Rahasia Termudah Kuliah di Luar Negeri

Mau kuliah di luar negeri? Kami punya informasi cara mudahnya

Kenapa sih kuliah di luar negeri begiu diminati? Memang gak bisa kuliah yang deket rumah aja?. Hm, beda sih. Kalau kamu sering baca artikel dari Vista Education , kamu pasti akan aware. Kuliah di luar negeri sudah seperti pintu kemana saja milik doraemon. Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa menikmati pengalaman hidup baru. Mendapat kualitas pendidikan lebih baik. Mengenal teman dari berbagai negara. Kesempatan internship dan kerja (link). Lebih penting lagi, lulusan luar negeri dianggap jauh lebih kompeten, mandiri dan open-minded.

Namun, sayangnya proses seleksi yang sangat ketat membuat kuliah di luar negeri terkesan sulit. Tapi dengan persiapan yang matang, diterima di kampus tujuan bukan sekedar impian, kok. Yuk, simak rahasia termudah untuk kuliah di luar negeri!

Aktif berkegiatan dan berorganisasi di sekolah

Nah, persiapan kuliah di luar negeri harus kamu mulai dari bangku sekolah. Salah satunya dengan bergabung di organisasi, mengikuti kompetisi, atau kegiatan sosial. Jadi kamu akan lebih percaya diri dan tahu bagaimana harus berhadapan dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Kamu juga akan mudah dalam menyusun motivation letter karena kamu memiliki banyak pengalaman yang mungkin akan di-noticed oleh pihak kampus tujuan.

Motivation letter, Reference Letter, Academic CV 

Ketiganya merupakan persyaratan paling penting jika kamu mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Motivation letter berisi ulasan tentang ketertarikanmu pada kampus dan jurusan yang kamu pilih. Selain itu juga berisi paparan mengenai skill yang kamu kuasai, kontribusimu, serta rencana setelah kamu lulus nanti. Reference letter menjelaskan bagaimana kepribadianmu ketika belajar,bekerja dan menyelesaikan masalah. Jadi, carilah orang mengenalmu secara personal, misalnya guru, dosen pembimbing akademik atau HR Manager jika kamu pernah bekerja. Academic CV berisi detail mengenai data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, aktivitas, dan prestasi.

Persiapkan rencana keuangan dengan matang 

Mulailah berdiskusi dengan orang tua mengenai niatmu untuk kuliah di luar negeri. Mulailah mencari informasi biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, dan biaya asuransi di negara tujuan. Sehingga kamu tahu nominal berapa yang harus kamu sediakan setiap bulan. Selain itu, beberapa negara mewajibkanmu untuk menyertakan bukti kesanggupan finansial sebagai proses admission .

Menyusun Proposal Riset

Tips kali ini adalah untuk kamu para lulusan S2 yang ingin melanjutkan ke jenjang S3. Kalau kamu memiliki sebuah riset atau penelitian di bidang tertentu dan sekiranya berpeluang untuk dilakukan di luar negeri, maka kamu dapat mengajukan beasiswa dari pemerintah atau swasta. Susunlah dengan sempurna proposal risetmu dalam bahasa Inggris dan dilegalisir oleh perguruan tinggi tempatmu belajar.

Lancar Berbahasa Inggris dan punya sertifikat

Sudah pasti, kamu wajib menyertakan sertifikat Bahasa Inggris sebagai syarat daftar. Entah itu TOEFL/IELTS, pastikan dulu dengan universitas yang kamu pilih. Mahir berbahasa Inggris juga akan membuatmu lebih percaya diri. Mempermudah proses belajar mengajar, serta akan sangat membantu dalam berkomunikasi. Kan sayang banget kalau udah jauh-jauh ke USA contohnya, tapi gak paham apa yang dikatakan profesor, huhu  


Meminta bantuan Konsultan Pendidikan 

Rahasia termudah kuliah di luar negeri yang terakhir adalah dengan bantuan konsultan Pendidikan. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Vista Education. Kemudahan pertama adalah dibimbing untuk mendapat jurusan dan universitas terbaik. Tentu saja, jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Selanjutnya, kamu akan diberi opsi universitas dari berbagai negara. Kamu bisa pilih tuh, kira-kira mana yang cocok dan bikin kamu excited. Next, kamu juga akan dibantu dalam proses pendaftaran, pengurusan dokumen bahkan sampai pencarian akomodasi. Serunya lagi, Vista Education juga memiliki lembaga Bahasa Inggris. Jadi jangan khawatir kalau kamu butuh upgrade kemampuan bahasa atau ingin melengkapi syarat sertifikat TOEFL atau IELTS. Mudah bukan?