Loading ...
HOME > PICK A SCHOOL > SINGAPORE

SINGAPORE

Konsultasi gratis sekarang

x

Isi form berikut ini untuk info Kuliah ke Luar Negeri, Short Course, Les dan Tes IELTS/TOEFL!

Email harus diisi! Format Email: (yourname@address.com)!
Name harus diisi!
Mobile Number min 8 karakter & hanya berisi angka!
Password is same as your Protégé Community account
Password tidak cocok!

Pilih Gender

Pilih Tipe




Edu Financial Calculator

x

Selamat datang di Edu-Financial Calculator.

Kalkulator ini berfungsi untuk:

  1. Menganalisa keuangan Anda sebelum memilih sekolah luar negeri.
  2. Mengoptimalkan pilihan sekolah sesuai budget Anda.

Semakin akurat Anda mengisi, semakin tajam analisa kami. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

(*) Sebelum menggunakan Edu Financial Calculator, register terlebih dahulu!


Aptitude Test

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Aptitude Test kami.

Fasilitas ini memiliki fungsi sebagai referensi minat diri mu, kecenderungan dalam mengambil keputusan sehingga kamu bisa mengetahui bidang karir apa yang sesuai dengan dirimu dan sekolah terbaik untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Tidak ada jawaban yang salah atau benar, jawablah sesuai dengan kondisi dirimu dengan jujur, demi keakuratan analisa.

Perlu kamu ketahui bahwa data yang kamu isi akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan dipergunakan tanpa seizin pihak kamu dan keluarga.

Hubungi kami jika butuh bantuan.

Online Enrollment

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Online Enrollment kami.

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran online silahkan isi data sebagai berikut:


Pilih Tipe

International English Test Schedule

x

Jadwal International English Test ini memungkinkan anda untuk melihat jadwal terdekat dikota anda.

Pilih jadwal test yang anda ingin ikuti dibawah ini:

Find a School in Singapore

Tentang Singapura

  • Salah satu negara yang menarik mahasiswa internasional untuk berkuliah sebab sebagai negara yang terus berinovasi dalam ekonomi global, kualitas pendidikan yang terus ditingkatkan mengikuti standar dunia serta memiliki keunggulan pendidikan utamanya di bidang teknologi dan manajemen. Kesiapan dan dukungan yang diberikan pemerintah Singapura pada sektor pendidikan membawa Universitas di Singapura di peringkat 15 dunia.
  • Infrastruktur dan sarana transportasi yang memadai memudahkan bagi mahasiswa internasional untuk menuju kampus maupun sarana lain yang dibutuhkan selama belajar di Singapura. Berdasarkan laporan QS Best Student Cities 2016, Singapura menempati peringkat ke-enam. Hal ini menjadi gambaran kualitas hidup yang tinggi, kualitas pendidikan yang luarbiasa dan adanya keragaman dalam komunitas mahasiswa di Singapura. Singapura juga sering dikenal karena kualitas dan sistem transportasi darat yang efisien.
  • Terdapat 34 universitas di Singapura dengan enam kampus di antaranya adalah milik negara. Banyak laporan global yang menunjukkan bahwa Singapura merupakan salah satu pemimpin dunia dalam hal inovasi dan penelitian, yang pada gilirannya membuat institusi pendidikan tinggi tampak menarik untuk semua calon mahasiswa internasional. National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) keduanya memiliki peringkat tinggi di QS World University Rankings 2016-2017. Keduanya menawarkan program studi dalam berbagai mata pelajaran dengan populasi pelajar mencapai 30.000 siswa.
  • Singapura juga terhubung melalui laut, udara dan telekomunikasi ke seluruh bagian dunia. Singapura juga mungkin negara yang memiliki paling banyak kabel di Asia, dengan tingkat penetrasi internet 42% yang lancar ke seluruh bagian pulau yang ada di negara ini.

