Jangan Takut Sendirian, Hijrah dan Menjadi Perantauan Adalah Langkah Besar Hidupmu
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jangan Takut Sendirian, Hijrah dan Menjadi Perantauan Adalah Langkah Besar Hidupmu

Jangan Takut Sendirian, Hijrah dan Menjadi Perantauan Adalah Langkah Besar Hidupmu

Benar, setiap orang akan memilih untuk tinggal bersama keluarga. Makan masakan rumah yang terasa lebih nikmat dibandingkan dengan restaurant bintang lima sekalipun. Tidur di kamar kita sendiri dan dapat melihat wajah orang-orang yang kita kasihi kapanpun kita mau. Namun, terkadang kita harus membuat sebuah pilihan. Tetap tinggal dan menjalani hidup seperti biasa. Atau, pergi sejenak untuk menantang kehidupan yang lebih baik pada Tuhan. 

Jika akhirnya kamu memilih opsi ke dua, berarti kamu telah mengambil sebuah keputusan besar. Sebab, kamu telah berani keluar dari zona aman. Kamu memang tidak pernah tahu apakah kamu bisa melaluinya dengan baik atau tidak. Kamu juga tidak tahu hambatan apa saja yang siap menyapamu di depan. Namun, setidaknya kamu siap untuk melangkah keluar apapun resikonya.

Semua akan terasa berat di depan, namun percayalah itu hanya masalah waktu

Memang, tidak mudah untuk tiba-tiba hidup di kota orang sendiri. Apalagi jika kamu juga harus beradaptasi dengan lingkungan belajar baru. Jika dulu lelah bisa langsung pulang ke rumah, sekarang kamu harus pulang ke asrama atau ke kost. Ah! Semua akan terasa sangat berat diawal. Tapi jika kamu bergegas “move on” dan mencari kegiatan, segera kamu akan lupa jika kamu sedang sendirian. Lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan pola kehidupanmu yang baru.

kuliah di luar negeri, kuliah jauh dari rumah, kuliah di perantauan

Kuliah Ke Luar Negeri atau Jauh dari rumah adalah langkah awal yang akan membuatmu jauh lebih survive

Saat di perantuan, kamu akan belajar hidup tanpa mengandalkan orang lain. Kegiatan-kegiatan kecil seperti membersihkan kamar dan mencari makan sendiri nyatanya membuatmu semakin bertanggung jawab. Kamu akan merasakan betapa menyiksanya sakit sendirian dan kamu akan mulai memperbaiki gaya hidup. Kamu juga akan terbiasa menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Seperti saat tiba-tiba sepeda motormu mogok di jalan. Tidak mungkin kan kamu telfon orang rumah. Disitulah insting survivemu mulai diasah. Masalah memang akan membuatmu menangis. Namun masalah juga yang membuatmu lebih kenal pada dunia.

Karena nyatanya kamu tidak benar-benar sendiri, kamu masih punya banyak teman dan rival yang akan membuat hidupmu lebih berwarna

Seiring berjalanya waktu, kamu akan mengenal banyak teman dari berbagai daerah. Awalnya aneh karena mungkin kalian akan mempunyai banyak  sekali perbedaan. Dimulai dari aksen, bahasa dan kebudayaan. Tapi, fakta jika kalian sama-sama mahasiswa perantauan akan membuat kalian dekat dengan sendirinya. Oh ya, jangan lupa jika kamu masih hidup di kampus dimana persaingan sengit terjadi. Rindu rumah terus menerus tidak akan membuatmu menang melawan para rival.

kuliah ke luar negeri

Toh tidak selamanya kamu pergi, saat liburan tiba nanti kamu bisa pulang dan melepas rindu

Kangen kampung halaman memang menyesakkan. Tapi tidak berarti kamu tidak bisa pulang kan? Ketika liburan tiba, kamu masih bisa pulang dan melepas rindu. Percayalah, saat kamu pulang nanti, makanan yang dulu sering kamu tolak dirumah karena bosan, menjadi makanan yang paling kamu cari. Sekalipun kamar kostmu lebih bagus, kamar aslimu di rumah akan terasa lebih hangat.

Ketika kamu kembali nanti, coba bandingkan dirimu dengan mereka yang tetap stay di kota dan cari perbedaanya.  

Beberapa kali Vista Education mewawancarai mahasiswa yang belajar jauh dari rumah. Semua sepakat mengatakan pengalaman hidup adalah hal pertama yang membuat mereka mempunyai nilai lebih. Mereka telah berada pada sebuah level yang lebih tinggi. Kepuasan inilah yang akan kamu rasakan nanti. Pada akhirnya, kamu akan merasa jauh lebih percaya diri dibanding sedia kala.       

 

Free Consultation
Fill the form and start the consultation !