3 Keuntungan Kuliah Double Degree di Singapore

Kuliah di Singapore memang paling untung. Baca ulasanya di sini jika ingin berdiskusi, langsung hubungi konsultan Vista Education ya

Apa kamu pernah atau bahkan sering mendengar tentang double degree? Sebenernya apa, sih, double degree itu? Apa saja manfaatnya buat mahasiswa? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Double degree atau gelar ganda adalah:

gelar akademik yang diserahkan oleh dua perguruan tinggi atau lebih dari berbagai negara dengan satu gelar penghargaan yang diakreditasi bersama oleh masing-masing institusi
gelar yang diberikan oleh dua perguruan tinggi atau lebih dari berbagai negara dengan dua gelar individu (atau lebih) yang diberikan, dan masing-masing telah diakreditasi oleh institusi
Singapore punya banyak perguruan tinggi yang bermitra dengan perguruan tinggi luar negeri untuk menyelenggarakan program double degree. Misalnya TMC Academy, NUS, dan Kaplan Singapore. Bahkan, banyak pula kampus luar negeri yang memiliki cabang di Singapore, seperti Curtin University. Nah, ini dia keuntungannya kalau kamu menempuh double degree di Singapore:

Memungkinkanmu kuliah di dua negara

Sistem kuliah double degree bermacam-macam. Selain menjalani perkuliahan dengan kurikulum perguruan tinggi mitra, kamu juga berkesempatan untuk bisa belajar di luar Singapore, lho. Misalnya jika kamu memilih program di Kaplan Singapore yang bekerja sama dengan Birmingham City University, maka kamu akan belajar selama 4 bulan di Inggris dan kembali ke Kaplan untuk menyelesaikan program Sarjana. Namun, ada pula sistem yang mengatur bahwa kamu bisa mendapat gelar ganda dari dua kampus hanya dengan stay di Singapore. Masing-masing pasti akan menjadi pengalaman seru yang tidak bisa kamu lupakan. 

Memiliki pengalaman belajar yang lebih banyak

Kurikulum jurusan dari kedua kampus tentunya berbeda, seperti dari sisi aktivitas pembelajaran di kelas, praktikum, dan materi yang diajarkan oleh dosen dengan masing-masing style-nya. Kamu dapat memetik banyak pelajaran dan pengalaman dari aktivitas kuliah double degree-mu ini. Kamu akan sering mendengar pendapat dan persepsi orang lain, khususnya di dua kampus yang berbeda dengan tipe pemikiran dan problem solving yang berbeda pula. Hal ini akan membuatmu dapat melihat dan menilai suatu permasalahan dari sudut pandang yang objektif.

Memperluas relasi

Double degree akan memperkaya jaringan sosialmu. Kamu akan memiliki relasi yang luas dari berbagai negara. Pandai-pandailah menjaga hubungan baik itu. Karena siapa tahu salah satu dari mereka, entah teman atau dosenmu, akan membuka jalanmu menuju sukses di masa depan. Bisa berawal dari project yang dikerjakan bersama atau merintis bisnis bersama.

Pemerintah Singapore mengalokasikan dana yang begitu besar untuk pembangunan pendidikan. Tidak hanya untuk warga negaranya, Singapore juga mendukung pelajar dari negara-negara tetangganya. Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau ambil program double degree karena lingkungan belajarnya sangat kondusif dengan berbagai fasilitas pendukung. Beberapa kampus juga menyediakan beasiswa, lho. Double degree dengan biaya lebih hemat? Singapore pilihannya!