10 Skill yang Harus Kamu Miliki Agar Bertahan di Tahun 2020

10 Skill yang Harus Kamu Miliki Agar Bertahan di Tahun 2020

 

Setiap kali memasuki tahun ajaran baru, kita berada satu langkah lebih dekat dengan masa depan. Sebagian dari kita naik kelas, sebagian lagi telah naik tingkat pendidikan. Ada euphoria saat masuk lingkungan baru. Ada pula kegaduhan hati saat kita harus kembali beradaptasi. Namun, semua orang pasti mempunyai kekhawatiran yang sama. Semakin kita dewasa, semakin dekat pula kita dengan dunia yang sesungguhnya. Akan menjadi apa kita kedepanya nanti. Apakah kita akan menjadi seorang yang sukses ataukah sebaliknya. Pertanyaan – pertanyaan ini kadang terselip dan membuat kita harus merenung sejenak. Apa saja yang harus kita miliki dan apa saja yang harus kita persiapkan agar kita semakin siap .

Ada 10 skill yang setidaknya harus kamu miliki

The World Economic Forum mengeluarkan sebuah laporan terkait dengan kebutuhan skill manusia di tahun 2020. Mereka juga mengurutkanya dari hal terpenting di posisi pertama sampai urutan terakhir. Dibandingkan tahun 2015, tidak banyak yang mengalami perubahan posisi kecuali pada bidang kreatifitas. Ternyata, jika tahun 2015 yang lalu kreatifitas berada di level 10, tahun 2020 nanti kreatifitas akan naik drastis ke posisi tiga terpenting. Yuk kita bahas satu persatu.

1. Complex Problem Solving  

Yang namanya masalah itu nggak ada capek-capeknya untuk datang dan pergi. Bisakah dia hanya pergi selamanya ? Tapi rasanya itu mustahil. Toh sebenarnya kita banyak belajar dari masalah tersebut. Nah, kemampuan kita untuk menyikapi masalah lalu kemudian mencari solusinya itu disebut problem solving. Contoh, saat printer kita tiba-tiba tidak merespon padahal sebentar lagi tugas kita dikumpulkan. Apakah kita hanya akan marah-marah, berusaha membetulkan printer, atau bergegas mencari printer lain merupakan tindakan seseorang berdasarkan tingkat problem solvingnya.

 

 

 

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia

 2.      Critical Thinking

Mampu berfikir kritis. Yes, kemampuan kedua yang harus kita miliki adalah kritis. Lihat saja. Semakin lama, semakin banyak informasi yang disebarkan media. Jika kita tidak bisa berfikir kritis maka habislah kita. Seperti halnya menelan mentah-mentah. Tidak ada yang kita saring. Mana yang sekiranya sesuai dan mana yang tidak. Mana yang merupakan sebuah fakta dan mana yang hanya berupa hoax.

 

3.      Creativity

Kreatifitas akan berperan sangat besar dimasa mendatang. Coba hitung, berapa perusahaan unik dan sukses yang telah berdiri akhir-akhir ini. Katakanlah ojek online. Dulu, ojek ya dicari di pangkalanya. Berdasarkan pemikiran orang-orang kreatif ojek kini menjadi sarana pilihan yang mudah diakses.

 

 4.      People Management

“ Jangan biarkan satu apel tak segar merusak seluruh salad buah kita” . Ungkapan itu mirip dengan adanya satu orang yang susah diajak bekerja sama dalam satu tim. Nah, kemampuan kita untuk menanggapi situasi disebut people management. Bagaimana kita bisa membuat lingkungan kita sekondusif mungkin. Bagaimana kita merangkul orang lain dengan karakter yang berlawanan. Jika kamu memiliki, kamu berpeluang besar untuk menjadis eorang leader.

 

 

5.      Coordination with others

Karena manusia adalah makhluk sosial, mustahil bagi dia untuk hidup sendirian. Apa lagi di dunia professional kelak. Kemampuanmu untuk membaur dan bekerja sama menjadi sangat penting. Untuk belajar, mulailah dengan tugas kelompok sekolah. Kamu juga bisa mencari teman sebanyak mungkin untuk mengenal berbagai karakter orang

 

6.    Emotional Intelligence  

Emotional intelligence berhubungan erat dengan kemampuan kita mengatur emosi. Yang jelas, dunia kerja hanya diperuntukkan untuk mereka yang nggak marah-marah aja. Semakin pandai dia me management emosinya, semakin cepat dia ke posisi yang lebih tinggi.

 

7.    Judgment and Decision Making

Keputusan tepat disaat yang tidak kondusif merupakan hal yang cukup susah. Biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukanya. Kemampuan ini disebut dengan judgment and decision making skill.

 konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia

8.      Service orientation

Siapa saja yang bisa memberikan pelayanan terbaik, dialah yang akan menang. Itulah konsep bisnis di era ini. Nah, itu juga disebut dengan service orientation. Siapa saja yang telah paham caranya memperlakukan orang lain, apa lagi mereka yang tahu caranya menyenangkan pelanggan, maka beruntuhlah mereka

 

 9.      Negotiation

Negotiation adalah kemampuan berbicara untuk mempengaruhi orang lain. Kemampuan ini penting jika kita diharuskan untuk mencari client atau bekerja sama dengan pihak lain kedepanya

 

 10.  Cognitive Flexibility

The last but not least skill yang harus kamu punya adalah Cognitive Flexibility. Cognitive Flexibility mirip dengan keceradasan dalam bertindak. Ungkapan yang sering menggambarkan Cognitive Flexibility adalah “ Lebih baik menyalakan lilin dari pada meratapi kegelapan”. “Lebih baik menemukan pintu lain dari pada berlama – lama menyesali satu pintu yang telah terkunci”

 

Jadi skill mana yang sudah kamu miliki ?