singapore at nite

Kehidupan di Singapura

  • Cuaca. Singapura memiliki hutan hujan iklim tropis tanpa musim yang khas, kesamaan suhu, kelembaban tinggi, dan curah hujan yang melimpah. Suhu biasanya berkisar antara 22 hingga 35 ° C. Sementara suhu tidak bervariasi sepanjang tahun, ada musim hujan basah dari bulan November sampai Januari. Pada Juli sampai Oktober, sering dijumpai kabut jika terjadi kebakaran hutan akibat cuaca di Indonesia.
  • Keamanan. Selain merupakan negara yang mutli ras, indah dan bersemangat untuk hidup, Singapura juga memiliki keunggulan dalam hal perlindungan keselamatan warganya. Hukum yang ketat dan tingkat kejahatan yang rendah menandakan bahwa jalan-jalan di kota dan transportasi umum sangatlah aman bagi pejalan. Bahkan, TripAdvisor menganugerahi Singapura sebagai tempat kedua pada daftar kota teraman di dunia, satu posisi di belakang Tokyo.
  • Bahasa. Satu catatan untuk semua penutur bahasa Inggris non-pribumi yang ingin belajar di luar negeri di Singapura: agar dapat diterima oleh perguruan tinggi atau universitas untuk belajar di Singapura, Anda akan perlu menunjukkan bukti kemampuan berbahasa. Ini berarti Anda harus lulus tes resmi bahasa (misalnya - TOEFL atau IELTS). Singapura memiliki standar yang sangat tinggi dalam kemampuan bahasa dan universitas memiliki standar masuk yang tinggi. Dengan demikian tidak mungkin mereka akan menerima siswa tanpa bahasa Inggris yang baik. Untuk alasan ini, penting untuk memiliki kemampuan bahasa yang sangat baik jika Anda ingin belajar di Singapura.
  • Makanan di Kehidupan Sehari-hari. Beras, ikan, ayam, dan sayuran adalah makanan pokok. Makanan sering dimakan di luar rumah, di pusat-pusat makanan di mana terdapat makanan murah, lezat, atau yang baru saja dibuat. Ada banyak kafe, kedai kopi dan kedai-kedai teh, dan restoran formal. Alat seperti garpu dan sendok biasa digunakan, tapi makanan Cina dimakan dengan sumpit, sedangkan makanan India dan Melayu dapat dimakan dengan tangan. Seperti halnya di Indonesia, terdapat tiga waktu makanan, yakni: sarapan, makan siang, dan makan malam. Kebanyakan makanan yang dimakan masakan yang panas. Bangsa Melayu tidak makan daging babi, sementara warga India tidak makan daging sapi, dan banyak orang Cina Buddha yang vegetarian. Kebanyakan warga Singapura tidak mengkonsumsi alkohol.

Sistem Pendidikan

  • Sistem pendidikan Singapura dikelola oleh Departemen Pendidikan (MOE), yang mengontrol perkembangan dan administrasi sekolah yang didanai pemerintah sementara memiliki peran penasehat dan pengawas di dikelola swasta sekolah.
  • Seorang mahasiswa di Singapura biasanya menghadiri setidaknya sepuluh tahun pendidikan umum. Ini terdiri dari enam tahun pendidikan dasar wajib dan empat sampai lima tahun pendidikan menengah. Pada akhir sekolah menengah, mereka yang berhasil menyelesaikan GCE mereka O-Level memiliki berbagai pilihan terbuka bagi mereka. Ini termasuk menghadiri kursus pra-universitas tiga tahun di sebuah lembaga terpusat atau program dua tahun di perguruan tinggi junior. junior college dan lembaga terpusat mempersiapkan siswa untuk masuk ke universitas dan meletakkan dasar untuk pendidikan tinggi. Pada akhir kursus pra-universitas, siswa duduk untuk GCE A-Level atau pemeriksaan International Baccalaureate.
  • Siswa juga dapat mempertimbangkan belajar di salah satu politeknik yang menawarkan siswa studi praktek-berorientasi pada tingkat diploma atau di Institut Pendidikan Teknik (ITE) di mana siswa dapat mengembangkan keterampilan teknis dan pengetahuan dalam berbagai industri atau lembaga khusus. Siswa yang unggul dalam studi mereka kemudian dapat melanjutkan ke perguruan tinggi di salah satu dari lima universitas lokal.

