Jurusan Hubungan Internasional
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional

Gara-gara Film Avengers yang lagi booming nih, banyak anak yang punya cita-cita jadi Hero. Gimana ya rasanya jadi the world protector ?.  Punya banyak kemampuan, membasmi kejahatan, sekaligus menjadi idola. Wah, tapi sayangnya hero yang punya kekuatan luar biasa itu hanyalah sebuah fiktif. So, apakah tidak mungkin jika kita ikut andil dalam menjaga perdamaian dunia?

Mungkin sajalah!. Kamu tidak harus menjadi superman, batman, ironman dan kawan-kawan. Apa yang dunia butuhkan saat ini bukanlah pahlawan super, tapi seorang yang mampu menjaga stabilitas antar Negara. Melalui jurusan hubungan internasional, kamu kan mempelajari dinamika hubungan sebuah Negara dengan Negara lain. Menganalisa konflik, kesejahteraan, ekonomi dan perdamaian sebuah wilayah. Juga mempelajari bidang politik, militer, cultural interaction dan international level.  

 

Apakah Jurusan ini untukmu?

Kamu mungin menyukai jurusan ini jika kamu mengikuti sejarah dunia, isu-isu international, bahasa dan bahkan politik. Jurusan ini juga cocok untuk mereka yang mempunyai pemikiran kritis dan suka banget jadi sosok pemimpin. Lebih cocok lagi bagi mereka yang punya keahlian memberikan pengaruh.

Apa saja yang akan kamu pelajari di HI?

Kamu akan belajar seputar :

  1. Hukum internasional dan organisai,
  2. International business
  3. Politic international
  4. International political economy
  5. National Security
  6. International environmental issues
  7. Transnational Studies

 

Jurusan HI memang terkesan menjadi jurusan yang multi discipline. Kamu akan mempelajari bisnis sampai dengan sejarah. Wajar! katanya mau jadi hero, harus tau banyak hal dong, haha.  Di tahun tahun pertama, kamu akan belajar dasar hubungan internasional. Mulai merambah pada sejarah dunia dan sociology di tahun berikutnya. Di tahun ketiga dan keempat, kamu mulai masuk ke pelajaran national security, diplomasi, human right dari global prespective.  

Pembelajaran di kelas akan banyak berkutat pada penjelasan dari dosen dan praktik diplomasi. Mungkin saja kelas akan dibuat dalam bentuk kelompok-kelompok dan akan dilanjutkan dengan perdebatan mengenai tema tertentu. Pekerjaan rumah biasanya berupa essay yang mengharuskanmu memberikan sebuah pandangan pada kasus internasional yang sedang terjadi. Jadi tidak heran, kemampuan berfikir kritis dan anilistis akan diasah bersamaan dengan kemampuan menyampaikan sebuah argumentasi.

 

Kesempatan Karir

 

Lulusan jurusan hubungan internasional bisa berkarir di berbagai lembaga local maupun internasional. Karena kecakapannya, mereka berhak bekerja di kedutaan besar, CIA dan bahkan pemerintah.

 

“Dari kekuatan besar muncul tanggung jawab yang besar”

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !