5 Ide Merayakan Natal di Masa Pandemi

5 Ide Merayakan Natal di Masa Pandemi

Pandemi masih menghantui, ayo rayakan natal dengan lebih hangat dengan cara ini

Baru-baru ini kasus konfirmasi positif COVID-19 semakin meningkat, bahkan mencapai angka 8000 lebih kasus per hari. Hal ini membuktikan bahwa masa pandemi belum akan berakhir. Masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas, tak terkecuali saat beribadah. Apalagi  libur Natal sudah ada di depan mata. Natal tahun ini mungkin akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi kamu tetap harus punya banyak cara merayakan Natal agar tetap seru. Yuk, simak beberapa cara merayakan momen Natal di tengah pandemi!

1.Mengikuti ibadah secara daring

Sesuai dengan pernyataan Menteri Agama apabila di lingkungan rumah ibadah terdapat kasus penularan COVID-19, maka rumah ibadah tersebut tidak dibenarkan menyelenggarakan ibadah secara berjamaah atau kolektif. Perayaan Natal dapat disiarkan secara daring dengan tata ibadah yang disiapkan oleh pengurus dan pengelola rumah ibadah. Jika memungkinkan untuk beribadah di gereja, maka jumlah jamaah tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas rumah ibadah.

2. Menghias rumah

Kamu bisa melakukan kegiatan yang seru agar malam Natal di rumah semakin meriah dan tetap terasa spesial, salah satunya menghias rumah dengan ornamen-ornamen natal. Tempatkan juga pohon cemara di sisi ruangan agar suasana Natal semakin terasa. Kamu bisa menghiasnya dengan pernak-pernik yang kamu beli di online shop atau memanfaatkan apa yang ada di rumah. Jika tahun lalu hanya mengandalkan ibu atau ART saja, ayo agendakan hias rumah bersama seluruh anggota keluarga tahun ini. Percaya deh, pasti lebih seru dan mengena. 

3. Masak dan makan bersama di rumah

Pandemi membuat kita tidak dapat berkumpul dengan banyak orang sehingga menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah adalah pilihan yag tepat. Salah satu kegiatan yang seru adalah memasak dan makan bersama. Kamu bisa buat mini garden party. Bikin bakar-bakaran juga ide bagus tuh. Apalagi sekarang banyak resto bisa kirim bahan dan alat untuk grill di rumah sendiri.Setelah itu kamu dan keluarga bisa mengisi waktu dengan bermain games atau bertukar kado. Aman, sehat dan menyenangkan bukan?

4.  Hindari mengundang orang lain

Mungkin kamu berpikir tidak banyak orang yang datang dalam acara Natal sederhana yang kamu buat. Namun itu tidak berarti acaramu aman. Karena semakin banyak orang yang masuk ke dalam rumah, semakin tinggi pula kemungkinan terbawanya virus dari luar. Akan semakin sulit juga untuk menjaga jarak sosial. Jadi lebih baik hindari untuk mengundang orang dari luar. Biarkan tahun ini menjadi tahun yang lebih hangat bersama keluarga inti ya. 

5. Staycation ( Tapi wajib taat protokol kesehatan ya) 

Tips ke 5 ini bisa kamu lakukan dengan melakukan riset serta disiplin diri. Kamu dan keluarga harus memilih hotel yang benar-benar aman. Contoh :

  • Saat makan di resto, pengambilan makan harus dibantu oleh staff hotel. Kapasitas di restoran juga harus dilimit.
  • Penggunaan kolam renang dibatasi dan dengan syarat ketat

Kamu dan keluarga juga wajib konsisten. Perayaan natal atau tahun baru hanya boleh di kamar atau area hotel aja ya !

Meskipun kamu tidak bisa bebas kemanapun pada Natal tahun ini, kamu tetap bisa menciptakan Natal yang mengesankan dengan beberapa kegiatan di atas. Kamu tidak boleh lelah menerapkan protokol kesehatan agar aman dari COVID-19. Well, Selamat menyambut Natal dan Tahun Baru, ya!