Syarat Kuliah dan Cara Mendaftar di Universitas Thailand
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Syarat Kuliah dan Cara Mendaftar di Universitas Thailand

Syarat Kuliah dan Cara Mendaftar di Universitas Thailand

Ingin kuliah di Thailand? Pelajari syarat masuk dan cara mendaftar di universitas Thailand dengan panduan lengkap kami disini!

Thailand di tahun 2024 semakin menjadi pilihan populer bagi pelajar indonesia yang ingin merasakan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya terjangkau.

Kualitas pendidikan di Negeri Gajah Putih ini tidak boleh diremehkan, Thailand tercatat sebagai negara ketiga dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN. Universitas di Thailand  juga menawarkan berbagai program studi menarik baik S1 maupun S2 dalam bahasa Inggris dan bahasa Thailand.

Berikut dibawah ini adalah panduan lengkap tentang syarat kuliah dan cara mendaftar di universitas-universitas di Thailand.

Syarat Kuliah di Universitas Thailand


1. Kualifikasi Akademik

Sarjana (Undergraduate):

  • Transkrip nilai yang memenuhi persyaratan program studi yang dituju.
  • Memiliki ijazah terakhir lulusan SMA dengan nilai yang baik.

Pascasarjana (Graduate):

  • Merupakan Lulusan Sarjana (S1) atau sederajat.
  • Memiliki transkrip nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Memiliki Sertifikat ijazah kelulusan S1.

2. Kemampuan Bahasa Inggris

Banyak universitas top di thailand yang menyediakan kelas internasional dan perkuliahan diajarkan dalam bahasa Inggris, terutama untuk program pascasarjana.

Oleh karena itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sangat penting. Biasanya, pelamar harus menyertakan skor tes bahasa Inggris seperti:

  • Sertifikat TOEFL: Minimum skor berkisar antara 500-550 (paper-based) atau 61-79 (internet-based).
  • Sertifikat IELTS: Minimum skor biasanya antara 5.5-6.5.

3. Dokumen Pendukung Lainnya

  • Paspor: Paspor yang masih berlaku.
  • Foto: Pas Foto terbaru.
  • Rekomendasi: Surat rekomendasi dari guru/dosen atau atasan.
  • Membuat surat motivasi: Surat motivasi atau personal statement.
  • Portofolio: Untuk program studi tertentu seperti seni atau desain, portofolio mungkin diperlukan.
  • Visa: Jika sudah diterima di universitas thailand, mahasiswa harus mengurus visa pelajar Thailand.

4. Tes Masuk

Beberapa universitas mungkin mengharuskan pelamar untuk mengikuti tes masuk atau wawancara sebagai bagian dari proses seleksi.

5. Nilai Ujian

Untuk masuk ke universitas Thailand calon mahasiswa harus mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan memiliki nilai ujian masuk yang sesuai persyaratan, seperti SAT, ACT, atau GCE A-Level.

Cara Mendaftar di Universitas Thailand


Proses pendaftaran di Universitas Thailand dapat bervariasi tergantung pada universitas yang Anda pilih. Namun, Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mendaftar di Universitas Thailand yang bisa Anda ikuti:

  • Pilih Universitas dan Program Studi: Tentukan universitas dan program studi yang sesuai dengan minat dan tujuan Anda.

  • Cek Persyaratan: Kunjungi situs web resmi universitas yang dipilih untuk mengetahui persyaratan lengkap dan deadline pendaftaran serta periksa persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh universitas dan pastikan Anda memenuhinya.

  • Sertakan Dokumen Pendukung: Persiapkan semua dokumen yang diperlukan, termasuk ijazah, nilai ujian, bukti kemampuan bahasa, paspor, dan visa.

  • Isi formulir pendaftaran: Isi formulir pendaftaran online atau offline yang disediakan oleh pihak universitas.

  • Bayar biaya pendaftaran: Biasanya, Anda perlu membayar biaya pendaftaran yang ditetapkan oleh pihak universitas. Pastikan untuk memeriksa metode pembayaran yang diterima oleh universitas.

  • Tunggu Konfirmasi: Setelah mengirimkan aplikasi, tunggu konfirmasi dari universitas mengenai status pendaftaran Anda. Universitas akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses selanjutnya, seperti jadwal tes masuk atau wawancara jika diperlukan. Biasanya, hasil seleksi akan diumumkan beberapa minggu atau bulan setelah deadline pendaftaran.

  • Persiapkan keberangkatan: Jika diterima, siapkan dokumen dan keperluan lainnya untuk keberangkatan ke Thailand.

Baca artikel menarik lainnya : Estimasi Biaya kuliah di Chulalongkorn University Dan Jurusannya


Tips Tambahan Dari Kami

  • Cari Informasi Beasiswa: Anda bisa menari informasi tentang beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa internasional.

  • Gunakan agen pendidikan vista education: Jika Anda merasa kesulitan dalam proses pendaftaran, Anda dapat menggunakan jasa agen pendidikan yang terpercaya dari vista education. Konsultan pendidikan kami dapat membantu Anda dalam memilih program studi, menyiapkan dokumen, dan mendaftar ke universitas.
  • Kelola Waktu Dengan Baik: Persiapkan aplikasi Anda jauh-jauh hari sebelum batas waktu pendaftaran di universitas thailand.

  • Pelajari budaya Thailand: Sebelum berangkat study ke Thailand, pelajari sedikit tentang budaya dan adat istiadat setempat. Hal ini akan membantu Anda untuk beradaptasi dengan kehidupan di Thailand. Contoh, budaya unik saat kuliah di thailand : Universitas di Thailand mengharuskan para mahasiswanya memakai seragam selama mereka kuliah dari semester satu hingga lulus.

Kuliah di Thailand bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dengan biaya terjangkau.

Dengan persiapan yang matang dan informasi yang tepat, Anda dapat mewujudkan impian Anda untuk belajar di Negeri gajah putih ini


Anda Punya Mimpi Kuliah Di Thailand ? Yuk, Konsultasikan Bareng Vista Education!


Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Thailand? Masih bingung step by stepnya dan syarat apa yang harus dipenuhi? Yuk konsultasi gratis bareng konsultan pendidikan Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Team Vista siap membantu Anda sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi di Thailand, lho. Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !