5 Tips Magang Biar Gak Gabut
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Tips Magang Biar Gak Gabut

5 Tips Magang Biar Gak Gabut

Bagi kamu yang sedang magang, itu adalah kesempatan bagus lho karena kamu bisa direkrut mereka jadi karyawan tetap. Apalagi jaman sekarang makin susah cari kerja, so lebih baik kamu maksimal dalam masa magang biar pas lulus nanti gak pusing cari kerja. Berikut adalah beberapa tips penting untuk kamu agar dapat direkrut perusahaan tempat kamu magang jadi karyawan tepat, lets go:

5 tips magang

Tepat Waktu dan Berpakaian Rapi

Penting banget nih untuk kamu datang tepat waktu jangan sampe telat dan usahakan jangan pulang sebelum atasan kamu pulang atau kerjaan kamu belum selesai. Siapa sih yang mau punya karyawan tukang telat, iya kan? Selain tepat waktu, jangan lupa sebelum berangkat pastiin pakaian kamu rapi sesuai dengan aturan atau budaya kantor tempat kamu magang. Jangan sungkan menanyakan kepada supervisor magang ato HR tentang budaya/aturan berpakaian di tempat kamu magang.

Selesaikan Kewajibanmu Tepat Waktu dan Maksimal

Yang ini ada kaitannya poin ke 1 tadi, selesaikan kewajiban/kerjaanmu sebelum kamu pulang. Prinsip SKS (system kebut semalam) selama kuliah gak bisa kamu pake waktu magang guys! Jangan buru-buru pulang kalau kerjaan/kewajiban kamu selesai, ini sama buruknya dengan kamu datang telat ke kantor karena akan membuatmu dinilai orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan lupa juga, kerjakanlah kewajibanmu itu dengan maksimal,totalitas untuk membuktikan kualitas kerja kamu dan layak untuk menjadi karyawan tetap.

Jadilah Proaktif

Ada perusahaan yang seperti agak cuek dengan karyawan magang mereka, sehingga karyawan magang pun jadi nganggur karena gada kerjaan. Kalau perusahaan tempat kamu magang juga begitu, jadilah proaktif jangan cuma duduk diam saja. Tawari jasa atau bantuan ke rekan dan manajermu apa yang bisa kamu bantu, dan jangan takut juga apabila kerjaannya itu susah. Aktiflah bertanya juga kala kamu mendapat kesulitan agar terhindar dari melakukan kesalahan yang fatal dan kamu dinilai kurang baik oleh atasan.

Jangan Suka Mengeluh

Bagi kamu yang suka mengeluh, hilangkan kebiasaan buruk tersebut! Apakah kamu suka dengerin orang yang komplen melulu, engga kan? Nah oleh karena itu buang jauh-jauh kebiasaan tersebut di tempat kamu magang. Suka komplen atau ngeluh bisa membuat kamu dibenci oleh karyawan dan atasan kamu lho! Belajarlah menghadapi tantangan yang ada, bersyukur karena kamu dapat magang di tempat tersebut. Diluar sana masih banyak teman-teman sebaya yang kesusahan mencari tempat magang.

Last but Not Least, Buatlah Kesan yang Baik

Kesan itu penting dimanapun kamu berada dan apapun yang kamu lakukan, tanpa kesan yang baik maka kamu akan dilupakan ato malah dihindari oleh orang. Gimana cara membuat kesan yang baik? Banyak cara. Bisa dimulai dari hal kecil seperti step di atas, serta bersikap ramah ke semua orang di kantor. Ingat, kita ga akan tau apabila suatu hari orang yang kita temui/kenal hari ini bisa saja akan sangat berjasa bagi kita di masa mendatang. 

 

Content by : Victor Adonis - Maranatha University - Vista internship 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !