Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Kota di Inggris Dengan Biaya Hidup yang Murah untuk Mahasiswa

5 Kota di Inggris Dengan Biaya Hidup yang Murah untuk Mahasiswa

Informasi Kota-kota dengan biaya hidup termurah di UK

Isunya nih, kuliah di Inggris itu super mahal. Relatif sih. Banyak faktor yang akan mempengaruhi total biaya kuliah dan hidupmu di UK. Secara garis besar, mahasiswa internasional di UK membutuhkan £12,200 atau 230 juta rupiah per tahun. Bahkan mungkin lebih tinggi jika kamu tinggal di daerah London. Tapi jangan khawatir, ada beberapa kota lain di UK yang bisa dibilang jauh lebih affordable. Kota mana sajakah itu?

Newcastle jadi pilihan kota termurah pertama untuk kuliah di UK

Ingin meminimalisir pengeluaran dengan cara dapetin harga sewa tempat tinggal murah? Newcastle jawabannya. Untuk sebulannya, harga sewa tempat tinggal di Newcastle adalah sekitar GBP 300 atau IDR 5,7 juta. Mahasiswa internasional sebagai anak kos di Inggris juga tidak perlu khawatir soal biaya makan. Di Newcastle, kamu hanya perlu siapkan uang sejumlah GBP 140 – 200 atau IDR 2,6 – 3,8 juta per bulan, kamu sudah bisa makan kenyang sebagai anak kos kok.

Di kota ini, transportasi umum jadi andalannya, yaitu metro. Tiketnya dipatok seharga GBP 1,5 atau IDR 29.000 saja. Kalau kamu ingin makan malam di restoran untuk 2 orang, kamu bisa menghabiskan GBP 40 atau sama dengan IDR 770.000. Salah satu universitas terbaik yang ada di Newcastle adalah Newcastle University. 

Belfast Juga tak Kalah Affordable

Di kota Belfast, living expenses-nya 20% lebih rendah dibanding London. Biasanya, mahasiswa yang kuliah di kota ini dapat menghabiskan biaya akomodasi sebesar GBP 36 – 428 atau IDR 700.000 – 1 juta per bulannya. Biaya makan di Belfast rata-rata sebesar GBP 40 atau IDR 770.000 per minggunya.

Menurut NatWest Student Living Index 2020, Belfast menjadi lowest student rent in the UK. Artinya, biaya hidup di Belfast cukup affordable dan cocok bagi para mahasiswa yang ingin tempat studi murah di luar negeri. Universitas pilihan di daerah Belfast adalah Queen's University Belfast. 

KULIAH DIUK, KULIAH MURAH DI UK

Sheffield di Urutan Ketiga Termurah untuk Kuliah di UK

Sebagai kota terbesar ke-4 di Inggris, Sheffield masih termasuk ke kota dengan biaya hidup yang murah lho. Biaya hidupnya lebih rendah 25% daripada kota di Inggris lain. Akomodasinya hanya membutuhkan biaya sekitar GBP 500 atau IDR 9,6 juta per bulan.

Biaya makan dan transportasi lokal per bulannya mencapai kurang lebih GBP 155 atau IDR 2,9 juta. Kamu berminat untuk nonton bioskop di Sheffield? Biaya dua tiket ke bioskop di Sheffield adalah sebesar GBP 22 atau IDR 423.000. Beberapa universitas terbaik di Sheffield adalah University of Sheffield, Sheffield college dan Sheffield Hallam University

Cardiff Masuk Juga Lho!

Jauh lebih murah 41% dibanding Inggris, Cardiff cocok untukmu yang ingin jadi anak kos paling irit. Harga jual maupun sewa rumah di Cardiff cukup murah kok. Menurut UK Visas and Immigration, biaya hidup di Cardiff selama sebulan sebagai anak kos adalah GBP 1.023 atau IDR 19 juta. Biaya tersebut sudah termasuk sewa rumah, listrik, internet, air, makanan, buku, laundry, telepon, hingga pakaian.

Tapi, kalau kita mungkin juga bisa menekan biaya hidup hingga kurang dari itu, bukan? Karena sudah terbiasa hidup dengan biaya yang cukup murah di Indonesia, kamu bisa menangani biaya hidup di Inggris. Universitas terbaik di Cardiff yang siap menyambutmu adalah Cardiff University dan Cardiff Metropolitan University. 

Liverpool Bisa Jadi Pilihan Terbaik 

Kota ini punya biaya hidup yang lebih murah dibanding kota-kota lainnya. Untuk biaya hidup sehari-hari, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar GBP 6.000 – 8.000 atau IDR 115,6 – 154,2 juta per tahunnya. Biaya hidup tersebut sudah termasuk akomodasi, makanan, dan perjalanan lokal.

Banyak pelajar yang suka ngopi asik di Liverpool nih. Apa harganya mahal? Tidak, kamu tidak perlu menguras kantong untuk nongkrong di coffee shop. Rata-rata harga menu di coffee shop di Liverpool adalah GBP 15 atau IDR 289.000 untuk 2 orang. Jika kamu mantab ingin kuliah di Liverpool, pertimbangkan beberapa universitas keren berikut: Universitas Liverpool, Liverpool John Moores University dan Liverpool Hope University

Ragu mau daftar di universitas yang ada di Inggris? Vista Education dapat membantumu memberikan rekomendasi jurusan maupun kampus yang cocok buat kamu. Yuk klik icon kuda yang bawa HP di bawah atau isi form konsultasi!