Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Musim Olimpiade, Yuk Cari Tahu Tentang Jurusan Olahraga

Musim Olimpiade, Yuk Cari Tahu Tentang Jurusan Olahraga

Yuk kepoin jurusan olahraga!

Siapa yang ikut bangga karena Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang mendapatkan medali emas di olimpiade 2020? Sekali lagi, Indonesia membuktikan budaya emas untuk cabor bulutangkis. Wah! Semoga kita juga bisa segera seperti mereka ya!

Mengingat selalu event-event besar olahraga seperti olimpiade, ternyata studi mengenai olahraga pun sangat menarik untuk dipelajari lho. Mengapa demikian? Yuk cari tahu tentang jurusan olahraga!


Apa itu jurusan olahraga?

Jurusan olahraga merupakan jurusan yang mempelajari tentang olahraga dan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mentall, dan sosial pada diri seseorang. Jurusan ini juga mempelajari tentang ilmu fisiologi, fisioterapi, biokimia, obat dan doping.

Masih banyak orang menganggap kuliah di jurusan olahraga tidak akan mendapatkan jenjang karir yang bagus nantinya. Padahal pernyataan tersebut salah. Bahkan, jurusan ini juga akan mempelajari tentang penanganan kesehatan mental, manajemen penanggulangan cedera akibat olahraga, dan penyesuaian jenis olahraga berdasarkan usia.


Materi yang dipelajari di jurusan olahraga

Jangan melihat dari namanya saja, kamu langsung berpikir jurusan ini hanya mempelajari tentang senam, permainan bola, dan jenis-jenis latihan kebugaran lainnya. Memang ya, kamu akan mempelajari hampir seluruh cabang olahraga dan jenis-jenis metode pelatihan. Namun, jurusan ini lebih kompleks dibanding kelihatannya.

Kuliah di jurusan olahraga akan mempelajari tentang kesehatan sebagai tujuan dari olahraga. Artinya, mempelajari olahraga bukan hanya demi kesehatan jasmani, tetapi juga rohani.

Di dalam jurusan olahraga, terdapat gabungan studi dan bidang akademik lainnya, seperti psikologi, anatomi, fisiologi, teknik, dan kimia. Berbagai mata kuliah yang dipelajari ialah sport coaching, children’s physical activity and sport, exercise psychology, human structure and function, dan lain-lain.


Jenjang karir jurusan olahraga

Seperti yang banyak orang kira, kebanyakan lulusan olahraga akan menjadi seorang guru olahraga. Namun, kamu juga bisa menjadi pelatih, atlet profesional, hingga terapis fisik. Untuk kamu yang ingin berbisnis, bisa banget buka fitness center atau sanggar senam, hingga usaha reflexology.

Selain itu, setelah lulus kuliah jurusan olahraga, kamu bisa menjadi penasihat keanggotaan, penyiar di acara olahraga, hingga menjadi petugas pengembangan olahraga pemerintah daerah. 


Jurusan olahraga di luar negeri

Apa kamu tahu negara apa yang menciptakan sepak bola, rugby, dan kriket? Ya, betul. UK menjadi negara yang menciptakan dan menyusun peraturan untuk olahraga tersebut. Maka tak heran jika sejumlah universitas di UK menjadi Top University.

Universitas terbaik jurusan ilmu olahraga, salah satunya di UK, yaitu Loughborough University. Rata-rata biaya kuliah di Loughborough University adalah 17.500 pounds atau setara Rp 311 juta. Ada lagi kampus terbaik lainnya di UK untuk jurusan olahraga, yaitu Liverpool John Moores University.

Di US ada pula Top University untuk jurusan ilmu olahraga, yaitu University of Washington, College of Hospitality, Retail and Sport Management at the University of South Carolina, dan Department of Orthopaedic and Sports Medicine.

Berikut Top University jurusan olahraga yang harus kamu ketahui:

  • Kingston University
  • University of Glasgow
  • University of Exeter
  • Durham University
  • University of Portsmouth
  • University of Birmingham
  • Manchester Metropolitan University
  • University of Nottingham

Jika kamu memiliki ketertarikan dan potensi yang besar di bidang olahraga lalu mengambil studi ilmu olahraga, maka peluang untuk menjadi atlet juga semakin besar. Masih ragu tentang peluang jurusan olahraga? yuk mulai konsultasi dengan tim konsultan pendidikan Vista Education!