Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Pilih Les Bahasa Inggris Privat atau Regular ?

Pilih Les Bahasa Inggris  Privat atau Regular ?

Baca dulu sebelum memutuskan ambil tipe kelas apa

Untuk menunjang pelajaran Bahasa Inggris-mu di sekolah, atau untuk persiapan tes internasional, kamu membutuhkan tambahan pelajaran di luar jam sekolah. Terlebih lagi  jika mendekati watu ujian karena kamu perlu me-review kembali materi dan memahaminya lebih dalam. Kamu bisa memilih untuk mengikuti les privat atau kelas bimbingan belajar. Lalu mana yang sebaiknya kamu pilih? Manakah yang akan lebih menguntungkanmu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Les Privat

Tutor lebih fokus pada siswa

Berbeda dari kelas di lembaga bimbel yang memiliki banyak murid, les privat hanya diikuti 1 sampai maksimal 5 orang untuk setiap sesinya. Ini membuat siswa lebih fokus karena mendapat perhatian penuh dari tutornya. Tutor juga bisa lebih fokus dan maksimal dalam mengajar dan tidak harus membagi perhatiannya.

Materi mengikuti kebutuhan siswa

Jika memilih les privat, murid bisa menentukan fokus materi Bahasa Inggris yang ingin dipelajari. Misalnya ingin belajar percakapan atau conversation, menyiapkan ujian TOEFL dan IELTS, mengulangi pelajaran di sekolah, atau menyelesaikan PR. Bebeda dengan lembaga bimbel yang sudah menentukan materi untuk setiap sesinya.

SIswa tidak sungkan untuk bertanya

Bagi siswa yang suka bertanya dan berdiskusi lebih detil, les privat adalah pilihan yang cocok. Mereka akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan tutornya dibandingkan jika mengambil kelas di lembaga bimbel dengan jumlah siswa yang cukup banyak.

Lebih leluasa untuk berekspresi

Kelas yang kecil dengan tutor akan membuat siswa lebih leluasa dalam berekspresi. Misalnya dalam belajar conversation dan latihan presentasi. Selain pengucapan, gestur juga penting untuk dilatih. Jadi kebebasan berekspresi penting dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Les Bareng Temen

Bisa belajar bersama


Serunya les bareng temen-temen itu, setiap selesai les, kamu masih bisa berkumpul dengan mereka untuk membahas materi yang baru aja diberikan. Apalagi kalau materinya tentang conversation, akan lebih seru kalau ada partner, kan?

Biaya lebih murah

Les dengan berkelompok akan lebih murah jika dibandingkan les privat. Ibaratnya uang yang dibayarkan untuk les ditanggung oleh sejumlah orang yang tergabung di bimbingan belajar. Berbeda dengan les privat yang membutuhkan biaya lebih.

Cara praktis menyelesaikan soal

Sistem pembelajaran di kelas bimbel biasanya menggunakan cara praktis dan cepat dalam menyelesaikan soal. Materi yang diberikan pun biasanya juga lebih simpel jadi akan mudah diterima dan dipahami oleh siswa.

Selalu ada tentor

Kelas bimbel menyediakan tentor yang akan mengajarmu. Tidak ada cerita kelas batal karena tentor berhalangan masuk. Karena setidaknya akan diusahakan ada tentor pengganti. Jadi kamu tidak akan melewatkan materi hari itu.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari les privat dan les bareng temen-temen. Kamu tinggal pilih mana yang lebih cocok dengan pribadimu dan kebutuhanmu. Bicarakan juga hal ini dengan orang tuamu, ya! Jangan sampai kamu salah pilih dalam menentukan tempat les. 

Kedua tipe kelas diatas ada loh di Vista English. Kelas private untuk 1 orang, semi private 3 orang atau regular dengan maksimum 8 orang. Loh, kok ada maksimumnya? Iya, karena kami percaya, kelas-kelas kecil akan membawa dampak lebih baik karena efektif. Ayo, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut ya