3 Perusahaan di Silicon Valley yang Menerima Mahasiswa Magang

3 Perusahaan di Silicon Valley yang Menerima Mahasiswa Magang

Kamu ingin punya CV anti gagal saat lulus nanti? Coba magang di Silicon Valley

Silicon Valley adalah sebuah tempat yang berlokasi di Amerika, tepatnya terletak di selatan San Fransisco, California. Silion Valley pertama kali bergeliat berkat lulusan Stanford University, Hewlett dan Packard.Mereka adalah pendiri perusahaan merk HP pada tahun 1939.  Perusahaan gadget ini berkembang pesat. Kesuksesannya disusul oleh banyak perusahaan tekonlogi lain. Hingga kini, Silicon Valley menjadi kawasan industri yang menampung 2.000 perusahaan teknologi, seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Twitter, Tesla, dan Yahoo.

Silicon Valley juga dianggap menjadi salah satu daerah bisnis yang aman di Amerika. Ya gak heran ya, hampir sebagian besar penduduknya adalah para profesional. Kira-kira kalau nongkrong di cafe daerah ini, bahasan yang akan sering kamu dengar adalah seputar start up bisnis dan teknologi ya? hehe

Apakah perusahaan-perusahaan keren ini membuka kesempatan internship juga? Tentu saja! Mereka justru sangat menanti ide-ide fresh dari para mahasiswa terpilih. Calon pemagang di Silicon Valley juga tak sedikit. Persaingan yang ketat dianggap sebanding dengan pengalaman dan outstanding CV yang akan kamu dapat nanti.

Apa saja sih perusahaan di Silicon Valley yang menerima mahasiswa magang? Berikut ini daftarnya :

Facebook

Media sosial yang terkenal hingga seluruh dunia ini menjadi salah satu perusahaan teknologi yang menerima mahasiswa magang dengan gaji tertinggi. Menurut Glassdoor, rata-rata mahasiswa magang menerima gaji per bulannya adalah US$ 8000, setara dengan Rp 114 juta. 

Dikutip dari comparably.com, Facebook menawarkan world-class mentors, system dan budaya kerja yang menyenagkan dan peluang mengembangkan diri tak terbatas

Google

Pada tahun 2021 ini, Google menyelenggarakan lebih dari 200 sesi orientasi dan 300 acara khusus untuk calon mahasiswa magang. Google pun meluncurkan Hash Code versi khusus magang sebagai wadah kompetisi bagi para mahasiswa lho!

Angka gaji perusahaan Google ini berada di bawah Facebook, namun masih terbilang cukup besar lho, yaitu US$ 7.500 atau setara dengan Rp 106 juta per bulan. Kabarnya, 97% mahasiswa magang di Google merasa puas dengan pengalaman kerja langsung di kantornya.

Mozilla

Mozilla merupakan salah satu perusahaan penggerak open source terbesar di dunia. Ketika magang di Mozilla , mahasiswa akan mendapatkan mentor yang bertugas mendampingi dan mensuport langsung. Hal yang cukup menyenangkan ketika magang disini adalah mahasiswa dapat merasakan fasilitas bermain yang bisa digunakan sesuka hati.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji yang diterima pekerja magang di Mozilla mulai dari US$ 6.000 yang setara dengan Rp 84 juta, hingga US$ 10.000 yang setara dengan Rp 142 juta. Sudah ada mahasiswa yang berhasil lolos menjadi mahasiswa magang di Mozilla lho, salah satunya adalah Farishki Vidyan dari Universitas Indonesia.

Bagaimana cara magang di Silicon Valley?

Tergantung dari posisi apa yang sedang dibuka. Umumnya, kamu perlu mengisi aplikasi yang berisi data diri (mirip CV). Data ini mencangkup informasi personal, jurusan yang sedang kamu ambil dan asal universitas. Setelah itu, kamu akan mendapat serangkaian tes untuk menguji kompetensi. Terakhir adalah proses interview.

Jurusan dan universitas asal menjadi proses pertama yang krusial. Jika kamu ingin lolos ke tahap selanjutnya, kamu wajib memiliki CV yang impresif dong. Salah satu caranya adalah dengan kuliah di luar negeri. Boleh juga di area California Bay. Siapa tahu makin dekat , kesempatanmakin terbuka lebar