15 Jurusan Seni & Literatur dengan Prospek Terbaik

Rekomendasi Jurusan Seni & Literatur Terbaik

Memilih jurusan kuliah memang tidak bisa sembarangan. Selain memilih yang sesuai dengan minatmu, kamu juga harus mempertimbangkan prospek karir kedepannya. Makanya banyak banget siswa yang konsultasi dulu dengan tim dari Vistaeducation sebelum ambil keputusan. Kalau kebetulan kamu kreatif dan berjiwa seni, kamu berada di laman yang tepat. Berikut ini beberapa jurusan Seni dan Literatur yang dipandang memiliki prospek menjanjikan di masa mendatang.

Seni Musik
Jurusan Seni Musik mempelajari bagaimana meneliti, merancang, dan menyajikan musik. Diantaranya mencakup vokal, alat musik, pertunjukan musik, hingga sejarah musik. Karir yang ditawarkan industri musik sangat beragam, seperti menjadi seorang musisi, musikolog pencipta musik, dan pengajar vokal/instrumen musik. Kamu juga bisa terlibat dalam produksi film sebagai penata musik.

Seni Rupa
Peluang kerja yang menjanjikan telah menanti kamu sebagai lulusan seni rupa. Selain masuk ke industri kreatif, kamu juga akan dibutuhkan di industri media dan periklanan. Kalau ingin terjun di dunia pendidikan pun bisa banget, lho. Beberapa profesi yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya illustrator, kurator, desainer produk, fotografer, display designer (derchandiser), dan pembatik.

Seni Tari
Belajar di jurusan ini tidak hanya membuat koreografi, namun kamu juga harus sering menyaksikan pagelaran tari, baik tradisional ataupun kontemporer. Kamu akan menyelesaikan tugas koreografi, melengkapi kostum dan aksesoris tari, hingga menjadikanmu lihai bertata rias wajah. Pilihan karir untukmu di masa depan juga cukup beragam. Sebagai lulusan jurusan seni tari kamu bisa menjadi seorang penari profesional, guru tari, sampai makeup artist.

Televisi dan Film
Dunia perfilman Indonesia sedang berkembang saat ini. Sehingga peluang bisnis ini semakin menjanjikan bagi insan perfilman. Kesempatan berkarier di bidang ini pun semakin terbuka lebar. Begitu pula dengan industri pertelevisian. Beberapa pilihan karir untukmu diantaranya di bidang broadcast Film dan Televisi, desain program, pembuatan film, serta pengamat dan kritikus film.

Fotografi
Fotografi mempelajari bagaimana mengambil gambar baik  secara sengaja maupun tidak dalam rangka menciptakan sebuah seni atau merepresentasikan suatu pesan. Kamu akan mempelajari komposisi, pencahayaan, dan momen yang tepat. Saat ini fotografer semakin dibutuhkan, misalnya untuk mengabadikan momen, foto produk, dan foto profil perusahaan.

Sastra Korea
Apakah kamu termasuk seorang penggemar K-Pop? Atau suka nonton drama korea? Mungkin kamu akan senang jika masuk di jurusan ini. Segala hal mengenai Korea akan kamu pelajari. Saat ini banyak ekspansi perusahaan Korea di Indonesia sehingga akan membuat lulusan jurusan Sastra Korea semakin dibutuhkan.

Sastra Cina
Tiongkok adalah salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Banyak perusahaan asal Tiongkok yang membuka cabang di negara kita. Kerjasama antara kedua negara juga semakin erat. Itulah yang membuat lulusan jurusan ini semakin dibutuhkan di berbagai bidang usaha, bahkan juga di lingkup pemerintahan.

Sastra Arab
Selain membekali mahasiswanya dengan keterampilan berbicara, menulis, dan mendengarkan bahasa Arab, kamu juga akan mempelajari sastra, bahasa, dan kebudayaan Arab secara mendalam. Nantinya kamu bisa menjadi seorang penerjemah lisan (interpreter), penerjemah tulisan (translator), guru bahasa Arab, atase perdagangan luar negeri, konsultan pendidikan, sampai pramugari/pramugara.

