Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

5 Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

Enaknya kuliah di negara mana ya? Kamu bisa cek 5 negara terbaik untuk kuliah di luar negeri

Mau kuliah di luar negeri? Sudah mantap dengan jurusan yang kamu pilih? Oke, saatnya untuk memilih negara tujuan. Apakah kamu sudah punya referensi? Atau kamu masih bingung mau kuliah dimana? Yuk kita cek 5 rekomendasi negara terbaik untuk kuliah di luar negeri versi Vista Education. Konsultan pendidikan legendaris di Indonesia.

1. Kanada

Negara Kanada menduduki peringkat 1 di lingkup Amerika Utara dan kualitas mengajar yang berada di peringkat ke-4 sedunia. Kanada terkenal dengan inovasi teknologinya dan biaya kuliah yang jauh lebih rendah dibanding universitas-universitas di USA dan UK.

Banyak mahasiswa ingin kuliah di Kanada karena tingkat kejahatan yang rendah dan kesehatan mahasiswa yang benar-benar diperhatikan. Bahkan, Kanada terjamin termasuk masuk ke dalam 10 besar sebagai negara teraman di dunia dalam Indeks Perdamaian Global. Selain itu, Kanada memiliki berbagai universitas dan college bergengsi seperti UBC (The University of British Columbia), University of Toronto, Centennial College dan masih banyak lagi

2. USA

Asal kamu tahu, USA menjadi salah satu negara tujuan studi yang paling populer di dunia. Di negara ini juga banyak universitas yang berperingkat dalam skala global dan terdiri dari jutaan mahasiswa internasional dari berbagai negara. USA juga menduduki peringkat kedua di dunia untuk akses pengajaran dengan kualitas tinggi.

USA memiliki berbagai universitas yang terkenal, seperti Harvard University, Yale University, dan Stanford University. USA juga punya sederet universitas kenamaan dengan kualitas jempol. Ada American University, University of South Carolina, Utah University, Auburn University dan masih banyak lagi. Jangan lupakan community college maupun pathway di USA. Yap, USA menawarkan community college sebagai alternatif kuliah terjangkau di Amerika. Toh, setelah di 2 tahun di community college, mahasiswa bisa bekerja atau transfer ke universitas. Langsung ke tahun ke 3 alias tanpa harus mengulang jadi maba (mahasiswa baru).

Pilihan community college yang bisa kamu pertimbangkan adalah Diablo Valley Community College, Edmond Community College, San Mateo Colleges of Silicon Valley dll. Pilihan lingkungan belajar di USA juga cukup beragam. Kamu bisa memilih universitas yang ada Washington seperti American University, sepanjang California Bay (pantai), pegunungan atau area asri seperti Auburn. Masalah peluang kerja? Tak perlu ragu lagi. USA punya Silicon Valley yang jadi pusat bisnis dan teknologi.

3. UK

Ini dia negara yang berada di peringkat 1 dalam sistem pengajarannya yang berkualitas. UK memiliki sejumlah universitas ternama seperti University of Oxford, University of Cambridge, Coventry University dll. Mahasiswa internasional tidak hanya memilih negara ini karena penggunaan bahasa Inggris yang mengglobal, tetapi juga kehidupan di perkotaannya yang indah.

Terkenal pula dengan gaya hidupnya yang menarik, mahasiswa dapat menikmati arsitektur kota yang syarat akan sejarah dan kastil yang menawan. Mahasiswa pun kebanyakan memilih kota Edinburgh, Manchester, Glasgow, dan Belfast untuk tujuan studinya.

4. Australia

Negara ini punya kualitas pendidikan yang tinggi setara dengan institusi di UK dan USA, yang terdiri di kota Melbourne, Sydney, dan Brisbane. Dalam kategori pengembangan pribadi, Australia berada di urutan ke -7 dunia.

Siswa internasional yang berminat kuliah di Australia ada sekitar 510.000 siswa. Menurut UNESCO, pelajar internasional yang memilih Australia sebagai tujuan studi meningkat sebesar 12% lho! Hal ini sudah jadi bukti kalau Australia memang punya daya tarik tersendiri untuk menarik minat pelajar internasional.

5. Singapura

Tak usah jauh-jauh, Singapore adalah negara tetangga yang masuk dalam jajaran favorite destinasi kuliah di luar negeri. Meskipun negara kecil, Singapore adalah negara maju, multikultural nan harmonis. Berbagai suku budaya hidup dalam teknologi dan ketertiban dan kebersihan lingkungan.

Banyak universitas di Singapore yang menawarkan double degree atau bekerja sama dengan universitas di UK dan Australia. Alhasil, mahasiswa di Singapore bisa mendapat kurikulum komprehensif dunia bahkan menikmati satu semesternya di negara asal universitas rekanan. Contohnya si PSB Academy yang bekerja sama dengan  La Trobe University , The University of Newcastle Australia, The University of Western Australia dan University of Wollongong, Coventry University, Edinburgh Napier University dan masih banyak lagi. 


Kira-kira negara mana yang akan kamu jadikan tujuan studi nih? Kalau sudah pilih negaranya, kamu bisa dapat rekomendasi kampusnya dengan cara konsultasi bareng Vista Education!