Jurusan Paling Jarang Diminati di 2020
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Paling Jarang Diminati di 2020

Jurusan Paling Jarang Diminati di 2020

 

Memilih jurusan memang bikin galau, ya! Kadang jurusan yang kita incar adalah jurusan favorit. Jadi akan banyak saingan dan peluangmu diterima juga semakin sedikit, ya. Nah, mungkin kamu bisa coba mendaftar di beberapa jurusan yang jarang diminati, misalnya:

jurusan anak berkebutuhan khusus

(Picture from : IDN.Times)

Kehutanan

Kalau masuk di jurusan ini kamu akan mempelajari seluk beluk hutan, mulai dari bagaimana melindungi hutan, bagaimana membuat kebijakan yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan, serta pengolahan hasil hutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan Luar Biasa

Jurusan ini menyiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga pengajar anak-anak yang berkebutuhan khusus. Tidak seperti siswa biasa, mereka memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga lulusan Pendidikan Luar Biasa dapat merancang metode belajar yang sesuai serta menyampaikannya secara efektif. Kamu dapat berkarir di sekolah-sekolah inklusif yang ada di berbagai daerah. Apalagi saat ini pemenuhan hak pendidikan anak-anak istimewa tersebut makin diperhatikan.

Oseanografi

Jurusan ini mempelajari tentang fenomena laut, seperti geologi dasar laut, arus dan gelombang, bencana laut, hingga perikanan. Mengingat wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah perairan, lulusan jurusan ini memiliki peluang besar untuk berkarir. Namun ternyata jurusan ini masih menjadi salah satu yang jarang diminati.

Arkeologi

Masuk di jurusan ini berarti kamu siap untuk ‘kembali’ ke masa lalu. Arkeologi mempelajari benda-benda bersejarah yang menjadi saksi pergantian peradaban manusia. Tidak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan ini. Namun, di beberapa perguruan tinggi di luar negeri jurusan arkeologi tersedia sampai program doktoral.

Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi sosial manusia dalam lingkungannya, baik itu interaksi antar individu, antar kelompok, atau antar individu dan kelompok. Beberapa mata kuliah yang dipelajari diantaranya Identitas dan perilaku, berpikir sosiologis, dan kebijakan sosial. Lulusan jurusan ini biasanya berkarir di instansi pemerintah, LSM, dan market research officer.

Sekian ulasan mengenai jurusan yang jarang diminati di tahun 2020. Meskipun jarang diminati kelima jurusan ini memiliki prospek karir yang menarik dan bergaji fantastis, lho! Jadi, masih mau bersaing memperebutka jurusan favorit atau meningkatkan peluang dengan memilih salah satu di antara jurusan di atas? Semua keputusan ada di tanganmu.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !