu wajib tahu 5 organisasi atau kegiatan internasional di bawah ini. Apa sih yang menarik dari organisasi biasa lainnya?

 

1. AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales)

Organisasi ini adalah salah satu organisasi terbesar di dunia yang memiliki anggota sebanyak 27.000 yang berasal dari 2.400 universitas dan 127 negara. Tujuan dibentuknya organisasi AIESEC adalah untuk mengasah kemampuan kepemimpinan anak muda, memberdayakan anak muda untuk perdamaian dan pemenuhan potensi manusia.

Program-program yang ada di AIESEC ada apa saja sih? Ada 3 program AIESEC, yaitu Global Volunteer, Global Talent, dan Global Leader. Program Global Volunteer akan melibatkanmu pada perjalanan luar negeri dan mengerjakan proyek yang dibuat AIESEC.

Program Global Talent merupakan program magang di luar negeri. Sedangkan program Global Leader merupakan program yang cocok bagi kamu yang ingin mengatur organisasi AIESEC.

 

2. MUN (Model United Nation)

MUN merupakan kegiatan akademik simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang dapat diikuti para pemuda dari seluruh dunia untuk belajar mengenai diplomasi, berpendapat, hingga berdiskusi untuk merumuskan solusi-solusi terbaik dalam penyelesaian masalah global.

Berbagai program MUN diselenggarakan setiap tahunnya, yaitu International MUN, Global Millennial MUN, Asia Youth International MUN (AYIMUN), Asia World MUN (AWMUN), Asia Africa MUN, dan lain-lain.

Organisasi ini cocok untuk kamu yang suka berpendapat dan ingin mengetahui masalah-masalah global, terutama dengan bekerja sama dengan negara lain.

 

3. AYFN (ASEAN Youth Friendship Network)

Organisasi ini merupakan platform yang menguntungkan para pemuda di seluruh dunia untuk membangun jaringan. AYFN didirikan di Yogyakarta pada 19 Januari 2010 dengan tujuan sebagai penyedia kegiatan pertukaran pemuda, pengetahuan dan budaya, serta meningkatkan pendidikan dan kesadaran melalui keterampilan dan keahlian anggota.

Terdapat banyak program menarik yang bisa kamu ikuti disini, seperti Community Engagement Program in Chiang Mai, Summer Japan Experience Program, Summer Korea Cultural Camp, dan lain-lain yang telah diadakan pada 2020 lalu.

 

4. YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative Program)

Berikut ini ialah program yang diinisiasi oleh presiden Amerika Serikat pada 2013 lalu. Program YSEALI bertujuan untuk mengumpulkan pemimpin-pemimpin muda di Asia Tenggara untuk berbagi pengalaman, sekaligus menguatkan hubungan antara AS dengan komunitas negara-negara di ASEAN.

YSEALI terbuka untuk negara-negara ASEAN dengan rentang usia dari 18 sampai 35 tahun. Tema dari program ini ialah civic engagement, sustainable development, edukasi, dan pertumbuhan ekonomi. Ada 4 program menarik yang bisa kamu ikuti, yaitu

-          YSEALI Academic Fellows Program

-          YSEALI Generation Workshops

-          YSEALI Professional Fellows Program

-          Seeds for the Future Grants

 

5. IAAS (International Association of Students in Agricultural and related Sciences)

Asosiasi mahasiswa ini bergerak di bidang pertanian terbesar di dunia dengan 30 negara anggta dan lebih dari 10.000 anggota aktif. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk menggerakkan generasi muda agar lebih mencintai pertanian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.

Di Indonesia sendiri, anggota IAAS aktif dan tersebar di berbagai kampus seperti UNDIP, UB, UNPAS, UNLAM, IPB, UNS, UGM, hingga UNRAM. Program ini cocok kamu ikuti karena sebagai mahasiswa yang cerdas dan kreatif mampu mengolah lahan pertanian yang luas di Indonesia supaya potensi alam dapat digunakan secara maksimal.

 

Nah, apa kamu tertarik untuk mengikuti organisasi dan program-program di dalamnya? Jika ingin ikut, kamu bisa mendaftar di laman resminya dengan mudah kok.