Untuk Kamu yang Ingin Masuk Jurusan Arsitektur
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Untuk Kamu yang Ingin Masuk Jurusan Arsitektur

Untuk Kamu yang Ingin Masuk Jurusan Arsitektur

Apa itu Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan yang laris manis diminati para calon mahasiswa baru. Jurusan ini mempelajari bagaimana merencanakan dan merancang konstruksi suatu bangunan. Sekedar informasi, presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno adalah seorang arsitek lulusan ITB, lho! Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat juga seorang arsitek yang sudah menghasilkan banyak karya. Untuk mengetahui lebih jauh, simak ulasan berikut ini.

Selain mempertimbangkan segi estetika, seorang arsitek juga harus membuat detil perhitungan kekuatan suatu bangunan dalam rancangannya. Sementara nantinya yang akan merealisasikannya adalah lulusan dari jurusan teknik sipil. Beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari apabila memasuki jurusan ini diantaranya materi arsitektur dan lingkungan, fisika bangunan, estetika bentuk, gambar teknik, tata ruang, struktur dan konstruksi, dan ilmu bahan bangunan.

Prospek jurusan ini pun cukup menjanjikan. Setelah lulus kalian dapat bekerja di instansi pemerintah, menggeluti bidang properti, bekerja di bidang pendidikan dan penelitian, bahkan kalian dapat membuka jasa desain dan konsultan dengan ilmu yang telah kalian dapatkan. Menjadi seorang arsitek cocok untuk kalian yang menyukai gambar desain, teliti dan detil, serta dengan senang hati bekerjasama dengan orang-orang dari bidang terkait seperti lulusan teknik sipil, desainer interior, dan quantity surveyor.

Di Indonesia kalian bisa masuk ke Universitas Indonesia, Unversitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung yang memiliki program studi arsitektur terakreditasi A. Bagi kalian yang ingin menempuh studi di luar negeri, beberapa kampus berikut bisa menjadi pilihan, yakni University of New South Wales, MIT, University of California Berkeley, National University of Singapore, Kyoto University, dan Seoul National University.

Bagaimanapun memilih jurusan harus dipertimbangkan baik-baik. Kemudian harus dipersiapkan matang-matang agar lolos di jurusan yang kalian inginkan tersebut. Untuk kalian para calon arsitek, jangan salah pilih kampus dulu ya. Pastikan universitas yang menaungimu nanti benar-benar memiliki mutu, fasilitas dan koneksi kuat ke dunia kerja. Salah satu kampus yang bisa kamu pertimbangkan adalah Kansas University. Chat kami untuk informasi lebih lanjut.

semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !