Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Lengkap, biaya hidup dan kuliah di Korea

Lengkap, biaya hidup dan kuliah di Korea

Kuliah di Korea, berapa sih biaya yang diperlukan?

Korea Selatan tidak cuma terkenal oleh dramanya saja lho. Korea Selatan juga terkenal akan sistem pendidikannya yang ketat, bahkan proses pembelajarannya dapat berlangsung hingga malam hari. Negara ini pun memiliki kualitas universitas yang bagus, namun dengan harga yang tetap terjangkau.

Memangnya, berapa sih biaya kuliah dan biaya hidup di Korea Selatan? Berikut ini daftar biaya hidup mulai dari tempat tinggal hingga makanan, biaya kuliah, serta biaya transportasi ketika kamu hidup di Korea Selatan.


Biaya kuliah di Korea Selatan

Kuliah di Korea Selatan berdurasi 4 sampai 6 tahun untuk program S1. Sedangkan untuk program S2 nya berdurasi 2 sampai 3 tahun. Biaya kuliah di negara ini cukup terjangkau, khususnya universitas negeri.

Jika kamu ingin masuk universitas negeri atau nasional, biaya kuliah yang akan kamu tanggung adalah sebesar KRW 2,5 juta sampai KRW 7 juta, atau setara dengan IDR 32 juta sampai IDR 89 juta yang dibayarkan tiap semesternya. Seperti halnya pada Sejong University yang punya biaya kuliah S1 rata-rata sebesar KRW 3,8 juta, atau setara dengan IDR 49,7 juta per semesternya.

Nah, untuk biaya kuliah S2 yaitu sebesar IDR 33 juta sampai IDR 70 juta per semester. Sedangkan pada Sejong University, biaya kuliah program pascasarjana cenderung standar, yaitu rata-rata sebesar KRW 5,2 juta, atau setara dengan IDR 67,5 juta per semesternya.


Biaya tempat tinggal dan makan

Di Korea Selatan, biaya hidupnya termasuk tinggi karena mayoritas penduduknya tinggal di apartemen. Biaya sewa apartemen per bulannya ialah KRW 150.000 atau sekitar IDR 1,1 juta. Sedangkan untuk biaya air dan listrik pada musim panas dan musim dingin berbeda. Rata-rata biaya untuk keduanya ialah KRW 140.000, setara dengan IDR 1 juta.

Supaya kamu bisa berhemat, kamu bisa tinggal di kos-kosan dengan harga sewa per bulan sebesar KRW 33.800 atau setara dengan IDR 433.000. Biasanya kamu harus membayar depositonya dulu sebesar KRW 3,3 juta sampai KRW 5,6 juta, setara dengan IDR 42,3 juta sampai IDR 72,2 juta.

Untuk alternatif para mahasiswa, bisa banget tinggal di asrama kampus. Jika kampus menyediakan asrama, biasanya biaya yang akan kamu tanggung adalah sekitar KRW 468.00 sampai KRW 1,7 juta atau setara dengan IDR 6 juta sampai IDR 22,3 juta.

Bagaimana dengan biaya makannya? Dalam satu bulan, kamu bisa menghabiskan biaya makan minimal sebesar KRW 225.000 atau setara dengan IDR 1,7 juta. Biaya lain-lain ada asuransi kesehatan dan penggunaan internet, yang keduanya berjumlah sebesar KRW 45.000 atau setara dengan IDR 577.000.

 

Biaya transportasi umum

Untuk jenis transportasi yang bisa kamu pakai ada bus dan kereta bawah tanah. Biaya transportasi di Korea untuk bus memerlukan biaya sebesar KRW 1.100 atau setara dengan IDR 14.000. Sementara itu biaya transportasi kereta bawah tanah sebesar KRW 1.200 sampai KRW 2.800, setara dengan IDR 15.000 sampai IDR 35.000.

Hidup di Korea Selatan dengan kisaran biaya tersebut, kamu bisa sambil kuliah di kampus-kampus negeri maupun swasta di sana dengan kualitas dan reputasi yang baik lho. Seperti halnya Sejong University, Seoul National University, Konkuk University, Yonsei University, Korea University, hingga Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Jika kamu berminat kuliah di Korea atau kuliah di luar negeri dan masih bingung ingin negara mana dan jurusan mana, kamu bisa konsultasi dengan Vista Education.