Desain Produk
Desain produk mempelajari pembuatan produk untuk kebutuhan manusia secara inovatif. Kamu akan mempelajari bagaimana membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, serta bernilai ekonomis. Nantinya kamu bisa menjadi seorang desainer produk atau menjadi creativepreneur. Jka kamu memilih pilihan kedua otomatis kamu juga berperan dalam membuka lapangan kerja baru. 

Desain Interior
Kamu akan mempelajari tentang perancangan dan perencanaan penataan suatu ruang bangunan dari sisi fungsi, estetika, serta sisi psikologis dan kenyamanan pengguna ruangan. Lulusan jurusan ini tidak hanya menjadi seorang desainer interior atau konsultan interior. Namun bisa juga bergabung dengan perusahaan sebagai teknisi interior atau pengawas konstruksi. Banyak juga perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi, seperti PT. Wijaya Karya (Persero) dan PT. Adhi Karya (Persero).

Desain Fashion
Kamu akan mempelajari cara merancang busana, membuat pola, menjahit, hingga memilih bahan untuk busana rancanganmu. Seorang fashion designer biasanya akan menjadi pebisnis di industri fashion. Dengan brand yang dimilikinya dan berbekal banyaknya pengalaman, fashion designer juga dapat membuat rancangan tas, sepatu, dan produk fashion lainnya. Seorang fashion designer juga bisa bekerja di perusahaan pembuat pakaian “ready to wear” atau brand ternama lainnya.

Tata Rias dan Kecantikan
Jika memilih jurusan ini, kamu akan mempelajari struktur wajah, jenis-jenis alat kecantikan, dan teknik menghias wajah. Tren kecantikan pun selau berubah setiap tahunnya. Selain menjadi seorang makup artist kamu bisa memilih karir sebagai Penata Pengantin (Wedding Stylist), Sales Wedding Organizer, Jurnalis Fashion, Trend Analyst, Pengarah Gaya (Fashion Stylist).

Sastra Jepang
Nantinya kamu bisa berkarir di perusahaan internasional, seperti perusahaan ekspor-impor, lho! Sedangkan di ranah korporat kamu bisa memilih beberapa divisi, seperti receptionist, public relations, marketing, dan interpreter pada industri asing maupun dalam negeri. Kamu juga bisa berkarir di media massa, instansi pemerintah, pengajar, bahkan dalam ranah budaya dan seni.

Sastra Perancis
Bahasa Perancis digunakan pada banyak literatur ilmu sosial, seni, dan desain. Kamu akan mempelajari sejarah, budaya, dan sastra negara Perancis dan negara-negara berbahasa Perancis lainnya. Tidak sedikit lulusan jurusan ini yang pada akhirnya memutuskan bekerja di Perancis. Selain itu kamu juga bisa menjadi pemandu wisata, penerjemah tulisan, penerjemah lisan, atau pengajar.

Sastra Rusia
Peluang di jurusan ini terbilang menjanjikan karena jumlah lulusannya masih langka. Bahkan, di Indonesia hanya ada dua kampus yang menawarkan jurusan Sastra Rusia. Kamu bisa bekerja sebagai penerjemah, penulis, ahli bahasa, pengajar bahasa asing, sampai bekerja di kedutaan besar Rusia. 

Nah, dari ke-15 jurusan seni dan literatur yang sudah dibahas apakah salah satunya adalah jurusan yang kamu minati? Manakah yang menurutmu memiliki prospek kerja terbaik? Yang pasti kamu harus fokus pada studimu agar bisa mencapai profesi yang kamu inginkan. Semoga sukses!

Jangan lupa gabung dalam 

TOP MAJORS ONLINE EDUCATION FAIR 2020

Untuk informasi jurusan dan universitas makin lengkap ya