  

Pendidikan di Singapura

  • Keanekaragaman bukan hanya diterima di Singapura, namun sangat terbuka. Sebagian besar ekspatriat menawarkan lingkungan yang nyaman untuk pendatang baru bahkan juga oleh penduduk kota. Perpaduan antara begitu banyak budaya yang unik menawarkan pandangan dunia yang luas bagi para mahasiswa internasional. Hal ini akan membuat suasana belajar Anda makin kaya dan luasnya jaringan yang Anda miliki menjadi dasar yang baik bagi masa depan.
  • Universitas di Singapura teratur berkolaborasi dengan universitas terkemuka di negara-negara lain. Koneksi dan kolaborasi ini berkontribusi terhadap keseluruhan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Singapura. Hal ini menjadi faktor positif bagi siswa internasional yang memilih Singapura sebagai tujuan belajar mereka.
  • Bahasa resmi di Singapura di antaranya ialah bahasa Cina, Melayu dan Tamil. Namun, Bahasa Inggris digunakan secara luas dan dipahami oleh 75% dari lima juta penduduk, dan merupakan bahasa resmi yang ditunjuk untuk sistem pendidikan. Dengan demikian kemampuan bahasa Inggris Anda akan semakin terasah.

Universitas di Singapura

Lembaga pendidikan tinggi di Singapura juga menjalin kolaborasi dengan institusi terkemuka di seluruh dunia. Salah satu contoh adalah Universitas Singapura Teknologi dan Desain, dikembangkan dalam kemitraan dengan AS Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Universitas Zhejiang China.

10 Universitas dengan Predikat Unggul di Singapura:

1. National University of Singapore

2. Nanyang Technological University, Singapore

3. Singapore Management University

4. SIM University

5. Singapore University of Technology and Design

6. Melior International College

7. Cornell-Nanyang Institute of Hostpitality Management

8. European Business School

9. Pioneer Junior College

10. Jewellery Design and Management International School

  • SAA Global Education Centre (SAA-GE)

    Core Major : Business Administration, Accounting and Finance, Business & Management, Accounting with Law
    Description:
    Didirikan pada tahun 1985, SAA Global Education (SAA-GE) memiliki track record dan sejarah panjang.Dulunya SAA sepenuhnya dimiliki oleh Institute of Chartered Accountants Singapore (ISCA), badan akuntansi nasional satu-satunya di Singapura.…
  • PSB Academy

    Core Major : Business, Computer Science, Business Administration, Communications, Information Systems and Technology, Art, Hospitality and Tourism, Commerce, Biomedical Engineering, Accounting and Finance, Banking and Finance, Engineering, Hospitality, Information Technology, Entrepreneurship, Accounting, Marketing, Biomedical science, Electrical and electronic engineering, english proficiency, business management, engineering foundation, infocomn technology, life sciences, festival and event management, hospitality and marketing management, HUMAN RESOURCE MANAGEMENT, sales, communication, supply chain management
    Total Enrollment : 11,000 Students / year
    Description:
    PSB Academy merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta pilihan di Singapura, dengan 50 tahun pengalaman. PSB Academy bersertifikat edutrust yang diberikan oleh Dewan Pendidikan Swasta (CPE). Sertifikasi ini mengakui prestasi…
  • Kaplan International College (KIC)

    Core Major : Business, Art, Hospitality and Tourism, Accounting and Finance, Humanities and Social Sciences
    Total Enrollment : 2.000+ students
    Description:
        Menempuh pendidikan di luar negeri dapat menjadi langkah utama mendapatkan karir cemerlang di masa depan. Kaplan berfokus pada kesempatan siswa mengakses karir-karir di seluruh dunia. Kaplan International Colleges…
  • East Asia Institute of Management (EASB)

    Core Major : Nursing, Business Information Management, Banking and Finance, Business & Management, Accountancy, International Hospitality & Tourism Management, Medical Bioscience, Applied Psychology, Logistic and Operation Management
    Tuition Fees : Range SGD$15,000 up to SGD$26,000
    Description:
    Background EASB didirikan di Singapore pada tahun 2001. Meskipun tergolong universitas baru, EASB menunjukkan prestasi di dunia pendidikan, khususnya higher education di Singapura. Baru tiga tahun berdiri, tepatnya tahun 2003,…
  • Curtin

    Core Major : Marketing & Business Management, Communications, Broadcast Communication Arts, Business Marketing, Banking and Finance, International Business, Accounting, Human Resources Management, Marketing
    Total Enrollment : 1800
    Description:
    Kuliah di Singapore Memilih Singapore sebagai tempat belajar adalah pilihan yang tepat. Anda tidak hanya akan mendapat pendidikan berkualitas tapi juga culture experience yang beragam. Komposisi masyarakat Singapore terdiri dari…

Biaya Hidup di Singapura

  • Biaya belajar di Singapura, sementara tidak seterjangkau tujuan Asia lainnya, namun lebih wajar jika dibandingkan dengan perguruan tinggi di tiga besar tujuan studi luar negeri (UK, USA dan Australia). Ini merupakan salah satu faktor yang membuat Singapura menjadi tujuan yang menarik bagi mahasiswa internasional dalam memenuhi keinginan mendapat pendidikan berkualitas.
  • Rata-rata, biaya kuliah yang dibayarkan ialah sekitar US $ 10.000 per tahun, namun demikian hal ini juga bergantung pada kursus dan lembaga belajar Anda. Program seni cenderung lebih murah daripada sains.
  • Semua siswa, baik domestik juga internasional, yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan beasiswa kuliah dengan Departemen Pendidikan Singapura. Namun, Anda hanya dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa kuliah setelah telah dinyatakan diterima. Beasiswa kuliah dapat menutupi sebagian biaya kuliah.
  • Dana beasiswa tidak dituntut pengembaliannya, hanya sebagai pengganti semua siswa internasional diwajibkan untuk menandatangani ikatan kerja dengan sebuah perusahaan yang terdaftar di Singapura selama 3 tahun setelah menyelesaikan gelar mereka. Masa ikatan kerja lebih panjang bagi siswa kedokteran (6 tahun) dan kedokteran gigi (5 tahun).
  • Dikenal memiliki standar hidup yang tinggi, Singapura menjadi tempat yang terbilang mahal untuk hidup. Biaya yang hidup sebenarnya akan bervariasi tergantung pada program studi yang Anda ikuti juga gaya hidup pribadi Anda.
  • Ada beberapa pilihan akomodasi yang dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa yang tinggal di Singapura. Mayoritas mahasiswa internasional lebih memilih untuk tinggal di kamar-kamar sewaan di perumahan yang mendapat subsidi pemerintah Singapura serta disiapkan oleh lembaga Housing & Development Board (HDB).
  • Pada fasilitas ini, sarana dan fasilitas pendukung sudah tergolong lengkap yakni meliputi: kedai-kedai, toko sembako, bank serta fasilitas ATM, kantor pos, hingga pusat jajanan berada di dalam satu lingkungan. Kelengkapan fasilitas ini memang ditujukan untuk membuat para penghuninya menjadi lebih nyaman. Adapun biaya akomodasi di HDB adalah tarif sewa yang ditawarkan sangat wajar.
  • Hal yang paling penting dari mempersiapkan tempat tinggal di Singapura ialah kecepatan waktu mempersiapkannya. Unit-unit akomodasi di Singapura terhitung cepat tersewa tentu hal ini akan berdampak pada sulitnya mengalokasikan waktu mencari tempat tinggal bila semakin dekat masa penerimaan Anda belum siap dengan tempat tinggal.

Adapun pilihan tempat tinggal dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Homestay

Menyewa kamar di salah satu warga di Singapura selain pilihan hemat juga menjadi upaya mempercepat sosialisasi dengan warga setempat. Menempati homestay, mahasiswa membuat Anda dapat segera membaur bersama tuan rumah, tetangga, dan teman-temannya. Fasilitas yang bisa didapat di homestay biasanya juga bisa meliputi penggunaan peralatan rumah tangga hingga telepon rumah. Ada juga homestay yang sudah meliputi biaya makan. Semua biaya bisa Anda tanyakan dengan pemilik rumah.

Hostel privat dan gedung asrama

Terdapat hostel milik perorangan atau asrama di Singapura menyediakan aturan sewa bagi mahasiswa internasional dalam jangka panjang. Selain menyediakan kamar pondokan privat yang murah, hostel juga biasanya dapat disewa untuk kebutuhan bersama dengan fasilitas tinggal bersama yang memadai. Hostel juga memungkinkan Anda untuk bersosialisasi dengan mahasiswa lain yang tinggal di sana. Adapula universitas yang dilengkapi dengan gedung asrama. Anda dapat mengetahuinya dengan menghubungi pihak kampus.

Apartemen dan sewa rumah

Seperti halnya umum di negara-negara kunjungan studi, menyewa apartemen maupun rumah juga dapat dilakukan di Singapura. Anda dapat menemukan banyak pengumuman mengenai hal ini di lingkungan kampus, koran dan situs dalam jaringan (online). Pada fasilitas transportasi, pemerintah Singapura telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk sistem transportasi publik yang komprehensif. Tarif dikenakan dengan sistem biaya per jarak tempuh, dan dapat dikurangkan melalui kartu perjalanan pra-bayar yang nilainya harus terisi dalam kelipatan SGD 10. Sebagai mahasiswa, Anda berhak mendapatkan diskon 50% untuk semua tarif, dan akan membayar tarif flat untuk setiap perjalanan lebih dari 7.2km.

Berkeliling di Singapura

Clementi adalah daerah perencanaan dan kota perumahan yang terletak di pinggiran paling timur dari Wilayah Barat dari Singapura. Kota ini berbatasan Bukit Batok ke utara, Bukit Timah ke timur laut, Queenstown ke timur dan Jurong East ke barat

Ang Mo Kio, sering disingkat sebagai AMK, adalah daerah perencanaan dan kota perumahan terletak di North-East Region of Singapore. Ang Mo Kio adalah wilayah perencanaan terpadat ke-3 di North-East Region dan peringkat 8 dalam hal populasi di negara secara keseluruhan. Daerah perencanaan terletak di sudut selatan-barat Wilayah Utara-Timur, berbatasan dengan wilayah perencanaan Yishun ke utara, Sengkang ke utara-timur, Serangoon ke timur, Bishan ke selatan dan Central Water Catchment ke barat.

Bukit Batok adalah daerah perencanaan dengan perumahan sepanjang batas timur Wilayah Barat dari Singapura. Bukit Batok berperingkat 25 terbesar, paling padat penduduknya (daerah perencanaan yang paling padat penduduknya ke 11 di Republik). Bukit Batok berbatasan dengan enam bidang perencanaan lainnya -. Choa Chu Kang ke utara dan barat laut, Bukit Panjang ke timur laut dan timur, Clementi ke selatan, Bukit Timah ke tenggara, Jurong East ke barat daya dan Tengah ke barat.

Pulau Tekong, juga dikenal bahasa sehari-hari sebagai Tekong, adalah yang terbesar dari pulau-pulau terpencil di Singapura, dengan luas 24,43 km2. Pulau ini masih terus berkembang karena mendarat adanya reklamasi di pantai selatan dan barat-laut. Pulau Tekong ditemukan di lepas pantai timur laut Singapura, timur dari Pulau Ubin.

Pulau Ujong, dikenal sebagai Pulau Singapura atau daratan Singapura, adalah pulau konstituen utama Singapura. Ini adalah bagian dari Kepulauan Melayu dan terletak di ujung Semenanjung Malaysia. Pulau ini merupakan sebagian dari negara dalam hal luas. Dengan populasi 5.469.700 dan seluas 710 kilometer persegi, Pulau Ujong adalah 21 pulau terpadat di dunia dan 31 pulau yang paling padat penduduknya di dunia.

Bekerja di Singapura

  • Mahasiswa internasional di Singapura sangat mungkin mendapatkan kesempatan bekerja paruh waktu. Ketentuan ini mengacu pada peraturan dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA). Mahasiswa hanya mendapatkan waktu bekerja selama 16 jam perminggu selama masa belajar. Untuk mendapatkan waktu melebihi batas yang ditentukan, mahasiswa harus mendapatkan izin kerja. Informasi mengenai lapangan kerja dapat pula di akses melalui informasi yang terdapat di kampus di bawah naungan careers team. Jenis pekerjaan yang tersedia sangat luas, mulai dari pramusaji di kafe, penerjemah, pelayan supermarket, data entry opertator, asisten koki hingga menjadi desainer lepas. Bayarannyapun bervariasi mulai USD1,000 – USD 2,500 perbulan.

 

 

Copyright 2015 PT VIC Indonesia. All Reserved.