Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Ide Perkenalan Diri Berbahasa Inggris

5 Ide Perkenalan Diri Berbahasa Inggris

Tips perkenalan dengan Bahasa Inggris

Memperkenalkan diri adalah hal yang lazim dilakukan jika kita berada pada lingkungan baru. Biasanya sih saat berkenalan dengan seseorang, masa orientasi mahasiswa, atau saat wawancara pekerjaan. Memperkanalkan diri juga sering dilakukan dengan berbahasa Inggris. Apalagi saat mencari kerja. Selain untuk memperlihatkan kecakapan yang kita miliki, bukankan memakai bahasa Inggris akan membuat kita makin keren? Hehe. Tapi, perkenalan dengan bahasa Inggris juga ada aturannya loh. Kamu harus memperhatikan situasi dan siapa yang sedang kamu hadapi. Yuk, Simak 5 ide perkenalan diri berbahasa Inggris berikut.

Perkenalan diri dengan orang asing

Sedang berada di sebuah acara lalu ingin mencari teman? Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk memulai percakapan dalam Bahasa Inggris. Tapi tetap sesuaikan dengan situasi, kondisi dan orang yang kamu ajak bicara ya.

  • Hi, how do you do?
  • Hi, I am Mateo. What’s your name? 
  • Nice to meet you. How are you?
  • Where are you from?
  • Is it the first time you come here? What do you think of this city? 
  • I worked as an analyst in a software company. I had worked there for 2
  • years. What about you?

Perkenalan diri di depan kelas

Masa pengenalan kampus atau ospek adalah masa-masa awal menjadi mahasiswa baru. Tentu akan ada sesi perkenalan, baik dengan guru, kakak tingkat, dan sesama teman. Nah, kamu bisa mempekrnalkan diri seperti ini: 

“Hello everyone. I would like to introduce myself. My name is Ida Ayu Saraswati. You can call me Saras. I am 19 years old. I am from Bali. I live at Pattimura Street Number 109, with my parents and two siblings. My hobbies are watching movies, traveling, listening to music, and playing games. Hope I can be a good friend. Thank you for the time.”


Perkenalan saat wawancara kerja

Ide kali ini cocok banget untuk kamu yang ingin melamar kerja di perusahaan asing atau menjadi guru di sekolah internasional. Jangan bingung kalau kamu mendengar “Tell us about yourself!” saat sesi inteview. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu sampaikan saat diminta mengenalkan diri:

Who you are 
Ceritakan tentang siapa kamu, khususnya berhubungan dengan profesimu.

Why you are qualified
Jelaskan tentang pekerjaanmu sebelumnya dan ceritakan hal apa saja yang membuatmu memenuhi kreteria untuk direkrut.

Why you are here 
Jelaskan hal yang bisa kamu berikan pada perusahaan yang kamu lamar.

Contohnya adalah sebagai berikut:

“Hello, my name is Anisa. I am 20 years old. I am a recent Indonesia MBA graduate and I have a strong background in teaching English to young learners. I am so passionate about teaching and dealing with young learners especially primary students age 6 to 12. While being a university student, I was working as a part-time teacher in a primary school. I enjoy teaching young learners because I want to help them to do anything themselves. Now I want to help children in this school to reach their potentials and that really excites me.”


Perkenalan sebagai karyawan baru

Melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris sebagai karyawan baru terkadang memang bikin nerveous alias dag-dig-dug. Kamu harus melakukan perkenalan singkat di hadapan para staf perusahaan. Perkenalkan dirimu dengan sopan, ya, seperti ini misalnya:


“Good morning, everyone. Thank you for the time given to introduce myself. My name is Melisa, so you can call me Lisa. I am from Surabaya. I am a fresh graduate of Airlangga University. Before working here, I had worked at a public university as a public relations officer. I hope we can work as a great team here. Thank you.”


Perkenalan diri saat mengawali presentasi atau rapat

Saat menjalani perkuliahan, mungkin kamu akan dihadapkan pada kondisi harus mempresentasikan suatu materi. Begitu juga di dunia kerja, mungkin suatu saat kamu diminta untuk memimpinsebuah rapat. Ini dia contoh perkenalannya:

"Good morning ladies and gentlemen. How are you? I am so excited today because we are going to talk about a plan of our company anniversary. I am Dion Prasetya who will moderate this meeting."

Kamu harus bisa memperkenalkan dirimu dengan baik untuk memulai komunikasi dalam bahasa Inggris. Sesuaikan ide-ide perkenalan diri di atas dengan memperhatikan situasi dan lawan bicaramu ya. Selamat mencoba!

Jika kamu sedang mencari informasi les Bahasa Inggris atau untuk persiapan TOEFL/IELTS test, ayo hubungi Vista English aja. Tak hanya kasih ide perkenalan bahasa Inggris yang keren, kami juga siap membuat kemampuan bahasa Inggrismu naik pesat. Tentu saja, beda dengan tempat lain. Disini kelas akan berjalan dalam skala kecil tapi efektif dan menyenangkan. Kelas online juga ada loh. Yuk kepoin dulu