Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Cara Cepat Beradaptasi Saat Kuliah di Luar Negeri

5 Cara Cepat Beradaptasi Saat Kuliah di Luar Negeri

Salah satu tantangan kuliah di luar negeri adalah lolos masa adaptasi. Ayo cari tahu tipsnya disini

Kuliah di luar negeri memang menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri. Stage 1 yang harus kamu lewati adalah masa beradaptasi. Yak, bukan masa yang menyenangkan memang. Tapi akan berbuah manis dan meningkatkan kualitas pribadimu kelak. Kamu hanya  membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan sekitar. Bisa berupa bahasa, kebiasaan, iklim, hingga makanan. Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar dapat beradaptasi saat kuliah di luar negeri dengan cepat? 

Cepat beradaptasi dengan menguasai bahasa sehari-hari disana 

Sebagai pendatang baru, mungkin kamu tidak mengerti istilah-istilah yang digunakan sehari-hari disana. Misalnya di Australia, istilah barbie adalah plesetan untuk barbeque, kata sparkie yang jadi plesetan untuk teknisi listrik. Sangat berbeda dari arti aslinya bukan?. Contoh lain adalah untuk kamu yang ingin kuliah di Korea. Mereka yang ingin kuliah di negaranya BTS dan EXO ini biasanya sudah mantengin The Penthouse atau drama korea lain. Jadi setidaknya kita sudah punyu gambaran bagaimana kuliah di Korea. Setidaknya, kita juga sudah cukup paham dimana membeli makanan murah enak dan cara membayarnya. Intinya, secara perlahan pelajarilah beragam istilah yang mereka gunakan. Hal-hal apa yang biasa orang lokal lakukan. Jika tidak mengerti kamu bisa bertanya pada teman-temanmu. Beranikan diri untuk bicara, agar pergaulanmu semakin luas. 

Memulai Pertemanan bikin Kuliah di Luar Negeri Makin Menyenangkan

Pertemanan yang tepat akan membuatmu beradaptasi dengan lebih mudah. Temukan teman yang sama-sama berasal dari Indonesia. Homesick-mu akan sedikit terobati dan kamu juga bisa belajar dari pengalaman mereka selama masa adaptasi. Kalau tidak bertemu dengan sesama pelajar Indonesia, tetaplah mencoba berbaur dengan kelompok teman dari kalangan pelajar internasional. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan beberapa teman yang cocok denganmu. 

Hindari overthinking ya ~

Saat beradaptasi di lingkungan baru, biasanya ada hal yang tidak mengenakkan yang membuat pikiranmu tidak tenang. Mungkin terjadi karena interaksimu dengan orang lain, kenyataan yang tidak sesuai dengan keinginanmu, atau kecemasan yang berlebihan tentang kemampuan akademismu nanti. Namun daripada overthinking, sebaiknya lakukan hal-hal lain yang menyenangkan . Yakinlah semuanya tidak seburuk yang kamu pikirkan. 

Mumpung sudah di luar negeri, mengapa tak mulai untuk travelling? 

Cara lain untuk cepat beradaptasi saat kuliah di luar negeri atau jalan-jalan. Iya, gak salah baca kok. Kamu bisa mulai berkeliling di area kampus, ke pusat perbelanjaan terdekat atau mutermuter aja naik kendaraan umum. Travelling akan membuatmu lebih rilex. Enaknya lagi, gak ada yang omelin biar cepet pulang kan? Hehe bercanda. Jangan lupa ajak teman dan amati rute dengan baik. Faktor keamanan jangan sampai lengah ya 

Tetap lanjutkan hobimu kawan! 

Kamu gemar bermain musik atau berolahraga selama di Indonesia? Gapapa, bagus loh! Kamu bisa menjadikannya sebagai bekal untuk cepat membaur. Langkah pertama adalah dengan masuk ke student club atau extrakurikuler. Tak ada yang lebih menyenangkan selain bertemu dengan teman sehobi dan sefrekuensi bukan? 

Semua proses itu pasti membutuhkan waktu. Tak terkecuali waktu-waktu awal kuliah di luar negeri. Culture shock dan home sick akan menjadi cerita lucumu di kemudian hari. Ayo jangan ragu. Kuliah di luar negeri begitu worth it untuk diperjuangkan. Jika kamu membutuhkan bantuan ahli untuk mendampingimu, kontak konsultan Pendidikan Vista Education ya 

 

Kamu juga bisa bergabung dalam TOP 5 Education Fair 2021 untuk informasi lengkap dan update kuliah di luar negeri. Cek infonya di SINI