5 Ketakutan Terbesar Kuliah di Luar Negeri dan Tips Menghadapinya

5 Ketakutan Terbesar Kuliah di Luar Negeri dan Tips Menghadapinya

Sebagian orang memiliki kekhawatiran yang biasa dirasakan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Berikut ini cara menghadapinya.

Apa yang kamu khawatirkan saat ingin kuliah di luar negeri? Takut jauh dari keluarga, tidak bisa mencari teman, atau yang lainnya? Buang jauh-jauh pikiran tersebut karena kamu bisa menghadapi kekhawatiran tersebut dengan cara-cara berikut ini.

 

1. Takut jauh dari keluarga dan hidup sendiri

Apapun itu, langkah pertama memang menjadi hal tersulit. Begitu juga kuliah di luar negeri. Hari-hari awal di negara orang tentu akan membuatmu kurang nyaman. Culture shock atau perbedaan budaya sering menjadi hambatan tersendiri. Makanan yang kurang sesuai dengan lidah jadi masalah lain.  Apakah wajar untuk bersedih sesaat? Tak apa! Semua orang akan mengalaminya. Jangan lawan perasaan itu lalu bersemangatlah kembali. 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Membawa makanan kering dari Indonesia
  • Melakukan research atau berkonsultasi dengan tim konsultan Vista Education. Mereka biasa memberikan masukan hal apa saja (do and don't) yang perlu kamu tahu di negara tujuan
  • Mengenal lingkungan, pergi ke pusat perbelanjaan atau ke taman kota terdekat di minggu-minggu pertama kamu tiba

Sebenarnya, hidup sendiri di luar negeri pun tidak masalah. Kamu bisa berpetualang, bereksperimen dengan hal-hal baru. Beradaptasilah secara perlahan, cari teman baru dan ingat tujuan awalmu berangkat. Percayalah, kamu akan cepat terbiasa dan selamat merangkai kenangan indah disana ya!

 

2. Takut mencari teman baru

Salah satu tantangan yang akan kamu hadapi ketika beradaptasi dengan lingkungan adalah mencari teman. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membahagiakan dirimu sendiri. Jika kamu senang, maka aura yang kamu pancarkan-pun adalah sosok yang fun. Males kan kalau mau ajak kenalan orang tapi dianya suram dan murung. 

Kamu juga bisa mulai terbuka dengan kelompok sosial dan berani untuk memulai percakapan. Kamu boleh mencari tahu topik hangat apa yang sedang jadi buah bibir. Kamu juga wajib cari tahu hal tabu apa saja yang biasanya dihindari untuk menjadi topik. 

Agar kamu lebih aktif dalam bersosialisasi, kamu bisa mengikuti program study club. Selain itu, tetaplah menjadi diri sendiri dan tidak sok tahu ketika berbicara dengan orang lain. Dengarkan dulu kata-kata temanmu dan beri tanggapan yang sewajarnya.

 

3. Takut tidak bisa mengikuti proses perkuliahan dengan baik

Mungkin karena perbedaan bahasa dan sistem pendidikan ya? Ayo kurangi rasa insecure-mu dengan lebih percaya diri. Kamu bisa ambil les Bahasa Inggris di Vista English jika merasa kemampuanmu masih kurang. Kamu juga bisa tanya-tanya dulu ke senior atau konsultan pendidikan Vista Education tentang model belajar di sana. Banyak universitas yang punya international student services kok. Mereka memberi pelatihan bahasa sekaligus pelatihan mata pelajaran. Tetap semangat!

 

4. Takut LDR sama doi

Punya pacar, tapi ingin kuliah di luar negeri? Kamu takut LDR, bahkan sampai ingin memutuskan hubungan? Eits, tenang! Kamu tetap bisa menghubunginya secara rutin dan berkirim pesan lewat aplikasi. Kamu juga masih bisa melakukan panggilan video dengan doi kamu untuk menyembuhkan rasa kangen.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berpamitan dengannya secara baik-baik. Pastikan kamu membuatnya percaya bahwa kamu akan tetap mengabarinya dan tetap jaga mata, jaga hati. Toh kuliah di luar negeri juga demi kebaikan kalian. Pasangan yang baik akan selalu mendukung impian partner-nya bukan?

 

5. Takut biaya mahal

Tidak semua biaya kuliah di luar negeri itu mahal, tergantung dimana negara tujuanmu. Untuk mengatasi biaya mahal, kamu bisa mendaftar beasiswa saja yang diadakan oleh kampus atau melalui perantara dari suatu lembaga.

Cara lain untuk mengatasi kekhawatiran biaya kuliah yang mahal, kamu bisa mulai bekerja part-time saat kuliah di negara tujuanmu. Cari informasi mengenai sistem kerja part time di sana atau bekerja freelance di negara tersebut.

Nah, apa kamu sudah mulai menemukan titik terang? Tak perlu ragu lagi jika kamu ingin kuliah di luar negeri karena kamu bisa konsultasi dulu dengan Vista Education yang siap memberimu saran cara kuliah di luar negeri tanpa mencemaskan banyak hal.

Ayo gabung juga ke WORLDWIDE EDUCATION FAIR 2021. Pameran pendidikan online terbesar bertabur bintang tamu dan universitas keren. Kamu bisa mendapat informasi komplit tentang kuliah di Luar Negeri bahkan konsultasi langsung. Klik informasinya di sini.