5 Pekerjaan Favorite Baru Pala Millennials

Jaman sekarang karir tak melulu jadi dokter atau guru, yuk simak berbagai role kerja favorite para millennials sekarang

Halo para millennials yang sedang mencari kerja. Semangat ya! Kali ini, Vista Education Corp. akan memberimu informasi bidang pekerjaan baru paling favorite dan menarik. Apa sajakah itu? Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut, kamu perlu tahu informasi unik berikut. Berdasarkan indeed.com, Millenials adalah para pekerja yang memiliki 6 kemampuan menonjol. Diantaranya adalah Technology skill, communication skill, teamwork, patience, problem solving skill dan empathy. Apakah kamu memiliki keenam kemampuan tadi? Jika iya, coba pertimbangkan 4 bidang pekerjaan berikut ini :

Digital Marketing Specialist

Kita mengenalnya sebegai seseorang yang bisa memasarkan produk secara digital. Digital Marketing juga biasanya terbagi menjadi beberapa role kerja. Pembuat konten yang paham dasar SEO (Search Engine Optimization), pembuat ads dan mereka yang bisa mengoptimasi sebuah website. Tools yang harus mereka kuasai adalah Google Analytics, Google Keyword Console, Google Ads Manager dan masih banyak lagi. Tujuan mereka berbeda tergantung perusahaan tempat bernaung. Ada yang hanya sekedar pembangun brand, ada pula yang perlu menghasilkan ROI (Return of Investment).

Social Media Specialist 

Cakupan seorang social media specialist juga cukup luas. Mereka biasanya perlu mengelola facebook, instagram, twitter, linkedIn bahkan Tik Tok sebuah perusahaan. Seorang anak sosmed juga perlu memiliki skill copywriter yang baik. Gak boleh garing dalam membuat caption dan harus membuat engagament kuat. Khusus untuk Tik Tok, mereka juga harus punya skill video atau editing dasar. Sekreatif mungkin pokoknya harus FYP.

Terkadang, anak sosmed juga perlu bekerja sama dengan (KOL) Key Opinion Leader. Bahasa mudahnya adalah selebgram atau influencer. Yap, untuk paid promote atau endorsement. Selain itu, mereka juga perlu menguasai pembuatan facebook, instagram, youtube dan Tik Tok Ads

Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer

Ketiga bidang kerja ini baru booming bersamaan dengan banyaknya e-commerce. Yak, ketiganya bekerja berkaitan satu sama lain. Dimulai dari penarikan data, arsitektur management data, analisa sampai menyuguhkannya dalam sebuah laporan yang bisa dimengerti banyak orang. Senjata utama para pengampu data adalah SQL, ETL Tools, Pipeline, shell script, dan basic programming. Data engineer juga harus mempunyai keahlian khusus di bidang programming, matematika, dan big data. 

Product Manager

Perusahaan mau merilis program atau produk baru? Saatnya anak product manager beraksi. Tugas seorang product manager ada 4. Pengembangan produk, strategi peluncuran produk, mengumpulkan feedback dari masyarakat serta bekerja dengan berbagai pihak terkait. Terlihat cukup menantang memang. Namun, para millennials yang energik dipercaya cocok untuk tugas ini. 

Konsultan Pendidikan (Education Consultant)

Seiring dengan semakin populernya kuliah di luar negeri, role konsultan pendidikan juga semakin diminati. Mereka rata-rata adalah anak-anak muda yang asyik, berpengetahuan luas dan solutif. Makanya, mereka seru banget diajak diskusi. Semacam memiliki tutor atau kakak pembimbing. Tugas utama mereka adalah membantu siswa menemukan jurusan dan universitas paling cocok. Jika kamu orangnya suka ngobrol, bahagia mendengar curhat dan tertarik dengan dunia pendidikan, cuss segera cari lowongannya

Lalu, apakah perusahaan seperti Vista Education Corp. memiliki lowongan untuk beberapa role di atas? Jawabannya tentu saja! Bahkan Vista membuka kesempatan untuk mahasiswa magang atau part-time juga loh. Kirimkan CV mu langsung ke hrd@vistaeducation.com atau cek laman ini untuk lowongan yang tersedia. Semoga membantu!