10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi QS Ranking
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi QS Ranking

10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara Versi QS Ranking

Di negara-negara tetangga ada banyak universitas terbaik yang bisa jadi tempat tujuan studi. Salah satunya ada di Indonesia lho! Yuk intip dulu universitas terbaik di Asia Tenggara versi QS Ranking.

Ini nih yang paling ditunggu! Kompilasi universitas terbaik menurut QS World University Ranking. Ya, lembaga ini memang terkenal menjadi acuan data dan survei kualitas pendidikan. Mereka menilai lebih dari 1300 universitas di dunia dan memberikan predikat berdasarkan beberapa hal. Diantaranya adalah 

  • Academic Reputation / Kualitas pendidikan akademik
  • Employer Reputation / Kualitas tenaga pengajar dan staff
  • Faculty/Student Ratio / Perbandingan tenaga pengajar dan mahasiswa
  • Citations per faculty / Karya ilmiah, penemuan atau student papers 
  • International Faculty Ratio / Kelas atau program untuk mahasiswa internasional
  • International Student Ratio / Jumlah mahasiswa internasional

Kira-kira, siapa yang paling baik di Asia? Berikut merupakan universitas terbaik di Asia Tenggara versi QS Ranking:

1. National University of Singapore (NUS)

Posisi satu di Asia Tenggara, National University of Singapore juga berada di peringkat ke-11 dunia. NUS memiliki 3 kampus dan 17 fakultas. Pusat penelitian unggulan di kampus ini mencakup pengobatan dan pencegahan penyakit umum orang Asia, energi, lingkungan dan keberlanjutan perkotaan, hingga manajemen risiko dan ketahanan sistem keuangan.

2. Nanyang Technological University (NTU)

Secara global maupun se-Asia Tenggara, ranking NTU tepat berada dibawah NUS. Yang cukup menggiurkan dari Nanyang Technological University adalah sekolah kedokterannya yang berkolaborasi dengan Imperial College London. Selain itu, NTU juga bermitra dengan Alibaba, BMW, Rolls-Royce, dan perusahaan teknologi terkemuka lainnya.

3. Universiti Malaya (UM)

Berikutnya adalah universitas yang terletak di Malaysia. Universiti Malaya menduduki peringkat ke-65 dunia menurut QS Rankings. Universiti Malaya didirikan untuk melayani kebutuhan pendidikan tinggi Federasi Malaysia dan Singapura.

4. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Universitas yang berlokasi di Malaysia ini berada di ranking ke-143 secara global. UPM tetap memiliki fokus untuk melakukan penelitian tradisional di bidang pertanian atau bidang lain yang relevan. Maka dari itu, nama universitas ini sebelumnya adalah Universiti Pertanian Malaysia.

5. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Kalau di tingkat dunia, Universiti Kebangsaan Malaysia menduduki urutan ke-144 nih. Bagi kamu yang memiliki minat di bidang kedokteran atau perawat, UKM menyediakan UKM Medical Center (UKMMC). UKMMC adalah rumah sakit pendidikan yang melibatkan perawatan dan operasi terobosan yang luar biasa.

6. Universiti Sains Malaysia (USM)

Masih di negara asal Upin Ipin nih. Universiti Sains Malaysia adalah satu-satunya universitas APEX (Accelerated Program for Excellence) di Malaysia dengan status khusus yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. USM memiliki 4 kampus dengan masing-masing kampus memiliki fokus yang berbeda-beda.

7. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Berikut ini adalah perguruan tinggi teknologi yang memiliki 2 kampus utama. Universiti Teknologi Malaysia menduduki ranking ke-191 dunia. UTM memiliki 10 fakultas dan sekitar 4.900 mahasiswa internasional.

8. Chulalongkorn University

Berikut ini adalah universitas yang terletak di Bangkok, Thailand. Universitas ini menjadi yang salah satu universitas bergengsi dan tertua di Thailand. Di peringkat dunia, Chulalongkorn University berada di urutan ke-215.

9. Universiti Brunei Darussalam (UBD)

Universiti Brunei Darussalam merupakan universitas nasional terkemuka di negaranya. Universitas ini memiliki 8 lembaga penelitian dan 2 pusat layanan akademik. UBD juga menerapkan program GenNext yang dapat menyesuaikan gaya belajar siswa.

10. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas ini terletak di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta. UGM menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang masuk ke urutan 10 besar se-Asia Tenggara versi QS Ranking. Di tingkat dunia, UGM berada di peringkat ke-254. Kampus ini memiliki sekitar 1.187 mahasiswa asing dan sekitar 55.000 mahasiswa lokal.


Sejumlah universitas terbaik di atas bisa jadi referensimu kalau ingin kuliah ke luar negeri yang tidak terlalu jauh. Reputasinya baik dan kegiatan penelitiannya juga cukup banyak. Kalau kamu ingin informasi lebih lanjut soal universitas yang sesuai dengan minatmu, hubungi Vista Education lewat ikon kuda di bawah ya.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !